.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Hilangkan Amarah Seketika dengan Tujuh Langkah Ini


Semua orang pernah marah. Entah saat macet di jalan, di berikan banyak pekerjaan sebelum liburan oleh bos, atau rencana Anda harus dibatalkan karena cuaca tidak bersahabat.

Anda merasa marah. Meskipun emosi ini berguna di saat - saat bahaya, karena memompa tubuh dengan adrenalin dan mempersiapkan Anda untuk bertarung atau berlari, namun kebanyakan situasi saat ini di mana rasa marah Anda keluar tidaklah membahayakan hidup Anda.

Selain itu, marah yang di akibatkan secara emosional memberikan bahaya di bandingkan manfaat.

Untung nya Anda bisa belajar untuk mengendalikan dan meredakan amarah Anda sebelum muncul, berikut adalah tujuh cara mudah untuk berhenti merasa marah.

1. Olahraga
Rasa marah, pada dasarnya adalah energi yang keluar dari dalam tubuh.

Ketika Anda marah, otot Anda akan menjadi tegang dan mempersiapkan Anda untuk bertarung atau berlari. Cara mudah untuk melepas semua ketegangan tersebut adalah dengan melalui olahraga.
Jadi ketika lain kali Anda merasa marah, pergi ke gym, pergi berlari, atau pakai sarung tinju dan pukul karung tinju itu, gerakan tubuh Anda.

Jika Anda tidak sempat pergi ke gym, coba untuk melakukan push up dan di akhiri dengan meloncat sebanyak 50 kali. Apapun yang bisa membuat tubuh Anda bergerak, untuk menghilangkan semua tegangan yang di akibatkan oleh rasa marah dan membantu membuat Anda merasa lebih baik.

Sebagai tambahan, berolahraga mengeluarkan hormon yang akan membuat Anda kembali bahagia.

2. Gunakan Rasa Marah Anda Sebagai Motivasi untuk Perubahan
Jika rasa marah itu datang dari situasi yang bisa Anda rubah, atau Anda membenci pekerjaan Anda dan bos Anda membuat Anda marah, arahkan rasa marah itu ke tindakan yang positif. Bisa dengan merubah situasi tersebut, mencari pekerjaan baru atau mulai menjalankan usaha yang sempat Anda tunda karena malas atau takut.

3. Tonton atau Dengar Sesuatu yang Lucu
Ketika lain kali Anda merasa marah, menonton film favorit atau video pendek mengenai hal yang Anda sukai seperti binatang lucu, bayi tertawa, atau mungkin komedi bisa membantu Anda.

Tawa mampu menenangkan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memicu endorpin yang membuat Anda merasa nyaman. Dengan menonton atau mendengarkan sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa akan mengalihkan perasaan marah Anda dan membantu Anda merasa lebih baik.

4. Alihkan Perhatian Anda
Alihkan perhatian Anda dari hal yang menganggu menjadi hal yang patut Anda syukuri saat ini.

Berjalan - jalan dan memikirkan 10 - 20 hal yang patut Anda syukuri. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit karena Anda merasa marah, tapi kalau terus di lakukan, Anda akan mendapatkan saat - saat pengalihan tersebut berhasil dan menghilangkan rasa marah Anda.

Sebagai manusia, Anda memiliki hak istimewa untuk memilih apa yang perlu menjadi perhatian Anda. Fokus pada hal yang patut Anda syukuri, berpikir lebih posiif, dan lihat rasa marah Anda menghilang.

5. Meditasi
Tujuan dari meditasi adalah untuk menjernihkan pikiran Anda dari berbagai pemikiran yang memenuhi otak Anda saat ini, dengan merasakan ketenangan, dan terhubung dengan saat ini.

Ketika Anda bermeditasi, efek nya akan terasa seperti tombol reset di tekan pada otak Anda. Ketika Anda melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran, semua energi negatif tersebut akan hilang, dan Anda akan terlepas dari perasaan marah.

6. Lakukan Sesuatu yang Produktif
Sama seperti mengalihkan pada olahraga, Anda bisa mengalihkan rasa marah itu ke berbagai hal yang produktif.

Membersihkan rumah, mencabut rumput, mengatur garasi, semua kegiatan fisik yang mengerakan tubuh Anda. Rasa marah Anda adalah energi, jadi kenapa tidak mengunakan semua energi tersebut untuk sesuatu yang lebih berguna. Selain melepaskan rasa marah Anda, Anda juga sudah menghasilkan suatu hal yang produktif.

7. Tuliskan
Salah satu cara mudah untuk melepaskan semua pemikiran dan emosi saat Anda marah adalah dengan menuliskan nya.

Ambil buku, dan tuliskan semua yang ada dalam pikiran Anda. Keluarkan semua, jangan ada yang di sembunyikan, dan tulis semua sampai Anda merasa tidak ada lagi yang bisa di tulis.
Dengan cara ini bisa membantu menjernihkan pikiran Anda dan mengeluarkan semua emosi tanpa harus mengeluarkan nya kepada orang lain. Setelah semua itu di tulis jangan lupa untuk di bakar.

Tentu saja semua harus di lakukan dengan hati - hati, terutama ketika Anda melakukan langkah ke 7, selalu siapkan air untuk mematikan api nya, dengan membakar kertas yang menahan semua rasa marah Anda, maka Anda akan melihat semua perasaan negatif tersebut hilang menjadi asap

Penulis: Susana Young
image : www.mynd.works