.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Cara Memandikan Bayi yang Ternyata Salah


Anda mungkin sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan sang bayi yang akan lahir. Anda sudah mengambil kelas untuk mengurus bayi saat hamil, mempersiapkan diri untuk merawat dan membersihkan bayi Anda kelak.

Tapi sebagai orang tua pemula tahukah Anda kalau ternyata lima hal memandikan bayi berikut ternyata salah?

1. Anda Memandikan Bayi Terlalu Cepat
Vernix, krim putih yang lembut itu mungkin agak terasa lengket bagi Anda, tapi ternyata itu baik untuk kulit bayi. Vernix bisa memberikan perlindungan untuk beberapa jam pertama setelah melahirkan. Jadi jangan buru - buru untuk memandikan bayi Anda, tunda setidaknya mandi pertama nya selama 6 jam.

2. Anda Memandikan Bayi Terlalu Sering
Menciptakan rutinitas memang penting, namun ketika hal tersebut berhubungan dengan waktu mandi bayi Anda, melakukan nya setiap malam tidak lah perlu. Satu atau dua kali seminggu sudah cukup, namun ketika sudah berhubungan dengan masalah popok tentu saja perlu untuk mandi.

3. Anda Mengunakan Terlalu Banyak Produk
Jangan terlalu banyak mengunakan produk, gunakan saja pelembab, pewangi, dan pembersih yang bebas dari pewarna.

4. Anda Mengatur Suhu Air Mandi Terlalu Panas atau Dingin
Pastikan kalau suhu air mandi bayi Anda tepat, sekitar 37 derajat celcius. Serta pastikan settingan pemanas air Anda tidak lebih dari 50 derajat celcius.
5. Anda Takut dengan Potongan Pusar Bayi
Banyak orang tua menunggu (dan terus menunggu) supaya sisa tali pusar bayi untuk mengering dan putus, dan merawat nya sampai hal itu terjadi.

Namun hal terbaik yang bisa di lakukan adalah dengan membiarkan bagian yang mengering tersebut, dan melihat pada kulit di sekitar nya. Jika terdapat cairan yang lengket atau mengalir, segera bersihkan dengan memakai kain di sertai alkohol atau air biasa dengan kain kasa.

Penulis : Susana Young
Image : www.dailymoslem.com