.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Cara Merawat Rambut Berminyak


Rambut berminyak terkadang agak sedikit sulit untuk di atasi dan terkadang berbagai hal yang Anda lakukan untuk memperbaikinya malah membuat nya menjadi semakin parah.

Kulit kepala yang berminyak bisa di akibat oleh banyak hal. Bisa saja ketidakseimbangan hormon sementara, bisa muncul saat kehamilan, atau mungkin sudah keturunan genetik. Satu hal yang pasti, bagaimana cara Anda memperlakukan rambut Anda bisa saja memperbesar masalah yang sudah Ada.

Jika Anda menghilangkan semua minyal dari rambut Anda, maka produksi sebum Anda akan bertambah cepat dan memperbaikinya.

Jika rambut berminyak merupakan masalah bagi Anda, berikut adalah sepuluh tips bagaimana memperbaiki nya:

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut Anda
Tip pertama dalam mengatasi rambut berminyak adalah dengan menghindari terlalu sering mencuci rambut Anda.
Percaya atau tidak, Anda bisa saja mencuci rambut terlalu banyak. Anda mungkin merasakan perlu nya untuk mengunakan sampo pada rambut Anda setiap hari, tapi yang Anda lakukan hanya lah menciptakan lingkaran setan, karena semakin sering Anda mencuci nya, semakin banyak minyak akan di produksi oleh tubuh.

Coba untuk lepas dari lingkaran tersebut dan hanya mencuci rambut setiap dua atau tiga hari sekali. Mungkin akan terasa tidak nyaman saat pertama kali, tapi rambut Anda akan menyesuaikan dengan keadaan baru nya.

2. Cuci Rambut Anda Secara Menyeluruh
Tip bagus lain nya adalah ketika Anda mencuci rambut Anda, pastikan untuk mencuci nya secara menyeluruh. Dan jangan lupa untuk membersihkan ya secara menyeluruh pula. Membersihkan dengan air selama setidaknya 30 menit dan memastikan semua busa sampo tidak ada pada rambut Anda.

Terkadang rambut berminyak di sebabkan oleh sampo atau conditioner yang tertinggal di rambut Anda.

3. Basuh dengan Air Dingin
Air panas atau hangat memicu kelenjar yang menghasilkan minyak pada rambut Anda. Basuh rambut Anda terakhir kali dengan air dingin, dan itu akan membantu memperlambat produksi pada sebum, dan menutup kantung pada rambut.

4. Jauhkan Tangan dari Rambut Anda
Hindari godaan untuk bermain dengan rambut Anda. Karena minyak yang terdapat pada tangan Anda akan berpindah ke rambut Anda. Selain itu, sikat rambut hanya ketika Anda merasa membutuhkan nya, karena menyikat rambut bisa memacu produksi sebum pada kulit rambut Anda.

5. Jangan Gunakan Conditioner pada Akar Rambut Anda
Jangan mengunakan conditioner pada akar rambut Anda. Biasa nya akar rambut Anda tidak memerlukan conditioning dan conditioner hanya akan membuat rambut Anda terlihat berminyak. Pakai conditioner mulai dari ujung rambut hingga 3/4 sebelum mencapai akar rambut, dan Anda bisa mencuci nya lebih lama.

6. Gunakan Sampo Pembersih
Seiring dengan waktu, produk rambut bisa menumpuk pada rambut Anda, yang akan membuat nya terlihat berat dan kurang bersinar. Gunakan sampo pembersih, setidak nya dua kali sebulan, dan ini akan membantu menghilangkan sisa produk dari rambut Anda.

7. Gunakan Sampo Pelembab yang Ringan
Mungkin kedengaran nya aneh, memberikan saran untuk mengunakan sampo pelembab untuk rambut yang sudah berminyak, tapi kunci untuk menyembuhkan rambut berminyak adalah dengan menyeimbangkan produksi sebum pada kulit kepala.

Mengunakan sampo pelembab yang ringan akan membantu membersihkan rambut Anda lebih efisien, tapi tidak membuat produksi sebum menjadi bertambah lebih banyak.
8. Cari Produk yang Menambah Ketebalan, bukan Cahaya
Ketika Anda membeli produk untuk rambut, cari yang memberikan ketebalan pada rambut Anda karena produk seperti ini cenderung mengunakan lebih sedikit pelembab dan minyak.

Jauhi produk yang menjanjikan rambut bercahaya, karena mereka cenderung mengunakan minyak, untuk menciptakan cahaya tersebut.

9. Bergelombang dan Tidak Diluruskan
Meluruskan rambut Anda dengan perata rambut hanya akan membuat rambut Anda menjadi terlihat lebih berminyak. Jadi biarkan gelombang rambut alami Anda bersinar.

Rambut lurus hanya membuat lebih mudah bersinar, karena akan membuat minyak lebih mudah untuk jatuh ke bawah dari rambut Anda.
10. Gunakan sampo Kering dalam Keadaan Darurat
Dalam keadaan darurat, sampo kering bisa menjadi teman terbaik para wanita. Ada beberapa produk bagus di luar sana dan mereka bisa membantu mengeringkan minyak dan menyerap semua bau. Juga ada tambahan bonus seperti membuat rambut terlihat tebal.

Kehabisan sampo? Coba gunakan tanaman cornflower, mereka memberikan efek yang sama.

Penulis : Susana Young
Image : www.bestshampoofor.com