.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Tanda Anak Mengalami Kegelisahan Bukan Sekedar Malu


Anak yang di anggap sebagai pemalu bisa memiliki masalah berbicara di sekolah, berbicara dengan orang dewasa yang asing bagi mereka, bahkan mencari teman seumuran nya. Kebiasaan ini terdapat pada semua orang yang pemalu.

Namun bagaimana Anda tahu kalau seorang anak ternyata lebih dari sekedar pemalu, dan jika mereka tidak memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain menjadi sangat ekstrim sehingga mempengaruhi kebiasaan hidup mereka sehari - hari?

Kecemasan sosial, merupakan penyakit kejiwaan yang sudah di akui, bisa terlihat seperti kondisi seorang pemalu, dan bisa sulit di bedakan apakah seorang anak lebih dari sekedar pemalu dan membutuhkan pertolongan dari para profesional dalam masalah kesehatan jiwa.

Sepuluh tanda pada anak bahwa mereka bisa saja memiliki kegelisahan di bandingkan sekedar pemalu, tidak hanya melibatkan gejala namun juga intensitas dan kecenderungan untuk menganggu fungsi normal seorang anak.
1. Takut Akan Malu
Seseorang dengan kecemasan sosial memiliki ketakutan ketika mereka di hadapi dengan situasi di muka umu. Mereka takut kalau orang lain akan melihat dengan pandangan kritis dan mempermalukan mereka di depan orang lain. Berada di depan umum seperti merasakan sedang menjadi pajangan atau pertunjukkan.

2. Intensitas Rasa Takut
Rasa takut saat berada di depan umum bisa menghantam cukup keras pada orang yang sering gelisah, mereka bisa mengalami pengalaman pada gejala fisik seperti jantung berdetak kencang, bibir kering, tangan berkeringat, dan gugup saat berbicara.

Pikiran dan tubuh menjadi seperti terikat saat berhubungan dengan rasa gelisah.

3. Tiba - Tiba Gelisah atau Menjadi Panik
Perasaan takut dari mereka yang gelisah mengenai keadaan di muka umum bisa berkembang hingga mereka akan mengalami serangan kegelisahan atau panik yang tiba - tiba. Serangan seperti ini bisa sangat menakutkan. Karena bisa berkembang menjadi gejala fisik berbahaya seperti jantung berdebar, sakit pada dada, sulit bernafas, dan mual.

Banyak orang mengalami serangan panik merasa seperti sedang mengalami sakit jantung.

4. Memahami Bahwa Ketakutan Mereka Tidak Berdasar
Seorang anak dengan kegelisahan bisa mengerti dengan penuh terhadap perasaan takut mereka untuk pergi bersosialisasi seperti pesta ulang tahun adalah hal yang tidak logis, namun mereka tidak mampu untuk mengontrol perasaan tersebut.

5. Menghindari Situasi Penyebab Rasa Takut
Anak - anak dengan kecemasan sosial yang parah cenderung untuk menghindari situasi di mana mereka harus menghadapi rasa takut mereka. Sekolah biasa nya menjadi tempat di mana rasa takut terjadi pada anak yang gelisah, karena tempat tersebut meminta anak untuk tampil dan berbicara dengan orang lain yang bisa membuat mereka merasa tertekan.

6. Gangguan pada Kehidupan Normal
Bagi anak - anak, pergi ke sekolah adalah satu bagian dalam hidup mereka. Jika rasa gelisah yang berlebihan membuat mereka tidak lagi mau pergi ke sekolah, anak tersebut tidak akan bisa belajar atau bersosialisasi dengan orang lain, di mana kedua hal tersebut merupakan hal penting dalam menjalani kehidupan normal.

7. Tidak Mengikuti Kegiatan Sosial
Selain tidak bersekolah, menghindari kegiatan lain nya seperti pesta, kencan, atau kegiatan ekstra seperti klub atau olahraga bisa membuat anak tersebut merasa kesepian dan frustasi karena tidak mampu berhubungan dengan orang lain.

8. Enam bulan atau Lebih Gejala Berlangsung
Untuk melakukan diagnosa terhadap kecemasan sosial, gejala nya harus ada dan mempengaruhi kehidupan anak selama enam bulan atau lebih. Waktu ini akan menunjukan bahwa rasa gelisah lebih ke arah bagaimana mereka terbentuk daripada mengenai bagaimana menghindari situasi yang tidak nyaman.

Kegelisahan bisa lebih dari sekedar gigih dan meliputi daripada sekedar rasa tidak aman dan pemalu.

9. Tidak Ada Alasan Medis Mengenai Rasa Takut dan Menghindari
Dokter bisa memberitahukan mengenai dampak pengunaan obat-obatan yang di pakai oleh anak, atau berbagai kondisi yang bisa terjadi, pada kelakuan anak tersebut.
10. Perasaan Anda Mengatakan Kalau Tidak Hanya Sekedar Rasa malu
Mereka yang lebih dekat dengan anak dengan kegelisahan biasa nya lebih mengetahui kondisi anak, dan insting mereka akan memberi tahu mereka sebelum gejala nya menjadi parah dan melemahkan, bahwa anak tersebut memiliki kondisi yang lebih parah dan dan merembet di bandingkan hanya sekedar rasa malu.

Percayai perasaan Anda. Jika anak Anda seperti terhalang untuk bisa berkomunikasi dengan seluruh dunia, segera periksakan pada dokter Anda.

Penulis : Susana Young
Image : www.parentingwithamy.com