.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Nasehat Biar Anda Tidak Cepat Menilai Seseorang


Ketika Anda cepat menilai seseorang dan semua hal, Anda tidak mempelajari apapun. Kata - kata ini memiliki arti yang begitu dalam, ketika Anda menilai seseorang dengan cepat, Anda tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari bagaimana orang itu sebenarnya.

Bahaya yang di hadapi ketika Anda menilai seseorang dengan cepat sangat berbahaya bagi sekitar dan diri sendiri. Anda menjadi orang yang sombong, egois, merasa lebih baik dan benar, dan menolak orang lain.

Waspadalah ketika bertemu dengan teman lama Anda, karena bisa saja pada saat itu Anda akan langsung menilai nya. Bagus kalau penilaian tersebut baik, namun biasa nya Anda akan menilai penampilan nya, kondisi nya, bukan nya mencari tahu mengapa Dia seperti itu, Anda langsung berasumsi bahwa Dia memang seperti yang Anda bayangkan.

Anda akan memarahi nya, menghina nya, semua hanya karena asumsi belaka, dan persahabatan Anda menjadi hancur begitu saja.

Bagaimana cara mengetahui apabila Anda ternyata suka menilai orang lain?

Anda harus menyadari apabila Anda sedang berada dalam kondisi ini. Memang sulit, namun seiring waktu Anda akan bisa mengenali apakah Anda memang cepat menilai orang lain atau tidak. Ada 2 tanda yang bisa di perhatikan apakah Anda gampang menilai orang lain atau tidak :

1. Anda merasa kesal, terganggu, marah atau menganggap remeh pada seseorang
2. Anda sering mengeluh atau bergosip mengenai seseorang

Ketika Anda mendapati kalau ternyata Anda memang mudah menilai seseorang, jangan panik dan tarik nafas dalam - dalam. Jangan mencaci maki diri Anda sendiri, namun coba tanyakan pada diri Anda sendiri :

- Kenapa Anda menilai orang ini?
- Apa yang Anda harapkan dari orang ini?
- Bagaimana ketika Anda berada di posisi nya?
- Apa yang sedang di hadapi orang ini?
- Apa cerita sebenarnya dari orang ini?
- Apa yang membuat nya pantas di puji?

Ketika Anda mendapatkan semua jawaban di atas, tawarkan bantuan padanya. Mungkin Dia hanya ingin seseorang mendengarkan nya, tidak menilai mereka, tidak mengontrol mereka, seseorang yang tidak memiliki niat lain selain membantu mereka.
10 Nasihat yang bisa membantu Anda untuk tidak menilai orang lain dengan cepat

Anda bisa saja sudah memahami apa yang di baca sebelumnya, namun bisa saja suatu saat Anda akan terbawa perasaan dan masih menilai orang lain. Untuk itu selalu mengingat 10 nasihat ini dalam hati Anda. Jadi ketika Anda sedang berada pada situasi tersebut, ingatkan 10 nasihat tersebut sebelum semua nya terlanjur basah.

1. Lihat diri Anda sendiri terlebih dahulu. Ketika dua orang bertemu, mereka yang lebih tahu mengenai dirinya sendiri akan lebih tenang, penuh percaya diri, dan gampang bergaul dengan orang lain.

2. Jangan malas dan cepat menilai seseorang. Bersikap baik. Bertanya mengenai hal yang sebenarnya. Dengarkan. Merendah. Pelajari. Jadi lah tetangga yang baik.

3. Ada cerita pada setiap kejadian. Ada alasan mengapa mereka menjadi seperti ini. Pikirkan tentang itu, dan hormati mereka apa ada nya.

4. Cara Anda memperlakukan orang lain yang tidak sependapat adalah kartu laporan Anda mengenai apa yang sudah di pelajari mengenai cinta, belas kasih, dan kebaikan.

5. Lakukan yang terbaik dalam menjaga cinta dalam hati Anda. Semakin Anda sering melihat kebaikan pada orang lain, semakin banyak kebaikan yang bisa di temukan pada diri Anda sendiri.

6. Selalu ada saat di butuhkan. Selalu berbuat baik. Memuji kekuatan, bukan kelemahan mereka. Inilah cara untuk membuat perbedaan.

7. Semua orang memiliki jalan sendiri dalam mencari kebahagiaan. Hanya karena orang tersebut tidak berada di jalan yang sama dengan Anda, bukan berarti mereka sedang tersesat.

8. Anda boleh marah. Tapi jangan menjadi kejam. Ketika Anda sedang tidak sependapat dengan orang lain, jangan membawa masa lalu ke dalam nya.

9. Ingatan yang paling membekas pada diri Anda adalah ketika seseorang mencintai Anda apa ada nya. Ingat hal ini, dan balas budi ketika Anda bisa.
10. Apapun yang terjadi, tetaplah memperlakukan orang di sekitar Anda dengan baik. Dengan bersikap baik pada orang lain adalah cara damai untuk hidup dan meninggalkan kebaikan bagi orang lain.

Lalu bagaimana dengan Anda? Bagaimana sikap cepat menilai mempengaruhi Anda dan hubungan sekitar?

image : thespiritscience.net


Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html