.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Hal Tentang Serviks yang Perlu Anda Ketahui


Mungkin saja belum banyak wanita yang mengetahui mengenai fakta pada serviks termasuk Anda. Karena serviks pada umum nya tidak terlihat jadi wajar saja banyak yang tidak mengetahui nya. Namun serviks amat berguna dalam kehidupan wanita, umum nya dalam masalah reproduksi dan sistem kesehatan mereka.

Berikut adalah 10 fakta mengenai serviks yang perlu Anda dan teman - teman wanita Anda tahu:

1. Serviks Berada Diantara Rahim dan Vagina
Serviks Anda, yang memiliki panjang sekitar 2 inci, berada pada bagian bawah rahim dan bagian atas dari vagina.
2. Serviks Bermain Penting dalam Reproduksi
Serviks membawa sperma menuju rahim. Dan jika Anda hamil, serviks akan menahan cabang bayi dalam rahim hingga waktu nya melahirkan, ketika Anda mengalami kontraksi, serviks akan melebar hingga sekitar 10 centimeter (sekitar 4 inci) sehingga bayi bisa keluar melalui vagina.

3. Serviks Amatlah Elastis
Ketika hamil, serviks yang menipis dan melebar menandakan bahwa persalinan akan segera di mulai. Bahkan setelah melebar hingga 10 centimeter yang bisa di lalui bayi, serviks akan menyusut dan sembuh seperti semula.

4. Serviks Merupakan Tempat di mana Periode Keluar
Ketika Anda tidak hamil, Anda mengalami menstruasi. Yang tidak Anda ketahui adalah serviks yang mengijinkan darah untuk keluar dari tubuh Anda.

5. Serviks Melindungi Kesuburan Anda
Serviks Anda adalah pertahanan pertama terhadap penyakit seks menular yang bisa mengakibatkan kemandulan.

6. HPV Menyebabkan Kanker pada Serviks
HPV atau Human papillomavirus adalah penyakit seksual yang bisa menular dan umum nya terjadi di Amerika Serikat. Umumnya, 80% dari wanita bisa terinfeksi sebelum mencapai umur 50.

Virus ini bisa mengubah sel pada serviks, dan beberapa tahun kemudian akan menjadi kanker jika tidak terdeteksi dan di obati.

7. Kanker Serviks Mudah dicegah
Dengan rutin pemeriksaan dan pengobatan sejak dini, kanker serviks merupakan kanker yang bisa di obati. Semua wanita, mulai dari umur 21, harus melakukan uji coba Pap untuk mendeteksi sel yang tidak wajar.

Untuk wanita di atas 30, uji coba HPV juga bisa di berikan. Tujuan nya adalah untuk mendeteksi beberapa tipe HPV yang bisa mengakibatkan kanker serviks.

8. HPV Vaksin bisa Melindungi
Vaksin HPV tidak bisa mengobati penyakit yang sudah ada, akan tetapi bisa melindungi dari beberapa tipe HPV yang menyebabkan kanker serviks. Di sarankan untuk di vaksin pada umur 9 hingga 26. Vaksin tersebut bekerja dengan baik ketika diberikan sedari muda dan sebelum terkena virus tersebut.

9. Berbagai Infeksi Juga Bisa Menyerang Serviks
Pada wanita, kencing nanah dan klamidia umum nya mempengaruhi serviks. Jika tidak diobati, maka infeksi nya akan berakibat menjadi penyakit inflamasi panggul, sebuah kondisi yang bisa mempengaruhi kesuburan.
10. Serviks Anda membenci rokok
Wanita yang merokok biasa nya memiliki peluang dua kali lipat dalam terkena kanker serviks. Merokok membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kurang efektif dalam melawan infeksi HPV.

Banyak penelitian mengatakan, hasil dari tembakau tersebut di temukan pada lendir pada serviks pada wanita yang suka merokok, dan peneliti mempercayai bahwa zat pada rokok akan merusak DNA pada sel serviks, yang kemudian membantu perkembangan pada kanker serviks.

Penulis : Susana