.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Manfaat Belajar Pada Usia Tua


Semakin tua usia biasa nya di identikasikan dengan semakin menurunnya daya tangkap dan belajar. Namun sebuah penelitian di lakukan dengan orang dari berbagai usia mengenai manfaat belajar dalam kehidupan mereka. Mereka di bagi menurut usia nya dan di berikan berbagai test untuk di lakukan.

Berikut adalah empat hal yang berhasil di rangkum para peneliti yang bisa menghilangkan persepsi Anda selama ini:

1. Belajar dan Berlatih Meningkatkan Persepsi
Persepsi yang menurun akibat usia tidak dapat di rubah, namun bisa di tingkatkan melalui berlatih dan belajar. Pertanyaan yang kemudian di tanyakan adalah jika persepsi akibat usia bisa diperbaiki, apakah penambahan akibat usia dari aktifitas otak bisa berkurang?

Dengan kata lain, apakah latihan dan pelajaran bisa meremajakan otak?

2. Belajar Juga Meningkatkan Kegiatan pada Otak
Penelitian dengan orang dewasa menunjukkan bahwa proses belajar biasa nya di asosiasikan dengan kegiatan otak yang bertambah dan berkembang. Jika persepsi akibat usia bisa di kembalikan melalui belajar, belajar sudah seharusnya memberikan efek lain pada mereka yang lebih tua, efek peningkatan pada kegiatan otak harusnya berkurang.

Menurut penelitian, hal sebalik nya yang terjadi, proses belajar pada orang tua menunjukkan peningkatan pada kegiatan di otak, yang di asosiasikan dengan peningkatan persepsi.

3. Belajar untuk Mengerti Penuaan dan Proses Belajar dengan Komputer
Simulasi di lakukan dengan komputer untuk mengetahui mengapa belajar bisa lebih bermanfaat bagi orang tua di bandingkan orang dewasa yang masih muda.

Hasil yang di dapatkan adalah terdapatnya mekanisme yang melemah pada otak sehingga mengakibatkan kegiatan yang menjadi lebih terfokus. Selain itu efek belajar hanya bisa di jelaskan dengan pengurangan larangan, yang kemudian memperkuat aktivitas pada otak.

Singkatnya, orang yang sudah tua bisa belajar dan berkembang lebih baik dari mereka yang masih muda.
4. Berlatih bermanfaat untuk semua umur - namun tidak bisa meremajakan otak Anda
Simulasi komputer menjelaskan bagaimana perubahan aktivitas pada otak  memiliki efek terbalik pada level persepsi. Selain itu, penjelasan mengenai pengamatan pada pengobatan dari proses penuaan tidak ada perubahan pada otak akibat usia, melainkan membentuk ulang.

Mereka menunjukkan kalau latihan dan pelajaran bisa membantu pada setiap usia, untuk bisa tetap tanggap.
Singkatnya, orang yang sudah tua bisa belajar dan berkembang lebih baik dari mereka yang masih muda.

Penulis : Susana Young