.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Cara Menyelesaikan Pekerjaan yang Selalu Anda Tunda


Anda tahu perasaan saat baru pertama kali memulai rencana berolahraga, atau ketika hendak memulai usaha baru. Kegembiraan, dorongan, dan motivasi. Yang membuat Anda semangat untuk bangun pagi hari, bekerja sampai malam dan tidak membutuhkan alasan bekerja.

Beberapa minggu pun berlalu, dan realita menghantam Anda..

Tiba - tiba Anda merasa tidak terlalu bersemangat seperti sebelum nya. Anda tetap ingin mendapatkan hasil, hanya saja sudah tidak ada hasrat untuk mulai bekerja, Anda terus menunda nya.

Hal ini normal, dan bisa terjadi pada siapapun. Untung nya, ada banyak cara untuk membuat nya menjadi lebih baik.

1. Lakukan yang Tersulit Dahulu
Menurut penelitian, tekad itu terbatas. Bayangkan jika setiap hari Anda memiliki sejumlah tekad yang bisa Anda gunakan, setiap hari Anda melakukan suatu tugas, baik mental maupun fisik, membutuhkan Anda mengunakan sedikit dari tekad tersebut.

Anda menghabiskan jumlah tekad harian Anda setiap hari.

Karena itu, tekad Anda paling kuat di pagi hari dan lemah di malam hari. (sebagai perbandingan, apakah Anda sering membuat keputusan yang tepat di pagi atau malam hari?)

Inilah mengapa Anda harus mengerjakan hal tersulit lebih dulu saat tekad Anda masih kuat. Selain itu Anda juga akan membuat suasana bekerja semakin mudah ketika hal paling sulit dan bermasalah sudah di selesaikan pada hari itu.
2. Gunakan Energi Anda pada Waktu yang Tepat
Banyak orang berpikir kalau menjadi orang yang bekerja di pagi hari adalah kunci dalam kesuksesan. Realita nya, Anda harus mencari tahu sendiri kapan waktu kerja yang terbaik.

Mungkin Anda paling semangat bekerja pagi sekali atau sore hari, sedangkan di siang hari semangat Anda agak menurun. Tidak masalah. Daripada mencoba mengubah jadwal waktu kerja yang sudah cocok, mengapa tidak memanfaatkan waktu tersebut untuk bekerja.

Atur kegiatan yang paling penting di saat Anda merasa paling produktif. Dan kerjaan yang tidak terlalu penting saat Anda bersantai.

Dengan kata lain, kerjakan yang penting saat Anda bersemangat, dan kerjaan tidak penting saat Anda tidak bersemangat.

3. Gunakan Teknik Pomodoro
Pomodoro adalah metode produktivitas yang di ciptakan oleh Francesco Cirilio yang berguna untuk membantu Anda menyelesaikan sesuatu dalam waktu yang lebih pendek.

Begini cara kerja nya:
1. Pilih satu pekerjaan yang ingin di lakukan
2. Atur alarm dan kerja tanpa gangguan selama 25 menit
3. Setelah alarm berbunyi, istirahat selama 5 menit dan mulai kembali
4. Setelah 4 kali pomodoro (1 jam fokus bekerja) ambil istirahat lebih lama sekitar 15-20 menit

Teknik ini cocok saat Anda sedang dalam suasana tidak ingin bekerja, karena Anda tahu kalau hanya perlu untuk fokus kerja selama 25 menit. Selain itu mengetahui Anda akan segera istirahat membuat nya mudah untuk di jalani.

Bagian terbaik nya adalah seberapa banyak semangat yang di dapat dengan mengunakan teknik ini dan betapa cepat nya hal ini bisa meningkatkan motivasi Anda.

4. Hindari Sosial Media
Manusia selalu mempunyai cara untuk menghabiskan waktu. Sosial media adalah salah satu nya dalam era modern ini.

Hanya saja, sosial media memiliki pengaruh yang lebih besar dari sekedar pengalihan, mereka bisa membuat ketagihan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa ketagihan mengunakan Facebook mengaktifkan area yang sama ketika ketagihan obat - obatan.

Kecuali Anda mencatat setiap kegiatan, Anda mungkin tidak akan mengetahui berapa banyak waktu yang sudah di habiskan pada sosial media. Pikirkan seberapa sering Anda membuka Instagram atau Facebook setiap hari. Setiap kali Anda memeriksa sosial media, aliran kerja Anda menjadi terganggu.

Solusi terbaik adalah dengan mematikan semua peringatan dari sosial media dan hanya mengecek sosial media pada jam tertentu saja. Meskipun memakai sosial media itu menyenangkan, namun tidak memberikan kepuasan saat menyelesaikan pekerjaan.

5. Berikan Hadiah Pada Diri Anda Sendiri
Lucu bagaimana Anda bisa termotivasi ketika berhubungan dengan uang. Karena terkadang yang di butuhkan hanyalah sedikit dorongan bernama hadiah.

Menariknya Anda bisa melakukan tantangan dengan bertaruh uang, jika kalah uang tersebut di berikan pada seseorang yang Anda benci, dengan begitu Anda akan memiliki motivasi untuk menang.

Taktik lain adalah dengan menciptakan persaingan dengan teman atau anggota keluarga. Jadi daripada bertaruh uang, yang di dapatkan adalah kemenangan dari teman Anda.

6. Paksa Diri Untuk Memulai
Motivasi akan datang dan pergi dengan sendiri nya. Terkadang motivasi akan menemukan Anda dan terkadang Anda harus mencari nya.

Banyak yang melakukan kesalahan dengan berpikir bahwa mereka harus termotivasi untuk bisa mulai bekerja. Sayangnya, hal tersebut tidaklah benar. Anda hanya perlu untuk memulai, dan motivasi akan datang pada diri Anda.

Jika Anda bisa bertahan selama 10 - 20 menit, Anda akan berada pada kondisi mengalir dan menemukan motivasi Anda. Namun hal ini juga bisa tidak bekerja ketika hal yang Anda kerjakan terlalu besar.

7. Periksa Kesehatan Anda
Jangan sampai Anda merasa kelelahan. Jika Anda tidak lagi merasa termotivasi, bisa jadi ada masalah dengan kesehatan Anda.
Apakah Anda cukup tidur? Apakah pola makan Anda sehat dan sering berolahraga? Apakah Anda cukup minum?

Anda berpikir kalau itu adalah hal yang sudah normal untuk di lakukan, tapi ketika Anda sedang terfokus pada pekerjaan, akan ada waktu di mana Anda akan lupa untuk makan atau hal lain nya yang mempengaruhi kesehatan Anda.

Ingat bahwa kesehatan adalah nomor satu. Tidak ada yang lebih penting selain kesehatan diri sendiri. Anda akan melakukan pekerjaan terbaik ketika kondisi Anda dalam keadaan yang sama.

Jika tubuh dan pikiran Anda sudah di persiapkan dengan maksimal, Anda akan terkejut dengan perasaan untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada.

Penulis : Susana Young
image : rise4you.com