.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Tanda Kanker yang Sering Dibiarkan Banyak Orang



Dunia pengobatan berkembang dengan sangat cepat sekali setiap tahun nya, menemukan obat baru yang bisa mengkontrol berbagai macam penyakit yang dulu sangat menakutkan, dan membunuh banyak manusia. Namun, meskipun kemajuan nya sangat pesat, mencegah adalah kunci untuk menjaga kesehatan Anda dalam melawan penyakit sedini mungkin.

Pengunaan obat bisa jadi salah satu faktor penting. Penyalahgunaan nya juga bisa mengakibatkan tanda - tanda yang berbahaya. Kanker, penyakit yang begitu di takuti banyak orang, memiliki kesempatan lebih besar untuk di sembuhkan jika masih pada tahap awal.

Kanker terlihat tidak lagi menakutkan apabila Anda secara rutin melakukan uji pencegahan.

Anda harus waspada setiap hari, karena gejala yang berbeda bisa saja menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak benar, dan perlu untuk di lakukan pengobatan.

Karena kanker bisa menyerang setiap bagian pada tubuh, maka amat penting untuk memperhatikan tubuh Anda. Berikut adalah 10 tanda - tanda yang memberitahukan kemungkinan kanker pada tubuh Anda.

1. Sering Batuk
Sering batuk bisa jadi pertanda akan alergi, namun ketika batuk tersebut terus muncul, Anda mungkin perlu untuk mencari pendapat dokter spesialis. Bahkan mereka yang tidak merokok bisa terkena kanker tengorokan, pangkal tenggorokan, dan paru paru.

Batuk kebanyakan tidak menandakan kanker, namun batuk yang terus menerus mungkin perlu untuk di periksa karena bisa saja merupakan gejala dari kanker paru - paru.

2. Berat Badan Turun Tanpa Melakukan Diet
Meskipun menurunkan berat badan adalah idaman banyak wanita, namun jika terjadi tanpa diet atau olahraga bisa berarti tanda ada nya penyakit. Berhati - hati juga dengan peningkatan berat badan.

3. Seringnya Sakit pada Sendi
Sakit pada sendi merupakan salah satu gejala kanker tulang, baik sering maupun tidak. Mengalami pusing kepala bukan berarti Anda memiliki tumor otak, namun akan lebih baik untuk selalu waspada. Banyak kanker ovarium terdeteksi setelah merasakan sakit pada perut yang tidak hilang. Dan kanker paru - paru bisa terdeteksi dari sakit pada bagian dada.

4. Merasa Lelah Tanpa Sebab
Merasa terlalu lelah tanpa alasan yang jelas bisa jadi merupakan tanda ada nya kanker darah Leukimia. Waspada dengan perubahan seperti ini pada tubuh bisa membantu menyelamatkan hidup Anda.

5. Sakit Kuning
Ketika terkena penyakit kuning, kulit yang berubah menjadi kuning umum terlihat pada bayi, dan ketika terlihat pada orang dewasa, bisa jadi tanda ada masalah dengan hati, seperti kanker.

6. Titik hitam dan bintik - bintik yang berubah warna dan ukuran
Periksakan apabila Anda memiliki bintik - bintik dan tahi lalat sesering mungkin. Juga, semua titik hitam yang terdapat pada kulit untuk di periksakan. Kanker kulit bisa di deteksi sedini mungkin dari titik - titik tersebut.

7. Sakit Mata yang Tak Kunjung Sembuh
Sakit pada mata, bisa jadi gejala kanker mata, dan terkadang sering tidak terdeteksi karena hanya di anggap terlalu lelah. Jika sakit tak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter secepat nya.
8. Keluar Cairan dengan atau Tanpa Darah
Keluar nya cairan dengan warna dan bau berbeda juga perlu untuk di lakukan pemeriksaan. Pendarahan pada daerah kewanitaan di luar masa period bisa menandakan terdapat nya kanker servik. Periksakan dengan dokter ahli penyakit wanita setidaknya satu tahun sekali.

9. Suara Serak
Suara serak bisa terjadi karena pembengkakan pada pita suara yang bisa di sebabkan oleh hal lain yang lebih serius, dan bisa saja indikasi terdapat kanker.

10. Diare dan Pendarahan
Usus yang sedang sakit bisa menyebabkan perubahan pada saat mengeluarkan kotoran. Waspadai ketika kotoran yang keluar encer dan terdapat bercak darah.

Jangan takut setiap kali Anda melihat ada gejala seperti yang di sebutkan di atas. Ingat bahwa banyak hal tersebut juga merupakan gejala yang umum nya ada pada penyakit lain dan hal yang di temui sehari - hari.

Hanya saja, jika gejala tersebut tak kunjung sembuh atau lebih lama dari biasa nya, adalah langkah pintar untuk mengecek ke dokter. Karena itu bisa menyelamatkan hidup Anda.

Penulis : Susana Young
image : www.rd.com