.::::::Disiniajatempatnya:::::.


18 Tips Membuat Anda Lebih Mudah Menjalani Ibadah Ramadhan


Sebentar lagi sudah mau bulan puasa, seluruh umat islam di seluruh dunia akan bersiap untuk menjalankan puasa mereka untuk menahan nafsu dan amarah.

Apakah Anda sudah siap untuk menjalani bulan suci ini?

Untuk membantu Anda lebih mudah menjalankan puasa di bulan ini, berikut adalah 18 tips yang di percaya bisa membantu supaya puasa Anda lancar:

1. Mulai latihan puasa sebelum waktu nya, jika Anda bisa
Beberapa hari sebelum bulan puasa, coba untuk berlatih menahan lapar dan haus selama beberapa jam, kemudian tingkatkan waktu nya setiap hari. Anda bisa mulai dari tiga jam dan terus tambah satu jam setiap hari sampai bulan puasa. Ini akan mempermudah Anda untuk menyesuaikan saat bulan puasa tiba.

2. Jangan Lupa untuk Sarapan, Makan siang dan Makan malam, dengan Menganti Makan Malam Anda sebagai Sarapan
Bagi Anda yang bekerja, kebutuhan akan protein dan makanan saat malam hari bisa membantu. Sama seperti makan tiga kali sehari, hanya saja di lakukan malam hari. Jadi makan malam (iftar) menjadi sarapan.
Jadi Anda bisa makan sandwich di tengah malam, dan untuk sahur Anda bisa meminum banyak air, makan telur atau mungkin snack granola. Keliatan nya banyak, tapi sebenarnya tidak.

3. Siapkan Segelas Air Setelah Berbuka Sampai Waktu Tidur
Jika Anda tidak ingin terbangun jam 4 pagi untuk minum sebelum berpuasa, siapkan segelas air dekat Anda saat berbuka hingga waktu tidur Anda. Dengan begitu Anda akan tidak haus di keesokan harinya, dan minum lebih sedikit air berarti kencing lebih sedikit.

4. Bagi Waktu Berdasarkan Doa, Bukan Jam.
Ketika Anda sholat Dhuhr, pikirkan berarti ada dua sholat lagi. Ketika Anda sholat Asr, tinggal satu solat lagi, dan ketika Anda sholat Maghrib berarti Anda selesai.

5. Banyak Minum Minuman berprotein
Buat minuman berprotein seperti Anda membuat milk shake. Minum satu saat berbuka puasa, satu sebelum tidur, dan satu saat sahur. Dengan begitu Anda masih mendapatkan protein yang cukup saat berpuasa.

6. Ingat untuk Makan Makanan dengan Lemak Sehat, Karbohidrat penuh serat, dan Hindari Makanan Instan.
Karbohidrat tidak akan mengenyangkan perut dalam waktu yang lama, maka dari itu makan makanan yang mengandung banyak serat saat sahur. Makan kacang juga bagus, karena memiliki banyak kandungan lemak sehat dan omega-3 terutama dari kenari, dan masi banyak lagi.

Hindari semua yang sudah di kemas, di proses, banyak gula atau makanan instan. Selalu ingat untuk mengisi 1/3 perut dengan air, 1/3 lagi dengan makanan dan sisa nya dengan udara seperti yang nabi Muhammad sarankan.

7. Buka Puasa dengan Kurma, Kemudian Minum Sup Sebelum Makan Makanan yang Berat
Setelah memakan kurma, akan lebih baik jika memakan sesuatu yang hangat. Seperti sup yang bisa menenangkan perut dan membuat Anda makan perlahan, sehingga terhindar dari kram perut. Istirahat sebentar setelah sup, kemudian Anda bisa makan secukupnya.

8. Alihkan dan Beri Hadiah pada Diri Anda Sebisa Mungkin
Gunakan banyak pengalihan dan berikan hadiah pada diri Anda sendiri ketika Anda sedang menahan amarah dan lapar.

9. Atur Kembali Kadwal Kerja Anda
Negosiasikan jadwal kerja yang lebih baik dengan bos Anda yang bisa mengatur waktu kerja Anda setelah sahur dan pulang ke rumah sebelum berbuka.

10. Berbagi Bersama Teman dan Keluarga untuk Menghilangkan Kebiasaan Buruk Bersama
Bulan puasa akan terasa lebih mudah ketika bersama teman atau keluarga. Suasana penuh dengan mereka yang sedang menjalani hal yang sama dengan Anda akan sangat membantu.

11. Nonton Acara Masak untuk Menghilangkan Berbagai Pemikiran
Mungkin terkesan aneh, tapi dengan menonton acara memasak saat berpuasa bisa membantu. Selain melatih diri untuk menahan nafsu dan lapar, juga membantu Anda untuk lebih menghargai makanan.

12. Ingat untuk Selalu Rendah Hati dan Pengertian
Ketika Anda berpuasa sejak kecil, baik di panas nya terik matahari atau dingin nya ruangan ber-AC akan ada perasaan bahwa berpuasa itu sangat berat, tapi itulah inti dari berpuasa.

Selama 30 hari dalam setahun, Anda merasakan apa yang di rasakan jutaan orang setiap hari. Rasa lapar dan haus adalah pengingat bahwa saat waktu berbuka, Anda masih di berkati dengan cukup makan dan bisa minum. Berkat itulah yang harus Anda ingat dan bersikap sebagai muslim yang rendah hati dan baik.

13. Pelajari cara Membuat Sahur dan Berbuka yang Penuh Gizi
Makanan yang sehat dan bergizi saat sahur, di tambah dengan vitamin. Minum satu liter air atau setidaknya empat gelas. Belajar untuk memasak berbagai makanan berbuka setiap hari. Memang akan terasa berat, tapi setidaknya bisa untuk melewati waktu dengan cepat.

14. Berkaca Pada Tujuan Anda Berpuasa
Selalu renungkan mengapa Anda berpuasa, gunakan itu sebagai motivasi dalam menjalani puasa, mengapa Anda harus belajar mengendalikan tubuh dan emosi. Dengan berpuasa Anda mengingatkan diri bahwa Anda bisa memiliki kendali penuh akan tubuh dan nafsu Anda.

Satu hal yang perlu di ingat adalah untuk tidak melupakan apa yang Anda rasakan saat berpuasa dan jangan lupa untuk mengamalkan nya di luar bulan puasa.
15. Beristirahat di Papan
Tips unik ini terkesan aneh, tapi saat berpuasa coba untuk tidur dengan perut depan menyentuh lantai, selain lebih dingin juga bisa mengurangi bunyi perut.

16. Tuliskan Apa yang Anda Inginkan
Ketika Anda menginginkan sesuatu saat siang hari, tuliskan, dan setelah berbuka Anda akan menyadari kalau Anda tidak terlalu menginginkan nya.

17. Jangan Berhenti Berolahraga, Ganti dengan Olahraga yang Lebih Ringan
Jangan berhenti berolahraga hanya karena sedang berpuasa, doa malam dan taraweh akan membuat Anda tetap aktif. Tapi coba lah dengan berjalan ringan. Biasanya malam hari akan terasa hangat di bulan puasa, jadi bisa di gunakan untuk berjalan - jalan.
Seperti yang kita semua tahu, membutuhkan setidaknya 3 minggu untuk melepas kebiasaan buruk atau membentuk kebiasaan baru. Bulan puasa akan memberikan Anda waktu untuk berpikir dan mengevaluasi gaya hidup Anda, dan merubah nya.

18. Yang Terpenting, adalah Untuk Memiliki Cukup Tidur
Inilah faktor terpenting tidak hanya saat bulan puasa, melainkan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki cukup tidur bisa menjaga tubuh untuk tetap sehat dan fit saat biasa atau menjalankan puasa.

Bagi waktu tersebut menjadi beberapa kali kalau Anda bisa, tidur siang bisa membantu menambahkan kekurangan tidur Anda.


Penulis : Susana Young
Image : www.cetmas.com