.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tanda dan Gelaja Kanker Serviks yang Sering Diabaikan Wanita


Bagi para wanita, kanker serviks bisa sangat mematikan. Meskipun banyak informasi bahwa kanker ini sangat berbahaya, kanker serviks bisa di cegah dan di sembuhkan jika masih berada pada tahap awal.

Kanker serviks umum di sebabkan oleh HPV atau human papillomavirus yang sangat mudah menular. Virus ini adalah virus jenis STI (Menular melalui hubungan seksual) dan datang dengan berbagai jenis namun hanya beberapa yang bisa mengakibatkan kanker serviks.
Infeksi pada HPV bisa hilang dengan sendiri nya atau bisa menyebabkan pertumbuhan yang aneh pada sel sehingga menyebabkan terjadi nya kanker serviks.

Tanda - tanda mengenai kanker serviks mungkin tidak terlalu terlihat seperti kanker payudara, namun selalu ada cara unguk mengamati tanda tersebut. Hubungi ginekolog jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh:

1. Keluar Air Secara Tiba - tiba
Ketika kanker mulai berkembang di dalam tengkuk, sel pada dinding uterus mulai di singkirkan, yang kemudian mengeluarkan air secara tiba - tiba.

2. Kutil
Muncul nya kutil kecil (luar maupun dalam) merupakan bendera merah di mana penyakit sperti HPV, yang bisa meningkatkan kemungkinan terdapat nya kanker serviks pada wanita.

3. Sakit atau Pendarahan
Kanker serviks tumbuh pada dinding tengkuk yang bisa mengering atau menjadi retak, mengakibatkan rasa tidak nyaman dan pendarahan. Bisa juga terdapat pendarah pada kandung kemih atau dubur. Segala jenis pendarahan di luar waktu menstruasi harus segera di selidiki.

4. Kurang Darah
Jika kebiasaan makan Anda tidak berubah dan Anda masih merasa lelah, atau jika jantung Anda berdebar kencang setelah menghabiskan tenaga, Anda bisa saja terkena gejala kurang darah. Kurang darah bisa di sebabkan oleh pendarahan yang tidak biasa, yang biasa nya di sebabkan oleh kanker serviks.

5. Masalah pada Kemih
Ketika tengkuk membengkak, kandung kemih dan ginjal bisa saja mengecil, menghalangi jalur keluar untuk kencing. Akhir nya, Anda tidak bisa mengosongkan kandung kemih, menyebabkan sakit dan infeksi saluran kemih.

6. Sakit Terus Menerus pada Kaki, Pinggang dan Punggung
Tengkuk yang bengkak juga mengecilkan organ dalam. Pembuluh darah juga bisa menjadi kecil, membuat sulit bagi darah untuk mencapai panggul dan kaki, menyebabkan sakit dan bengkak pada kaki dan pergelangan kaki.

7. Berat Badan Turun
Kebanyakan kanker mengurangi atau menghilangkan nafsu makan. Pembengkakan pada tengkuk bisa menekan perut, menjadikan berkurang nya nafsu makan dan berat badan menjadi turun.

Perlu di ingat bahwa tanda - tanda berikut tidak berarti terdapat kanker serviks. Hanya dokter yang bisa melakukan pengecekan. Banyak faktor beresiko yang menumbuhkan HPV, dan bisa terjadi baik pada wanita maupun pria.

Hal yang bisa meningkatkan faktor resiko terjadi nya kanker serviks adalah:
- Merokok atau menghisap asap rokok
- Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan
- Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman
- Memiliki kekebalan tubuh yang tendah

Karena STI merupakan penyebab umum dari kanker serviks, akan bagus apabila mewaspadai kemungkinan tanda dan gejala terjadi nya HPV. Selain itu, pengecekan seperti pap semar bisa membantu mendeteksi kanker serviks lebih dini. Pengecekan tersebut harus di lakukan setidak nya setiap tahun.

Penulis : Susana Young
via : www.familyshare.com