.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Kebiasaan Ternyata Jadi Racun Dalam Hubungan Anda


Tidak ada yang mengajarkan bagaimana untuk bersikap dalam suatu hubungan. Tentu saja Anda di ajarkan mengenai biologi, pernikahan, dan beberapa cerita cinta dari tahun 90 an. Namun ketika menghadapi hal yang sesungguhnya semua menjadi serba membingungkan.

Lebih parah nya ketika Anda di berikan nasihat yang di ambil dari kolom majalah perempuan.

Yang kemudian menjadi masalah adalah banyak kebiasaan yang ternyata buruk bagi suatu hubungan tertanam dalam kebudayaan yang ada. Untung nya sekarang ini banyak penelitian psikologis mengenai hubungan yang sehat dan bahagia.

Berikut adalah enam kebiasaan umum yang terjadi menjadi racun dalam hubungan Anda
1. Mengunakan Kelemahan Pasangan Anda
Satu hal yang biasa di gunakan ketika sedang marah adalah dengan mengeluarkan kartu As, yaitu dengan mengeksploitasi kelemahan atau kesalahan yang pernah dilakukan pasangan Anda hanya untuk membenarkan pandangan Anda.

Ketika hal ini di lakukan secara terus - menerus, yang ada kemudian hanyalah hubungan yang dipenuhi dengan ketidakpercayaan, rasa bersalah, dan menambah banyak masalah. Jika Anda tidak bisa menerima dan memaafkan kesalahan yang pernah pasangan Anda buat, maka untuk apa hubungan tersebut di pertahankan?

2. Memberi Tanda dan Gangguan Kecil
Bukan nya membicarakan apa yang di pikirkan, pasangan Anda malah memberikan tanda supaya Anda bisa memikirkan nya sendiri. Bukan nya mengatakan apa yang membuat Anda kesal, Anda mencari cara - cara untuk membuat nya merasa terganggu sehingga Anda bisa merasa berhak untuk memarahi mereka.

Hal ini di lakukan ketika kedua belah pihak tidak nyaman dalam mengatakan perasaan mereka.

Katakan keinginan dan pemikiran Anda secara terbuka. Dan ingat bahwa pasangan Anda tidak sepenuh nya bertanggung jawab atau wajib membantu, tapi Anda menghargai kalau mereka mau membantu.

3. Menyandera Hubungan Tersebut 
Ketika Anda atau pasangan Anda mengunakan hubungan sebagai sandera dan pemerasan untuk melakukan hal yang di inginkan.

Ketika hal tersebut di lakukan, reaksi yang di timbulkan bisa saja antara drama yang semakin memanas atau kekesalan yang terpendam di hati, dan kedua nya bukanlah hal yang baik bagi hubungan.

Tidak masalah jika Anda merasa kesal atau tidak menyukai suatu hal pada pasangan Anda, karena Anda masih manusia biasa. Tapi mengerti antara berkomitmen dengan menyukai seseorang bukanlah hal yang sama. Anda bisa berkomitmen dan tidak menyukai beberapa hal mengenai pasangan Anda, atau bisa merasa terganggu atau marah kepada pasangan Anda sewaktu - waktu.

4. Menyalahkan Pasangan Anda pada Hal yang Anda Rasakan
Ketika Anda merasa hari ini merupakan hari yang buruk, dan pasangan Anda sedang sibuk dan tidak bisa mendukung Anda. Kemudian Anda merasa marah dan menuding pasangan Anda egois dan tidak peduli.

Menyalahkan pasangan saat mengalami hal yang buruk adalah bentuk rasa egois dan contoh sederhana tidak mampu menjaga batas pribadi. Bertanggung jawab akan perasaan sendiri dan sebaliknya, ada perbedaan penting antara mendukung sukarela dengan harus mendukung pasangan Anda.

5. Menampilkan Kecemburuan
Merasa marah ketika pasangan Anda berbicara dengan wanita lain, terkadang bisa membuat Anda melanggar privasi mereka dengan mengecek pesan di hp nya, atau mengikuti nya kemanapun Dia pergi.

Percayai pasangan Anda, cemburu itu wajar, tapi cemburu yang berlebihan dan mencoba untuk membatasi pasangan Anda adalah tanda kalau Anda merasa takut diri Anda tidak lagi berharga. Anda harus belajar untuk mengatasi hal ini dan tidak memaksa hal yang bisa membuat pasangan Anda menjadi menjauh.
6. Mengunakan Uang untuk Setiap Masalah
Ketika terjadi masalah, mengunakan uang untuk membeli hadiah atau berjalan - jalan adalah ide yang sangat buruk. Tidak hanya masalah nya tidak terselesaikan, tapi akan menjadi kebiasaan yang tidak sehat dalam hubungan.

Daripada mengunakan uang untuk menyelesaikan masalah, bagaimana dengan membicarakan nya secara pribadi, utamakan komunikasi. Jangan gunakan hadiah dan perjalanan untuk mengalihkan masalah, jika Anda mengunakan uang untuk menutupi suatu masalah, maka Anda harus bersiap untuk masalah yang besar di kemudian hari.

Penulis : Susana Young
Image : elitedaily.com