.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Pelajaran Penting yang Bisa Didapat dari Kematian


Siapa sih yang tidak takut dengan kematian? Apalagi jika kematian itu berada di sekitar Anda, entah teman atau keluarga, semua bisa saja mengalami hal yang tidak di inginkan. Tapi apakah kematian itu adalah sesuatu yang harus Anda hindari? Apa tidak ada yang bisa Anda petik dari kematian?

Kehilangan seseorang memang menyakitkan, tapi dari setiap kejadian akan ada hikmah yang bisa di petik. Berikut adalah 10 pelajaran penting yang bisa Anda dapatkan dari kematian yang terjadi di sekitar Anda:

1. Kematian itu Lebih Mengenai Kehidupan
Ketika Anda bersedih dengan seseorang yang sudah meninggal, mungkin akan ada perkataan yang mengatakan "Waktu akan menyembuhkan luka", tapi perkataan ini tidak selalu benar.

Dalam bulan dan tahun pertama bersedih, Anda mungkin menolak teman dan keluarga, takut kalau mereka juga akan meninggalkan Anda. Namun seiring waktu, Anda kembali dekat dengan hubungan dekat yang ada dan belajar untuk mempercayai kembali.
Rasa sedih ingin Anda melaluinya sendiri, tapi Anda membutuhkan orang lain untuk membimbing jalan Anda keluar dari kegelapan.

2. Tidak Ada yang Akan Bisa Mengisi Kekosongan Itu
Ketika seseorang yang berada dalam hidup Anda tiada, akan ada tempat kosong bagi orang tersebut dalam hati Anda, dan tidak ada yang akan bisa mengisi kekosongan tersebut.

Namun bukan berarti Anda harus hidup dengan penuh rasa sedih akan tempat kosong tersebut, memang tidak akan ada orang yang bisa mengisi kembali tempat kosong tersebut, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan tempat baru bagi orang lain.

Menyembuhkan hati itu bukan berarti mengisi tempat kosong tersebut, melainkan terus berkembang, meskipun terdapat lubang dalam hati.

3. Jangan Terlalu Keras pada Diri Anda
Saat orang yang Anda cintai hilang, akan ada waktu di mana Anda merasa bersalah, kebingungan, dan sedih. Jangan kemudian bersikap keras pada diri Anda, atau menyalahkan diri Anda.

Bersikap baik terhadap diri sendiri, lakukan meditasi, cari suasana baru bisa membantu Anda mengingatkan bahwa kebaikan jauh lebih baik di bandingkan mengsabotase diri sendiri.

4. Gunakan Semua Hal yang bisa Dipakai
Mungkin Anda bukan pengemar agama, atau hal lain seperti pengembangan diri. Namun ketika rasa sedih itu datang, mungkin Anda bisa memakai hal lain yang bisa membantu Anda mengurangi rasa bersalah dan kesedihan yang ada. Lakukan kegiatan baru, pergi bersama teman, atau ikut grup meditasi di daerah Anda.

Kematian selalu datang tiba - tiba, begitu pun cara untuk menghadapi nya.

5. Selalu Bersyukur
Anda mungkin merasa kehilangan seseorang yang Anda cintai terlalu cepat, dan Anda merasa ingin mendapatkan waktu lebih, akan tetapi mengasihani dan bersyukur berada pada sisi dari mata koin. Dengan memilih sisi bersyukur akan lebih baik dan positif bagi hidup Anda di bandingkan sisi sebelah nya.

6. Memilih untuk Berkembang
Saat kehilangan seseorang mungkin lebih mudah untuk bersedih, untuk merusak diri di bandingkan menerima. Terbenam dengan alkohol atau hal lain nya, yang semakin memperdalam rasa sedih Anda.

Akan tetapi memilih untuk berkembang dengan cara masing - masing, meskipun sulit akan membantu ke depan nya. Tidak akan ada yang menyiram Anda seperti tanaman, Anda harus memilih untuk berkembang.

7. Waktu Menyembuhkan, tapi dengan Waktunya Sendiri
"Semua akan sembuh seiring dengan waktu" adalah perkataan yang sering di dengar saat pemakanan. Yang perlu Anda tahu adalah waktu bersedih tidak beroperasi seperti waktu biasa. Akan ada kenangan ketika Anda melalui berbagai tempat saat bersama orang yang Anda cintai.

Akan ada hari yang baik dan buruk. Semua ini tidak bisa Anda hindari, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk mulai menyembuhkan hati. Setelah melalui masa - masa buruk, Anda akan mulai menghargai hal kecil dan menyenangkan yang biasa Anda temukan setiap hari.

Kesembuhan berjalan seiring dengan waktu, bagi mereka yang mau untuk mengatasi kesedihan.

8. Temukan Hal Baru dari Kehilangan Anda
Saat merasa sedih dan kehilangan, mudah untuk tidak melihat hal baru yang Anda dapatkan. Tidak harus berupa benda, tapi bisa saja sesuatu yang baru Anda sadari selama ini tersembunyi dan baru bisa Anda temukan saat kehilangan seseorang.

9. Kesedihan Hati adalah Tanda Perkembangan
Ketika hati Anda sedang terluka karena kehilangan ini, Anda mungkin tidak akan menerima seseorang yang baru dalam hidup Anda, karena Anda merasa takut kehilangan dan mengalami kesedihan kembali.

Akan tetapi dengan hubungan yang baru, yang membantu menghilangkan kesedihan Anda, akan menyadarkan Anda kalau semua adalah tanda dari perkembangan hidup Anda. Kesedihan akan menjadi payung bagi Anda untuk mengantisipasi kesedihan berikutnya.
10. Kesedihan Membuat Anda menjadi Pemula
Kematian adalah satu hal yang universal, dan bersedih membuat Anda menjadi pemula. Dan kesedihan mempengaruhi Anda dalam berbagai cara. Tidak ada tutorial bagaimana cara terbaik mengatasi nya.

Anda akan mulai mencari apa yang bisa dan tidak bisa Anda simpan, dan semua ini akan berjalan dalam waktu yang tidak menentu, bisa semenit, sejam, sehari, sebulan, atau mungkin setahun. Gunakan semua kesedihan Anda untuk semakin berkembang.

Kehilangan bisa memperkaya hidup Anda melalui tantangan, hal yang tidak terduga, dan mungkin dengan cara yang indah.

Penulis : Susana Young
Image : www.pressconnects.com