.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Cara Unik Mengembangkan Kreativitas Anak


Anak tidak menjadi kreatif dengan mempelajari matematika atau menulis puisi semenjak mereka masih dalam kandungan ibu mereka. Genetik memainkan peranan penting, namun mereka belajar, atau lebih jelasnya Anda mengajari mereka.

Setiap manusia baik pria atau wanita memiliki kapasitas otak yang sama ketika dilahirkan. Pengaruh lingkungan dan ajaran lah yang akan membuat mereka menjadi mozart, hawkins, atau beckham.

Anda sebagai orang tua harus memberikan anak yang terbaik agar mereka bisa mengetahui dan mengerti semua pertanyaan yang ada di kepala mereka. Berikut adalah 6 cara untuk membantu mengembangkan kreativitas pada anak Anda.

1. Mendorong Pilihan yang Tidak Terduga
Mewarnai sapi coklat, rumput hijau, dan semua warna seperti biasa sangat membosankan dan standar. Ketika anak Anda mengambar warna ungu untuk warna langit, beritahu Dia kalau itu adalah pilihan yang bagus.
Mengetahui kalau Anda menghargai pilihan nya bisa membuat mereka merasa aman dengan pilihan mereka sendiri. Selain itu biarkan mereka membuat berantakan segala nya, mungkin Anda yang akan membereskan semua nya, tapi hanyalah masalah kecil di bandingkan kreativitas yang di dapat nya.

2. Bantu Anak Menemukan Hal Kecil Didunia ini
Pastikan ketika bersama si kecil Anda menunjukkan semua hal kecil seperti susunan awan yang indah, seekor kodok di kebun, goresan pada pintu. Dengan memperhatikan hal kecil dan terlihat tidak penting pada hidup bisa membantu memberikan perbedaan pada cara memandang dunia.

3. Libatkan Mereka pada hal yang Biasa Dilakukan orang dewasa
Ide yang bagus untuk melibatkan anak Anda dengan yang biasa Anda kerjakan, tidak peduli seberapa berantakan yang mereka lakukan atau apakah mereka melakukannya dengan salah.

Mereka akan selalu mengingat hal ini dan menunjukkan kalau Anda peduli pada ide mereka dan kreativitas. Anda bisa saja kaget ketika Anda bisa mempelajari berbagai kreativitas dari anak - anak.

4. Jangan Berikan Hadiah untuk Mengembangkan Kreativitas
Terkadang sebagai orang tua Anda ingin memberikan hadiah ketika anak Anda melakukan hal baik dan membanggakan, namun jangan lakukan ini ketika Anda ingin mengembangkan kreativitas nya.

Hadiah bisa menganggu proses kreativitas mereka, mengurangi kualitas dari reaksi dan fleksibilitas pemikiran mereka. Ajari anak Anda untuk mengembangkan kegiatan kreatif yang mereka termotivasi untuk lakukan, di bandingkan memotivasi mereka dengan hadiah.

Tekankan proses belajar di bandingkan hasil nya, tanyakan apa yang sudah mereka pelajari hari ini.

5. Tanyakan dengan Jelas Ketika Anda Bersamanya
Seperti yang Anda lakukan ketika mencari ide dengan rekan kerja Anda. Tanyakan dengan jelas dan keluarkan semua jawaban Anda saat bersama anak, dengan begitu Anda sedang mengembangkan lingkungan yang mendukung rasa ingin tahu.
6. Kembangkan Kemampuan Pemikiran Mereka
Ketika anak Anda mengunakan berbagai ide dan sumber daya dari berbagai sumber lain nya untuk menyelesaikan masalah, atau ketika Dia mengambil sebuah ide dan mengeluarkan berbagai jenis solusi dan skenario berbeda yang bisa di gunakan.

Kembangkan kemampuan ini dengan selalu memberikan pertanyaan dan masalah yang membuat mereka membuka pikiran mereka. Jangan terlalu disiplin atau penuh ketegangan ketika melakukan nya, setidaknya jangan tunjukkan hal tersebut pada diri Anda.

Lingkungan yang bahagia dan penuh permainan adalah yang terbaik bagi Anda dan anak Anda.

Penulis : Susana
Image : www.butterbin.com