.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Cara Efektif untuk Melatih Pikiran Kreatif



Anda pasti pernah merasakan saat di mana hampir terbesit ide yang brilian, namun tiba - tiba, proses kreatif Anda tersendat? Jika Anda pernah mengalami hal ini sebelum nya, pasti Anda ingin sekali belajar untuk membuat kreativitas tersebut mengalir kembali.

Jika Anda pernah merasa kecewa dengan tingkat kreativitas saat ini, maka sekarang adalah waktunya untuk mengembangkan nya.

Di hari dan jaman ini, kreativitas adalah hal yang penting. Untuk meraih kesuksesan melalui inovasi, Anda harus memiliki kreativitas. Selain itu kreativitas merupakan hal yang rumit, tidak ada cara cepat dan mudah untuk memperbaiki nya, namun Anda bisa meningkatkan kreativitas dengan enam pemikiran berikut.
1. Percaya Bahwa Kreativitas bisa Berkembang
Meskipun ini adalah hal yang wajar, namun penting bagi Anda untuk mengumpulkan semua tekad Anda sedari awal. Dengan mulai mempercayai adalah salah satu motivasi terkuat.

Buang pemikiran bahwa kreativitas adalah bakat yang di dapat dari lahir. Benar jika Anda mengembangkan tingkatan tertentu pada kreativitas, namun tergantung pada Anda untuk mengijinkan dan mendorong perkembangan nya.

Atur kepercayaan Anda sekarang dan mulai berkomitmen untuk menjadi lebih kreatif.

2. Pilih Belajar Secara Lateral di bandingkan Vertical
Ada dua cara berbeda dalam mendapatkan pengetahuan. Belajar secara vertikal di mana bidang yang di pelajari hanya satu, sedangkan belajar secara lateral akan mempelajari berbagai macam bidang yang berbeda.

Jika Anda tipe pemikir, biasa nya akan cenderung menuju vertikal. Namun, mencoba untuk fokus pada pembelajaran secara lateral bisa membantu mendorong sisi kreativitas Anda. Dengan memiliki berbagai pengetahuan di bidang yang berbeda akan memberikan sisi kreativitas Anda lebih banyak bahan untuk bekerja.

3. Latih Kreativitas seperti Melatih Otot Anda
Melatih fungsi pada kreativitas seperti melatih otot di gym adalah hal yang bisa di lakukan. Dengan menyediakan rangsangan secara rutin dan melakukan hal baru, maka akan ada pertumbuhan yang terjadi.

Berlatih mengembangkan kreativitas Anda mengunakan berbagai metode seperti brainstorming, atau menulis banyak ide yang Anda bisa pada kertas. Semakin Anda menjadi lebih kreatif, maka Anda akan menyadari ide akan semakin mengalir dengan mudah.

4. Luangkan Waktu untuk Kreativitas
Jika Anda serius untuk menjadi lebih kreatif, Anda perlu untuk meluangkan waktu. Sisihkan setidaknya satu jam perhari untuk kreativitas Anda. Ijinkan pikiran Anda untuk berpetualang tanpa gangguan dari kegiatan harian dan pekerjaan.

5. Memulai Buku Harian
Apa Anda pernah mengalami mendapatkan suatu pemikiran brilian, hanya untuk kemudian hilang sebelum Anda bisa mewujudkan nya? Hal ini biasa umum terjadi, bahkan bagi pemikir terbaik saat ini.

Kreativitas itu mawas diri dan sensitif terhadap perasaan Anda. Ide bisa datang dan pergi mengikuti perasaan Anda. Inspirasi bisa datang kapan saja dan pergi tanpa Anda sadari.

Para jenius biasa siap dengan buku harian untuk menuliskan pemikiran yang mereka dapat pada hari itu. Mulai untuk menangkap semua pemikiran Anda pada kertas, kemudian Anda bisa melihat nya kembali untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.
6. Gunakan Kedua Bagian Otak Anda
Kreativitas itu bukan mengenai hitam atau putih. Bukan masalah otak kiri untuk hal logis, dan otak kanan untuk pemikiran kreatif. Kreativitas sejati datang dari keseimbangan antara kedua nya.

Dengan lebih memahami diri akan membantu mendorong kreativitas Anda.

Mulai dengan mengenali pola pemikiran dan mulai menyeimbangkan diri Anda. Misalnya, jika pemikiran logis Anda terlalu banyak berperan, Anda harus menstimulasi sisi kreatif Anda dengan kegiatan seperti mengambar atau melukis.

Pada akhirnya, Anda sudah seharusnya dengan mudah bisa berpindah antara sisi kreatif dan logis. Setelah Anda bisa menguasai nya, Anda akan berada di jalan untuk menjadi jenius kreatif sejati.

Penulis : Susana Young
image : kristofcreative.com