.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Gejala Awal Kanker Prostat yang Harus Anda Waspadai


Jika Anda pria, waspadai kemungkinan terjadi nya kanker prostat. Menurut pemerintah memperkirakan sekitar 1 dari 7 orang memiliki kemungkinan terkena kanker prostat dalam hidup mereka.

Meskipun bisa di sembuhkan, namun banyak yang menderita karena mereka tidak berhasil mendeteksi sejak awal atau tidak tahu cara menghindarinya.

Apakah test PSA sudah tidak akurat untuk mendeteksi kanker prostat?

Melakukan pemeriksaan level Prostate Specific Antigen (PSA) dengan rutin adalah hal yang di anjurkan untuk mendeteksi kanker prostat sejak awal dan menyembuhkan nya dengan sedikit halangan. Level PSA yang tinggi merupakan tanda dari serangan kanker prostat, itu yang sering diberitahukan kepada umum.

Pria yang masuk dalam kategori ini biasa di desak untuk melakukan biopsi dan menjalani banyak perawatan seperti bedah dan radiasi.
Masalah yang kemudian terjadi adalah biopsi atau pemusnahan prostat bisa mengakibatkan kanker yang tertidur untuk menyebar ke seluruh tubuh. Pertanyaan nya apakah level PSA yang tinggi berarti terkena kanker prostat? Ini pertanyaan yang penting, karena biasa nya setiap pria akan langsung menjalani biopsi, kemudian operasi, yang berakhir dengan kencing yang tidak terkendali dan impotensi.

Tidak lupa juga biaya medis yang setinggi langit.

Menurut sebuah artikel dari New York Times dan Washington Post, test PSA itu tidak berguna. Karena test PSA hanya menunjukkan berapa banyak antigen prostat yang di miliki seorang pria dalam darah nya, yang merupakan tanda inflamasi dan kemungkinan kanker, tapi belum tentu terjadi. Karena, infeksi, pembengkakan jinak pada prostat, dan obat - obatan (seperti ibuprofen) bisa meringankan level PSA pada pria.

Dr. Thomas Stamey dari Universitas Stanford menyatakan bahwa PSA tidak lagi memiliki hubungan dengan kanker prostat. Test PSA sudah dianggap tidak lagi bersangkutan. Selain itu banyak bukti yang menunjukkan kalau PSA tidak hanya mendeteksi antigen prostate saja, karena pada banyak jaringan wanita terdeteksi PSA terutama daerah payudara yang mampu menghasilkan PSA.

Air kencing Anda bisa menunjukkan 4 tanda kanker prostat

Jujur saja, kanker prostat biasa nya muncul pada pria. Namun hanya sebagian kecil saja yang terlihat mata. Dengan kata lain kebanyakan kanker prostat tetap tersembunyi, dengan berbagai alasan dan tujuan, tidak berbahaya. Hanya kanker prostat yang sudah parah yang kemudian terlihat dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Untuk menghindari nya, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala awal yang berhubungan dengan tumor prostat. Termasuk kandung kemih dan kesulitan kencing yang menghasilkan gejala:

1. Sakit atau sulit kencing, dan sering kencing, terutama di malam hari
2. Kehilangan kendali akan kandung kemih
3. Berkurang nya aliran atau kecepatan kencing
4. Terdapat darah pada air seni (utama nya di kenal sebagai hematuria)

Beberapa tanda tersebut berkembang perlahan seiring dengan waktu. Namun, jika Anda menyadari sulit untuk kencing, atau ada tekanan pada area kandung kemih atau uretra Anda, ini bisa jadi tanda kalau kanker prostat sedang berkembang.

Apakah makanan Anda sudah benar untuk menghindari kanker prostat?

Jika pola makan Anda terisi dengan kafein, alkohol, gula, dan lemak tak sehat dalam jumlah banyak, maka Anda memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat. Pola makan yang tidak sehat merupakan hal yang harus Anda hindari saat ini juga untuk kesehatan yang maksimal dan penghindaran penyakit.

Nutrisi yang di butuhkan untuk mencegah kanker prostat adalah pola makan yang kaya akan zinc dan selenium. Keduanya terbukti untuk memberi makan kelenjar prostat dan melindungi dari kanker. Vitamin B, jelatang, biji labu, bawang putih bisa membantu meminimalisir inflamasi dan melindungi dari kanker.

Mengkonsumsi lemak sehat juga bermanfaat. Asam lemak omega-3 membantu membentuk selaput sehat pada tubuh Anda, termasuk pada prostat. Omega-3 juga membantu meminimalisir inflamasi.

Pencernaan yang sehat memberikan perbedaan
Selain pola makan, keseimbangan dalam pencernaan juga bisa membantu mencegah terjadi nya kanker prostat.

Enzim pencernaan dan probiotics  juga bisa membantu, HCL atau hydrochloric Acid adalah suplemen penting dalam asam tubuh untuk memastikan makanan di cerna dan memisahkan semua nutrisi yang penting. Nutrisi penting lain nya termasuk Vitamin D3 dan curcumin.

Probiotic bermanfaat untuk menyeimbangkan sistem pencernaan dan ekosistem bakteri yang membantu sistem kekebalan tubuh dan pasokan nutrisi.

Meskipun statistik kanker prostat terlihat menyeramkan, mengetahui tanda - tanda kanker prostat dan mengambil langkah sejak awal bisa mencegah kanker prostat untuk aktif.

Penulis : Susana Young
Image : www.rd.com