.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Tips Menjadi Orang Tua yang Baik


Ketika Anda mencari nasihat bagaimana menjadi orang tua dan mengurus anak dengan baik, akan terasa sulit untuk mulai darimana. Terlalu banyak website, buku dan produk menawarkan berbagai cara yang berbeda dan itu bisa terasa membingungkan.

Untuk membantu Anda mencari jawaban mengenai bagaimana cara terbaik menjadi orang tua, berikut adalah 10 tips yang di tawarkan para ahli mengenai hal terpenting dalam menjadi orang tua.

1. Jadi Orang Tua, Bukan teman
Anak bisa marah kepada orang tua nya sesekali. Hadapi dengan tegas. Jika Anda memiliki anak yang mengesalkan, biarkan Dia gagal sesekali. Jika tidak, bagaimana Anda bisa berharap bagi nya untuk bertahan hidup dari kehidupan yang tidak menentu.

Tidak ada yang sukses dalam segala hal, terkadang, untuk bisa sukses Anda harus mengalami kegagalan.

2. Jangan Memaki atau Memukul
Anak - anak belajar dari orang tua mereka, memaki atau memukul mereka hanya mengajarkan mereka untuk menyelesaikan masalah dengan agresif dan kekerasan.
Jika Anda merasa sangat marah, berhenti dan cari tempat untuk menenangkan diri, baru kemudian memutuskan apa yang akan di lakukan. Jika Anda kehilangan kontrol, jelaskan mengapa Anda melakukan hal tersebut dan pastikan anak Anda tahu kalau Anda tidak berharap hal tersebut terjadi.

3. Jangan Terlalu Fokus pada Kegiatannya Setelah Dia berumur 10 ke atas
Pada titik ini, anak Anda sudah mulai beranjak remaja dan suatu hari akan meninggalkan rumah dan memutuskan bagaimana Dia akan tetap menjalin hubungan dengan keluarga nya. Semakin Anda membuat hubungan yang berdasarkan kepercayaan dengan nya, maka anak Anda akan semakin menghargai Anda.

4. Jangan Terus Mengatakan Hal yang Sama
Ketika Anda harus memberitahukan hal yang sama berulang - ulang sebelum mereka memberikan reaksi, maka Anda sedang melatih mereka untuk menghiraukan ucapan Anda.

5. Gunakan Hukuman Sebab Akibat Jika Bisa
Orang tua terkadang harus menghukum anak mereka untuk setiap kesalahan atau kelakuan buruk daripada kemudian hari kehidupan akan menghukum mereka.

Jika anak menolak memakai mantel, biarkan Dia kedinginan. Jika anak tidak membersihkan kamar nya, biarkan mainan nya hilang. Amat mengoda untuk memberikan hukuman, seperti menahan video game atau waktu nonton tv, karena Anda tidak mempercayai hukuman sebab akibat bisa membantu.

Akan tetapi hukuman sebab akibat bisa membantu untuk membentuk kebiasaan mereka.

6. Menyelesaikan Masalah sebagai Penganti Hukuman
Untuk mengembangkan kebiasaan yang baik dan bertanggung jawab pada anak dan orang dewasa, bisa dilakukan dengan menyelesaikan masalah di banding memberikan hukuman. Karena hukuman adalah cara Anda memaksa anak - anak untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

Hukuman tidak membangun karakter dan empati. Bahkan bisa menjadi bagian di mana Dia akan menjadi penganggu. Anak - anak tidak belajar melalui rasa takut dan kekerasan. Kelakuan mereka yang tidak bisa di terima memberitahukan pada Anda kalau mereka sedang memiliki masalah, dan bukan mereka masalah nya.

7. Mengerti Arti Disiplin
Disiplin berarti mengajarkan dan mengedukasi, bukan menghukum, mengancam, dan latihan! Bayangkan diri Anda sebagai seorang guru dan tunjukan pada anak Anda dengan menjelaskan mengapa beberapa hal perlu untuk dibatasi. Bantu mereka untuk mengerti bahwa semua itu untuk kebaikan mereka.

Rasa hormat adalah jalan untuk mendapatkan kerjasama dari anak Anda.

8. Anak Biasanya Ingin Menyenangkan Orang Tuanya
Mungkin Anda tidak percaya dengan hal ini, karena saat ini Anda sedang berjuang mengurus anak - anak Anda. Akan tetapi pada dasar nya anak - anak ingin menyenangkan orang tua mereka.

Tidak ada hal yang membuat anak menjadi lebih bahagia selain bangga ketika mereka mendapat pujian dari ayah atau ibu mereka. Keinginan untuk membahagiakan orang tua begitu kuat sampai terus terbawa setelah mereka dewasa.

9. Konsisten
Dengan bersikap konsisten akan membantu agar anak Anda tidak terjebak dengan kebiasaan negatif karena mencoba untuk terus melakukan suatu hal dan berharap suatu hari tidak akan terkena masalah karena hal tersebut.

10. Mengerti Mengapa Anak Berbuat Nakal
Masalah pada anak biasa nya disebabkan karena anak sedang membutuhkan atau menginginkan sesuatu, namun tidak tahu cara menyampaikan nya selain berbuat nakal.
Orang tua terkadang memiliki masalah dengan kelakuan anak mereka. Sayang nya orang tua biasa nya memulai dengan menyelesaikan masalah nya dan tidak pernah berpikir untuk menyelesaikan masalah anak mereka.

Itulah 10 tips yang semoga saja bisa membuka pikiran Anda dalam menjalani peran Anda sebagai orang tua dan mengurus anak.

Penulis : Susana