.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Cara Mengatasi Penolakan Secara Positif



Cepat atau lambat setiap orang akan mengalami penolakan, kritik, bahkan penghinaan dalam hidup mereka. Jika hal tersebut terus terjadi dan dalam waktu yang lama, akan ada kemungkinan di mana ada nya keraguan pada harga diri dan kemampuan orang tersebut.

Bagi mereka yang memiliki rasa percaya diri yang rendah merupakan hal yang lebih bermasalah karena mereka bisa berhenti mempercayai diri mereka sendiri dan melukai potensial mereka di masa yang akan datang.

Bagi mereka yang memiliki percaya diri pun, apabila sering di kritik dan diejek terus menerus suatu hari akan ada retak pada kepercayaan diri mereka.

Lalu apa yang harus di lakukan untuk mengatasi ejekan dan penolakan? Berikut adalah enam tips yang bisa sangat membantu Anda mengatasi nya.

1. Menyadari Perbedaan Antara Fakta dan Opini
Hal yang banyak di katakan oleh orang lain lebih berupa opini dibandingkan fakta. Perbedaan di antara kedua nya terpisah jauh, dan ini harus di pahami oleh Anda. Karena opini tergantung pada orang nya, akan terdapat perbedaan pada setiap orang.
Bumi bundar itu fakta, sedangkan jika seseorang mengatakan Anda jelek itu bukan berarti Anda jelek, karena bisa saja Anda menarik bagi orang lain atau dalam budaya berbeda.

Kebanyakan masalah yang di katakan orang lain pada Anda lebih ke arah opini dibandingkan fakta, jangan biarkan hal tersebut membebani Anda.

2. Coba Mengerti Mengapa Orang Tersebut Berpikir Seperti Itu
Terkadang Anda akan bingung dengan opini pribadi dan fakta. Anda berpikir hanya karena opini Anda benar, maka orang lain harus menuruti nya.

Anda harus bersedia untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain. Terkadang Anda akan menyadari kalau ternyata Anda tidak cocok dengan kebutuhan orang lain, dan Anda tidak perlu mengambil hati mengenai hal tersebut.

Misalkan Anda mendapatkan penolakan pada wawancara, coba untuk mendapatkan masukan. Tanyakan pula mengapa seseorang mau untuk memperkerjakan Anda. Apakah Anda cocok dengan yang di butuhkan perusahaan. Biasanya Anda akan menyadari perbedaan antara apa yang di butuhkan perusahaan dan yang bisa Anda berikan.

Akan tetapi perusahaan lain mencari apa yang bisa Anda berikan pada mereka. Jangan terlalu di masukan dalam hati, dan terus maju melangkah.

3. Mengingat Segala Kelebihan yang Anda Miliki
Einstein pernah berkata untuk jangan menilai ikan dari kemampuannya memanjat pohon, karena ikan tersebut akan melalui seluruh hidup nya dengan berpikir kalau hal tersebut adalah hal bodoh.

Penyebab utama seseorang mengalami rendah diri yang kemudian di perparah dengan ejekan dan kritikan adalah karena mereka fokus pada hal yang bukan merupakan kekuatan mereka.

Faktanya, Anda tidak bisa menjadi hebat dalam segala hal, bisa jadi Anda gagal di beberapa hal. Tapi itu tidak berarti Anda itu orang yang gagal, karena akan ada beberapa hal di dunia ini dimana Anda memiliki bakat dalam melakukan nya.

4. Tanyakan Mengapa Mereka Menolak Anda
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membedakan antara fakta dan opini. Jika logika yang mereka berikan pada Anda tidak valid, maka itu adalah bukti kalau penolakan mereka hanyalah berdasarkan opini.

Jika alasan yang mereka berikan tidak masuk di akal, atau mereka menolak memberikan alasan, tidak perlu merasa bersedih karena sekarang Anda tahu kalau itu hanya opini. Dan bila alasan mereka masuk di akal, itu akan bermanfaat bagi Anda.

Terkadang kejujuran itu menyakitkan, tapi jika berdasarkan pada fakta, maka Anda bisa memperbaiki nya, dan jika tidak maka Anda tinggal menolak nya.

5. Berhenti Terlalu Banyak Berpikir
Saat Anda mengerti situasi sebenarnya dan bisa membedakan antara yang benar dan tidak, Anda perlu untuk melanjutkan hidup.

Jangan terlalu banyak berpikir mengenai hal tersebut, semakin banyak perhatian yang sebenarnya tidak perlu Anda berikan, semakin Anda akan sulit melupakannya dan akan berakhir menjadi depresi jika Anda tidak mengehentikan nya.

Jika Anda bisa terus melangkah tanpa membuang waktu untuk memikirkan hal lain, Anda bisa fokus pada hal yang produktif dan memberikan manfaat di masa yang akan datang.

Ingat, mendapatkan masukan dan melakukan tindakan untuk memperbaikinya bisa membantu menyelesaikan masalah, tapi terlalu banyak pikiran hanya akan memperumit masalah, bukan menyelesaikan nya. Fokus pada hal lain dan jangan buang waktu Anda pada berbagai hal negatif.

6. Sadari Bahwa yang Bisa Membuat Anda Merasa Muak atau Depresi Semuanya Karena Anda Mengijinkannya

Semua hal yang di katakan orang lain hanyalah susunan kata - kata, dan kata - kata tersebut tidak berarti apapun kecuali Anda memutuskan untuk mendengarkan hal tersebut.

Ketika Anda mengijinkan kata - kata tidak berguna masuk dalam pikiran Anda dan memberikan perhatian Anda pada nya, pada saat itulah mereka akan menganggu Anda dan membuat Anda depresi. Namun Anda juga bisa untuk menghiraukan dan menjalani kembali hidup Anda.
Beberapa orang terkenal di dunia sudah pernah di permalukan dan di tolak. Edison di bilang cacat mental. Oprah di sebut tidak cocok untuk televisi. Semua orang ini mengubah semua penolakan dan serangan tersebut menjadi motivasi untuk membuktikan kalau kritikan tersebut salah dan menjadi sukses.

Semoga semua informasi ini berguna bagi Anda. Analisa apa yang di ucapkan dan jika hal tersebut benar maka gunakan sebagai informasi dan membuat perubahan yang positif. Namun jika semua itu hanya opini tanpa ada basis bukti atau berbeda antara satu yang lain nya, hiraukan saja dan terus melangkah ke arah yang benar.

Gunakan setiap kritikan dan ejekan tersebut sebagai tangga menuju kesuksesan. Biarkan mereka melakukan apa yang mereka lakukan, dan Anda melakukan hal terbaik yang perlu Anda lakukan. Biarkan mereka membuang waktu mereka dengan rasa iri sementara Anda menjadi semakin bersinar dalam kesuksesan Anda.

Penulis : Susana
image : www.globe-views.com