.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pentingnya Pelajaran Dari Sebuah Kegagalan


Orang senang membaca tentang kisah kesuksesan orang lain. Tetapi sebenarnya kisah kegagalan sama pentingnya dengan kisah kesuksesan. Rob Kaplan, profesor di Harvard Business School, mendorong para pemimpin untuk menulis kisah kegagalan mereka. Setiap orang pasti punya kisah kegagalan. Mungkin Anda bertanya, mengapa harus tinggal dalam kegagalan masa lalu?  Memang kita tidak boleh tenggelam dalam kegagalan, tetapi belajar dari kegagalan.

Kisah-kisah kegagalan ini membantu kita melihat “blindspot” kita, kesalahan atau hal-hal aneh yang kita lakukan, yang mungkin waktu itu tidak kita sadari. Kisah-kisah kegagalan kita membuat kita melangkah ke arah yang lebih tepat. Baik kegagalan maupun kesuksesan, semua membentuk kehidupan kita.

Dari kegagalan saya dalam wawancara pekerjaan setelah lulus kuliah dulu, saya belajar bahwa persiapan adalah segalanya. Sebelum meeting, kita perlu tahu siapa yang akan kita temui dan mempersiapkan diri dengan tepat. Kegagalan saya terpilih dalam audisi menyanyi membuat saya mengganti haluan ke arah administrasi, bukan seni. Kegagalan ini mempertajam arah profesi saya, dan memang ternyata tepat! Kegagalan saya mengungkapkan pokok pikiran dengan jelas pada sebuah meeting, membuat saya mengerti bahwa walaupun pendapat dan pengamatan saya mungkin benar, lain kali lebih baik saya tutup mulut bila tidak membawa data/statistik. Orang ingin diyakinkan dengan data dan angka.
Kata John Maxwell, “Kadang kita menang, kadang kita belajar.” Kita membangun di atas kegagalan dan kegagalan tidak selalu negatif. Kisah-kisah sukses kita membuat orang kagum, tetapi kisah kegagalan membuat kita “manusiawi” dan menginspirasi orang lain untuk terus berusaha.

Adalah Baik Untuk Merayakan Kesuksesan, Tetapi Lebih Penting Memperhatikan Pelajaran Dari Kegagalan (Bill Gates) 

Penulis : Esther Idayanti
Image : www.careerealism.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html