.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pentingnya Kehadiran Seorang Ayah


Suatu saat acara The View mengundang seorang pembicara tamu, aktor Terry Crews.  Host/tuan rumah The View semuanya perempuan, dan sebagian besar pemirsa juga perempuan. Saat itu Terry Crews berkata, “Ada beberapa hal yang hanya bisa diberikan oleh seorang ayah.”  Tak disangka, ia dihujani kritikan. Ketika Terry Crews melanjutkan, “Seorang ayah memberimu rasa aman dan percaya diri,” Jenny Carter yang menjadi tuan rumah berkata dengan keras, “Saya seorang single mother, dan saya berani jamin bahwa saya berikan anak laki-laki saya semua hal itu!” Pembicaraan berlangsung dengan panas, lalu host acara itu memberikan penghormatan pada para janda, single mother, dan pasangan sesama jenis.  Komentar Terry Crews yang menyatakan pentingnya ayah tidak disambut dengan anggukan kepala dan perenungan, melainkan dibantai habis-habisan. Sejak kapan ayah menjadi “aksesoris” di rumah? Kalau ada baik, kalau tidak ada, tidak masalah.

Tetapi bukti mengatakan sebaliknya. Menurut Edward Kruk Ph.D., 85% anak muda yang dipenjara adalah mereka yang tidak memiliki figur ayah.  Bila terjadi pada anak perempuan, maka ada kecenderungan mereka pacaran lebih muda, menganut seks bebas dan hamil di luar nikah.  Anak-anak tanpa figur ayah mengalami masalah konsep diri, perilaku dan akademis.
Saya tidak menulis artikel ini untuk memberatkan para single mother, tetapi untuk mengguggah para ayah. Para ayah, Anda bukan ban serep. Kehadiran Anda sangat penting. Ada ayah yang tinggal di rumah, namun tidak terlibat apapun selain membawa pulang gaji. Saya harap para ayah sadar Anda tidak tergantikan. Ayah saya memberi kestabilan, rasa aman, mengajar berpikir rasional, menjadi tempat bertanya, memberi kebanggaan, mengajak saya bermimpi, dan selalu menantang dengan standar yang lebih tinggi. Thanks Dad! (EI)

Ayahku Tidak Memberitahu Bagaimana Cara Hidup. Ia Menjalaninya, Dan Membiarkan Saya Melihatnya Melakukan Hal Itu (Clarence B. Kelland)

Penulis : Susana Young
Image : mirror.uk