.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Tanda Penuaan dari Rambut dan Kulit Kepala yang Anda Tidak Ketahui


Menjadi semakin tua bukanlah hal yang biasa nya banyak di tunggu orang. Semua berkat kerutan, rambut rontok, dan banyak lagi yang lain nya. Sel pada kulit menjadi lambat dan pergantian sel melambat tapi bagaimana hal ini bisa mempengaruhi rambut dan kulit kepala?

Apakah ada cara bagi Anda untuk melawan efek dari penuaan?

Begini lah cara para ahli untuk mengerti mengapa usia Anda bisa mempengaruhi rambut dan kulit kepala:

1. Rambut Putih Biasanya adalah Tanda Pertama Penuaan yang Anda sadari
Proses berubah nya warna rambut menjadi abu - abu tidak terlalu di pahami, rambut berubah menjadi abu - abu ketika melanin, pigmen yang memberikan warna rambut dan kulit tidak lagi diproduksi. Rambut berubah menjadi lebih cerah, dan akhir nya menjadi putih.
Perubahan menjadi abu - abu pada rambut juga bisa di pengaruhi faktor genetik, selain itu stress dan gaya hidup juga bisa memberikan pengaruh tambahan pada hal tersebut. Jika Anda mengalami stress setiap hari ada kemungkinan rambut Anda menjadi lebih cepat menjadi abu - abu.

Gunakan serum untuk kulit kepala Anda, yang mengandung banyak antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menjaga produksi sel melanin Anda.

2. Rambut yang Makin Sedikit Tanda Penuaan Berikutnya
Anda mungkin tidak melihat ketika rambut Anda semakin berkurang, namun bisa jadi suatu hari Anda bangun dan mendapati rambut Anda menjadi semakin berkurang. Ini karena proses di mana rambut baru tumbuh menjadi melambat karena usia.

Rambut terbuat dari banyak helai protein. Sehelai rambut memiliki waktu 2 hingga 7 tahun sebelum rontok, rambut yang rontok kemudian di gantikan oleh yang baru. Semakin tua usia Anda, maka proses pergantian rambut ini menjadi semakin melambat.

Untuk melawan hal ini bisa dengan menerapkan diet sehat dan perubahan gaya hidup, atau Anda bisa berkonsultasi dengan trichologist untuk mencari tau penyebab rontok nya rambut Anda.

3. Tahukah Anda Kalau Usia Tua Juga Mengakibatkan Kerusakan Rambut?
Sehelai rambut memiliki waktu hidup sekitar 4 hingga 5 tahun. Rambut dengan ukuran lebih dari 12 inci mengalami banyak hal dari sinar ultraviolet, gesekan saat di sisir, panas dari pengering rambut, catok rambut dan berbagai bahan kimia dari pewarna, pengeritingan atau pelurusan.

Tidak heran ketika kemudian rambut menjadi letih dan rusak. Sel kulit menjadi lebih tinggi dan melunak, membuat rambut terlihat lebih kasar dan mudah menjadi rusak.

Memotong rambut menjadi pendek merupakan salah satu cara untuk membuat rambut terlihat sehat, mungkin ini sebab nya banyak wanita di atas 35 tahun memotong pendek rambut mereka.

4. Banyak Wanita Menemukan kalau Mengeriting dan Mewarnai Rambut Tidak Bertahan Lama
Bagi Anda yang sudah berumur 40an mungkin menyadari kalau rambut keriting Anda tidak lagi bertahan lebih lama di bandingkan saat Anda berumur 30an, ini bukan kesalahan dari salon melainkan usia Anda.

Banyak wanita dengan usia lebih tua memiliki tekstur rambut yang menjadi semakin tipis dan berkurang ketebalan nya karena helai rambut mengecil dan memiliki lebih sedikit pigmen. Ini membuat nya menjadi sulit bagi rambut untuk mempertahankan bentuk keriting dan warna nya dalam waktu yang lama.

Tentu saja tidak semua mengalami hal ini. Apabila Anda menginginkan rambut keriting, mungkin Anda perlu untuk mempertimbangkan rambut keriting pendek atau potongan biasa daripada mengunakan bahan kimia untuk memberikan tekstur pada rambut.
5. Kulit Kepala Anda Menjadi Sensitif Seiring dengan Waktu
Beberapa wanita melaporkan kalau kulit kepala mereka menjadi lebih sensitif seiring dengan bertambahnya usia. Rutinitas yang tidak terlalu mereka rasakan di umur 20an menjadi sebuah iritasi dan kemerahan pada kulit kepala ketika mereka mencapai umur 40 dan 50an.

Penyebabnya mungkin bukan hanya karena usia, melainkan dari berbagai bahan kimia saat mewarnai, mengeriting, atau melakukan rebonding bisa melemahkan kulit kepala Anda seiring dengan waktu.

Penulis : Susana
image : bzzng.com