.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Terima Diri Anda Sendiri Apa Adanya


Seluruh Amerika geger ketika Rachel Dolezal, pemimpin cabang NAACP (organisasi hak-hak orang Afrika Amerika/kulit hitam), ternyata adalah orang kulit putih! Rachel mengubah penampilannya, menggelapkan warna kulitnya, dan mengeriting rambutnya supaya mirip orang kulit hitam. Setelah kontroversi berlangsung beberapa bulan lamanya, akhirnya ia mengaku bahwa ia lahir sebagai kulit putih

Terima Hal-hal yang Tidak Bisa Diubah
Tidak ada gunanya berusaha mengubah ras, seperti Rachel Dolezal. Selain ras, ada hal-hal yang tidak dapat diubah seperti: tinggi badan, jenis kelamin, lahir dalam keluarga seperti apa, kapasitas mental (kepandaian, bakat), lahir di negara mana, dll. Percuma juga ingin membuat manusia hidup selamanya (Singularity Movement), karena penuaan dan kematian tidak bisa diubah. Terima saja.

Terima Hal-hal yang Di Luar Kontrol Anda
Sikap, karakter, tingkah laku Anda ada di bawah kontrol Anda. Tetapi orangtua yang sulit, penyakit yang belum sembuh juga, anak yang berkebutuhan khusus, adik yang tidak hidup sesuai harapan kita, ekonomi yang melambat dll, tidak bisa kita kontrol. Bila kita tidak bisa menerima hal-hal ini, maka kita akan marah, tidak sabar, bahkan frustrasi dan stres.

Penerimaan Adalah Pilihan
Menerima bukan berarti pasif dan merasa terpenjara dengan semua itu. Tetapi melihat dengan jujur/apa adanya dan berusaha melihat dari sisi lain dengan ucapan syukur, sambil mendoakan. Berdamailah dengan ketidaknyamanan. Tidak semua masalah di dunia ini bisa kita selesaikan. Jangan berusaha mengerti dan mengontrol semuanya, karena beberapa hal bukan untuk dimengerti, melainkan diterima. Dunia tetap bisa indah, walaupun tidak sesuai kemauan dan standar kesempurnaan kita (Esther Idayanti)

Tuhan Berikan Aku Ketenangan Untuk Menerima Hal-Hal Yang Tidak Bisa Aku Ubah, Keberanian Untuk Mengubah Hal-hal yang Bisa Aku Ubah, dan Hikmat Untuk Mengetahui Perbedaan Keduanya (Reinhold Niebuhr)

Penulis : Esther Idayanti