.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Hambatan Pengganggu Potensi Kreativitas


Tidak peduli apa pekerjaan Anda, bisa jadi Anda seorang designer atau seorang akuntan. Hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan sedikit kreativitas, mulai dari menciptakan sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah.

Potensi kreativitas , kemampuan untuk bisa memikirkan ide yang baru dan lebih baik bukanlah sesuatu yang didapatkan sejak lahir. Itu adalah hasil dari pilihan Anda menuju kreativitas, lingkungan, kebiasaan, dan mentalitas Anda.

Sayangnya, setiap professional justru mensabotase potensial kreativitas mereka sendiri dengan melakukan banyak kebiasaan buruk, menerima lingkungan yang buruk, atau percaya kalau mereka tidak memiliki potensi kreativitas.

Ini cara yang biasa mereka atau Anda lakukan untuk menghalangi potensi tersebut:
1. Anda Tidak Pernah Mencoba 
Semua orang itu kreatif, namun beberapa memilih untuk percaya kalau mereka tidak. Pada saat Anda menerima kalau Anda bukanlah orang yang kreatif, maka Anda berhenti untuk menjadi kreatif, hal yang sama ketika seseorang percaya kalau mereka tidak paham matematika dan selalu menghindari masalah dalam matematika.

Jika Anda memang tidak kreatif, maka ini merupakan strategi yang efisien, tidak membuang waktu, tapi dalam diri setiap orang terdapat potensi kreativitas sejak lahir. Potensi tersebut hanya akan muncul ketika Anda mencoba untuk menjadi kreatif.

Jika Anda orang yang selalu menyelesaikan setiap masalah dengan solusi yang sudah Ada, coba untuk menantang diri Anda untuk menjadi lebih kreatif, dan ambil langkah kecil dahulu jika perlu. Anda akan kagum dengan hasilnya.

2. Anda Terlalu Normal atau Mengikuti Pola
Situasi dan peristiwa yang paling mengilhami kreativitas, adalah "aneh". Misalkan Anda melihat lukisan yang membuat Anda berpikir lebih abstrak, atau Anda menemui peristiwa saat hendak bekerja yang memberikan Anda ide yang aneh.

Semua kepingan "aneh" ini bisa memberikan dorongan dalam menciptakan jalur baru dalam pemikiran kreatif diotak Anda, jadi kelilingi diri Anda dengan berbagai hal aneh (seni, musik, bahkan aroma) dan keluar dari kebiasaan normal dengan keluar dari zona nyaman Anda.

Semakin mengikuti suatu pola kegiatan Anda, semakin mudah untuk mengetahui kemana arah pikiran Anda.

3. Anda Mengharapkan Kesempurnaan
Banyak orang percaya kalau para jenius kreatif adalah orang yang selalu memikirkan ide yang fantasis, sedangkan ketika mereka hanya bisa memikirkan ide yang buruk, atau mengalami kegagalan, mereka percaya kalau itu adalah tanda mereka tidak berhasil dalam menjadi kreatif.

Menurut ahli bedah saraf Rex Jung, kreativitas bukan lah mengenai kualitas dari ide mereka, melainkan dari kuantitas. Orang yang paling kreatif adalah orang yang menghasilkan banyak ide, ide terbaik mereka adalah satu dari seribu yang mereka pikirkan.

Jika Anda hanya memikirkan beberapa ide saja, ide terbaik Anda mungkin hanya ada satu dalam enam ide. Kreativitas adalah permainan jumlah, semakin banyak yang Anda pikirkan, semakin besar peluang ide terbaik akan muncul, jadi berhenti untuk mengharapkan kesempurnaan dan mulai menciptakan sesuatu!

4. Anda Terlalu Fokus pada Masalah
Solusi paling kreatif cenderung datang saat melihat dari jarak pandang yang jauh. Supaya batasan kreatif ini hilang, coba untuk keluar dari masalah tersebut. Anda bisa menanyakan pada orang lain mengenai pemikiran dan pandangan mereka, atau mencoba untuk menjelaskan masalah nya dengan bahasa yang mudah di pahami.

Mudah bagi Anda untuk terperangkap dalam prasangka dan pola pikir Anda, jadi coba untuk melihat masalah tersebut dari pemikiran orang lain.

5. Anda Tidak Menciptakan Batasan
Anda mungkin berpikir kalau menciptakan batasan dan mengendalikan diri Anda akan mengurangi kreativitas Anda, namun sebuah penelitian justru membuktikan sebaliknya. Dengan memberikan batasan bisa membantu Anda untuk melakukan pekerjaan lebih kreatif.

Misalnya seorang pelukis bisa mencoba untuk mendapatkan ide dengan hanya mengunakan dua atau tiga warna berbeda, batasan sederhana ini juga bisa membantu menyelesaikan masalah yang rumit. Bagaimana menyelesaikan masalah dengan batasan ini? Ini akan membuat masalah menjadi lebih menantang, juga lebih mudah dikerjakan.
6. Anda Mudah Menyerah
Ini adalah hambatan yang paling mudah dari semua hambatan, dan yang paling sulit untuk di atasi. Kebanyakan dari kita, setelah melihat hasil yang buruk atau tidak memberikan apap pun dari sebuah masalah dalam waktu tertentu akan menyerah dan kemudian berhenti.

Kreativitas tidak akan langsung datang dengan segera atau bisa di prediksi kapan datang nya, jadi untuk bisa mendapatkan nya hanya dengan terus melakukan nya, tetap bekerja dan tetap berpikir. Hanya setelah berulangkali di lakukan baru kemudian solusi dan sudut pandang baru akan menjadi semakin jelas.

Tidak terlalu sulit untuk lebih membangkitkan lebih banyak kreativitas pada diri Anda, dan keuntungan nya amat lah banyak. Jika Anda bisa melalui semua tantangan, Anda akan melihat banyak solusi dari berbagai masalah dari sudut pandang baru, dengan penyelesaian yang lebih abstrak, dan terhubung dengan jiwa artistik Anda.

Setiap orang bisa lebih kreatif dalam hidup dan pekerjaan mereka, jadi apa yang menghalangi Anda?

Penulis : Susana Young