.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sebelas Hal yang Bisa Mengurangi Produksi Asi


Bagi ibu yang baru saja memiliki buah hati, menyusui adalah salah satu cara untuk membentuk ikatan. Namun pernahkan terpikirkan apakah susu asi Anda bisa berkurang?

Anda mungkin tidak pernah menyadarinya, akan tetapi banyak sekali masalah gaya hidup yang bisa mempengaruhi produksi asi. Jika Anda sedang menyusui dan khawatir akan produksi susu yang menurun, coba lihat 11 hal berikut yang bisa mengurangi produksi susu asi Anda.

Dengan mengatasi semua masalah dan membuat beberapa perubahan pada rutinitas harian Anda, maka Anda bisa untuk membangun kembali produksi susu asi Anda.

1. Tidak Mendapatkan Cukup Istirahat
Memulihkan diri setelah melahirkan, menjadi seorang ibu, dan menyusui bayi yang baru saja lahir bisa sangat melelahkan. Rasa lelah setelah melahirkan dan kecapekan bisa menganggu proses menyusui, dan itu adalah satu penyebab menurunnya produksi  susu asi Anda.

Mungkin akan terasa sulit untuk beberapa minggu pertama, tapi amat penting bagi Anda untuk bisa mendapatkan istirahat yang cukup.
2. Menghiraukan Kesehatan Anda
Penyakit atau infeksi bisa menyebabkan tubuh Anda mengurangi pembuatan susu asi. Jika Anda mencurigai kalau produksi susu Anda menurun karena masalah kesehatan, segera periksakan ke dokter Anda.

Jika Anda memiliki infeksi, dokter mungkin akan memberikan antibiotik. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa diberikan dokter dan aman bagi para ibu menyusui, pastikan saja kalau dokter Anda tahu kalau Anda sedang menyusui.

3. Terlalu Banyak Kafein
Soda, kopi, teh, dan coklat tidak bermasalah ketika di minum dengan wajar, akan tetapi kebanyakan kafein bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan menurunkan jumlah susu asi yang bisa Anda buat.

Terlalu banyak kafein juga bisa mempengaruhi bayi Anda. Beberapa kafein akan berpindah ke bayi Anda melalui susu asi, dan bisa mengendap dalam tubuh bayi Anda menyebabkan rasa tidak nyaman dan masalah tidur.

4. Merokok
Merokok bisa menganggu pelepasan oxytocin pada tubuh Anda. Oxytocin adalah hormon yang menstimulasi keluar nya susu asi pada payudara Anda dan membuat nya mengeluarkan asi dari tubuh Anda kepada bayi Anda. Jika asi Anda sedang tidak keluar, maka asi akan tertahan di payudara dan menstimulasi tubuh untuk membuat yang baru.

Disarankan untuk tidak merokok, namun jika Anda perokok berat, usahakan untuk tidak merokok dekat bayi Anda. Agar lancar saat menyusui, coba untuk tidak merokok setidaknya dua jam sebelum menyusui.

5. Meminum Alkohol
Alkohol atau minuman keras adalah zat yang bisa menganggu saat menyusui. Karena bisa merubah rasa pada susu asi Anda, menyebabkan bayi Anda untuk menjadi semakin jarang untuk meminum susu.

Jika Anda jarang menyusui, maka produksi asi Anda juga akan semakin menurun. Sesekali minum mungkin tidak masalah, akan tetapi disarankan untuk tidak meminum nya secara berturut. Tidak hanya bisa mengurangi produksi asi Anda, alkohol juga bisa tersalurkan pada bayi Anda dan menyebabkan nya memiliki resiko penghambatan pada perkembangan nya.

6. Minum Obat Tertentu
Beberapa obat bisa menganggu saat menyusui dan produksi asi.

Antihistamines, decongestants, dan diuretics memiliki pengaruh negatif pada produksi asi Anda. Beritahu dokter Anda kalau Anda sedang menyusui sebelum Dia membuat resep obat.

7. Berada dalam Tekanan
Stress bisa menurunkan jumlah asi Anda. Jika Anda merasa khawatir terlihat saat menyusui, Anda mungkin akan merasa malu dan khawatir. Perasaan ini bisa menganggu saat menyusui. Beberapa penyebab stress seperti kegelisahan, rasa sakit, masalah keuangan, dan masalah pernikahan juga bisa mengurangi pembuatan asi.

8. Mengunakan Rempah dan Bumbu Secara Berlebihan
Ketika mengunakan secara berlebihan, beberapa rempah seperti sage, parsley, oregano, peppermint, jasmine, dan yarom bisa mengurangi produksi asi pada payudara Anda.

9. Meminum Pil KB
Jika Anda memulai untuk minum pil KB untuk mencegah kehamilan, hal tersebut bisa mempengaruhi produksi asi yang Anda hasilkan. Beberapa pil mengandung estrogen, hormon yang bisa mengurangi produksi susu asi Anda. Bicarakan pada dokter Anda mengenai pil KB yang mengandung progesterone saja.
10. Hamil Kembali
Jika Anda hamil kembali saat masih menyusui, hormon yang di hasilkan saat memasuki kehamilan akan mengurangi produksi asi.

11. Tidak Memperhatikan Pola Makan Anda
Apa yang di makan oleh ibu yang menyusui dan minum berapa kali tidak menunjukkan pengurangan pada produksi dan pembuatan asi. Ibu di seluruh dunia bisa membuat asi yang cukup bagi bayi mereka meskipun pola makan mereka dibatasi.

Hanya saja, pola makan yang sehat dan cukup minum penting bagi kesehatan Anda. Jika Anda mengalami penurunan pada jumlah asi Anda, tentu tidak ada salah nya untuk makan makanan yang sehat dan minum banyak air saat menjalani hari.

Penulis : Susana Young
Image : shanghaimamas.org