.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Cara Menjaga Keseimbangan Ambisi dan Kebahagiaan


Banyak orang percaya ketika mereka sukses, mereka akan bahagia. Namun ilmu pengetahuan mengatakan yang terjadi justru sebaliknya. Saat Anda bahagia, kemungkinan untuk bisa sukses meningkat. Banyak sekali penelitian justru membuktikan mengejar kesuksesan justru membuat Anda menjadi tidak bahagia.

Dengan kata lain, ilmu pengetahuan dan pengalaman pribadi membuktikan bahwa ambisi untuk terus mencari prestasi atau uang akan menjadi kesibukan yang tiada akhir dan berakhir dalam penderitaan.

Tunggu dulu, meskipun terlalu memiliki ambisi bisa berakhir pada ketidakpuasan, kurang nya ambisi juga bisa berdampak negatif. Tanpa ada impian untuk di kejar, Anda tidak bisa memberi perubahan pada dunia, selain itu Anda juga akan merasa hampa, hidup akan terasa membosankan dan tidak berarti.

Lalu bagaimana cara nya untuk menjaga keseimbangan antara ambisi dan kebahagiaan Anda?

1. Fokus Pada proses, Bukan Pada Tujuan
Apa yang menjadi masalah dengan tujuan? Jika Anda tidak mencapai tujuan yang Anda inginkan, Anda menjadi tidak bahagia. Dan jika Anda berhasil mencapai tujuan, Anda merasa bahagia hanya untuk sesaat karena Anda akan membandingkan nya dengan orang lain yang berhasil mencapai tujuan yang lebih tinggi.

Lalu harus bagaimana? Cintai proses dari pekerjaan itu sendiri dan tidak terikat pada hasil tertentu. Sudah seharusnya Anda lebih fokus pada proses dari pekerjaan Anda dan hasil yang didapatkan hanya sebagai tambahan.

Lalu bagaimana mengetahui jika Anda lebih fokus pada hasil atau proses? Tanyakan pada diri Anda sendiri, jika Anda berhasil melakukan nya namun tidak boleh memberitahu siapa - siapa, apakah Anda akan melakukannya? Jika jawaban nya tidak maka Anda lebih fokus pada hasil dan tujuan.

2. Pilih dengan siapa Anda bergaul
Nasihat ini merupakan nasihat yang bijak, dan menjadi kunci untuk menghindari terjebak dalam kesibukan yang tanpa henti. Ketika sekitar Anda selalu mengejar status, lebih banyak status, dan selalu melihat pada nomor mereka berada, akan sulit untuk tidak melakukan hal yang sama.

3. Jangan Membandingkan Diri Anda dengan Orang lain
Ketika Anda melakukan sesuatu, akan ada orang lain yang lebih baik dari Anda. Itulah mengapa membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan merugikan diri Anda sendiri, entah karena orang tersebut jauh lebih baik dari Anda, atau mereka sudah lebih lama dalam melakukan hal tersebut.

4. Perhatikan perkembangan Anda, Bukan orang lain
Amat mudah untuk hilang dalam persaingan, ketika yang Anda perhatikan hanya pada nomor berapa posisi Anda dalam papan persaingan.

Hindari hal tersebut, akan lebih baik bila Anda fokus pada papan perkembangan Anda, dan terus mencoba untuk melampaui hasil Anda sebelum nya, dibandingkan memperhatikan orang lain.
5. Jadilah Ikan besar dalam Kolam Kecil
Berada pada industri yang besar mungkin akan menjadi langkah awal Anda bisa terkenal dalam bidang tersebut, akan tetapi misalkan Anda berada pada bidang teknologi, akan sulit untuk merasa berbakat dan sukses ketika Anda melewati Mark Zuckerberg di starbuck dua kali seminggu.

Bagi mereka yang ingin memulai karir disarankan untuk pergi ke tempat yang cocok dengan yang ingin di lakukan. Bay Area untuk teknologi, New York untuk keuangan dan penerbitan, LA untuk film, Michigan untuk furnitur dan mobil.

Serap semua pengalaman orang lain. Pelajari. Lakukan. Meskipun Anda tidak ingin membuat google berikut nya, Anda akan mempelajari banyak hal dengan hidup di lingkungan tersebut. Akan tetapi Anda juga bebas untuk mencari tempat yang menurut Anda lebih cocok dengan Anda atau ketika Anda tidak merasa betah disana.

Penulis : Susana