.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Cara Mengkritik Cowok Anda Tanpa Menyinggung Perasaannya


Bukan sebuah rahasia kalau pria dan wanita memiliki otak yang berbeda. Sudut pandang dan cara berpikir juga berbeda satu dengan yang lain nya. Perbedaan ini bisa mengakibatkan terjadi nya masalah suatu hari, namun ada beberapa cara untuk mengatasi perbedaan pendapat tersebut.

Anda tahu kalau perdebatan dan pertengkaran perlu untuk segera di atasi dengan cara yang lebih baik membangun. Jika menemukan diri sendiri kesal, marah dan merasa kalau Dia sudah melakukan hal yang salah, mungkin Anda perlu untuk mengatasi hal tersebut dengan cara yang di sebut "kritik yang membangun".

Bukan sebuah permainan atau manipulasi, namun mencoba untuk mengerti mengenai kesembangan dalam hubungan manusia, interaksi dan emosi yang bisa berakibat lebih sedikit pertengkaran dan kesal.
Berikut adalah tujuh cara memberitahu pasangan Anda tanpa menyinggung perasaan nya:

1. Mengevaluasi Diri Sendiri
Bukan bermaksud untuk menyalahkan diri sendiri, namun manusia adalah mahluk yang rumit dan masalah adalah bagian dari setiap orang. Wajar jika ingin membela diri ketika di manfaatkan, tapi penting juga untuk berhenti sejenak dan periksa kembali pikiran, perasaan dan tindakan Anda sebelum menjadi lebih rumit.

Jika Anda merasa marah dan kesal, tanyakan diri Anda kenapa merasakan hal tersebut? Apa ada penyebab atau masalah yang tidak Anda selesaikan sebelumnya? Apakah ada sesuatu yang memicu reaksi ini? Apakah Anda bersikap adil?

Bukan berarti Anda membiarkan begitu saja hanya karena merasa kesal. Mundur sejenak dan liat pada diri sendiri bisa membantu menghilangkan semua masalah dan mencegah pertengkaran sebelum terjadi.

2. Pilih Waktu yang Tepat dalam Mengkritik
Walaupun Anda memberikan kritik yang membangun dengan cara terbaik, namun pemilihan waktu merupakan faktor penting sebelum membicarakan nya. Cari waktu di mana Dia siap untuk mendengarkan dan bukan waktu Anda siap berbicara.

Pastikan bukan saat Dia baru pulang setelah capek kerja seharian dan tidak bisa melakukan pembicaraan serius dengan Anda.

Lagipula Anda ingin Dia untuk serius memperhatikan saat Anda berbicara. Berdiskusi dengan pertanyaan juga bagus di lakukan, karena membuat Anda mau berbicara dan Dia siap, serta menunjukkan bahwa Anda penuh pertimbangan.

3. Jangan Membuat Asumsi
Pikirkan ulang dan coba cari tahu di mana akar masalah nya sebelum memberikan kritik. Membuat asumsi dan kesimpulan sendiri hanya akan menciptakan drama dan suasana yang tidak menyenangkan bagi kedua belah pihak.

Cari tahu dulu cerita dan fakta sebenar nya, jadi apabila Anda memberikan kritik, setidaknya akan lebih solid.

4. Tekankan Bagaimana Perasaan Anda
Kunci nya adalah dengan tidak melakukan nya dengan cara emosional, melainkan tenang dan langsung ke masalah. Orang bereaksi lebih baik terhadap kritik ketika mereka mengetahui akibat dari perbuatan mereka pada orang lain.

Terkadang orang tidak melihat dari sudut pandang orang lain, dan memberitahukan nya akan membantu mereka mengetahui bagaimana semua nya mempengaruhi Anda.

5. Jangan Menjadikannya Pribadi
Manusia cenderung untuk menyalahkan ketika mereka marah dan ini bisa menyebabkan orang lain merasa menjadi korban dan membela diri serta merasa marah. Coba untuk langsung ke masalah daripada langsung menyalahkan.

6. Dengar Apa yang Hendak Dia Katakan
Ini bisa terasa sulit, terutama ketika Anda sedang merasa marah dengan tindakan nya. Seharusnya Dia yang mendengarkan Anda kan? Pastikan Anda tidak membuat semua suasana menjadi Anda melawan Dia. Pastikan bahwa apapun yang hendak di ucapkan, dengarkan, dan pikirkan apabila Anda di posisi nya.

Jika Anda merasa hal yang Dia ucapkan tidak masuk akal atau Dia tidak menunjukkan penyesalan atau kurang mengerti mengapa Anda merasa kesal, katakan pada nya dengan tenang dan cara - cara yang tertulis di sini.

7. Masukan Semua Hal yang Sudah Benar Dilakukan Olehnya
Ingat bahwa Dia adalah pria yang Anda pilih untuk menjadi pasangan Anda dan melakukan banyak hal hebat untuk Anda. Apapun yang Dia lakukan mungkin menganggu Anda, tapi penting untuk di ingat semua kelebihan yang dia punya dan ketika Dia melakukan yang terbaik untuk Anda.
Bukan berarti Anda harus memaafkan semua yang sudah di lakukan, namun gunakan cara ini untuk memperbaiki kritikan dan membuat nya mengerti kalau Anda benar - benar menghargai nya. Pria senang dengan sedikit perhatian!

Merasakan emosi positif dan negatif adalah hal yang baik, namun ketika berada dalam suatu hubungan, emosi ini bisa saling terjalin dengan orang yang menjadi pilihan hidup Anda.

Ketika ada sesuatu yang menganggu Anda maka Anda perlu untuk membicarakan nya dan bukan menyimpan rapat - rapat, yang kemudian menjadi masalah di kemudian hari.

Kritik yang membangun adalah cara supaya Anda dan pasangan Anda melihat dari sudut pandang berbeda dan menyelesaikan berbagai masalah dengan sikap tenang dan dewasa.

Penulis : Susana Young