.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Saling Melengkapi, Bukan Saling Bersaing


Pernahkah Anda berpikir mengapa Anda bisa jatuh cinta dengan pasangan Anda melihat beberapa sifatnya yang cukup mengganggu?  Lucunya, hal-hal yang bikin Anda jengkel saat ini adalah hal-hal yang membuat Anda jatuh cinta saat pacaran dulu.

Menurut J. Abrahms Spring PhD, kita cenderung jatuh cinta pada orang yang memiliki sifat-sifat yang tidak kita miliki. Bila kita seorang pendiam, kita mengagumi seseorang yang pandai bicara. Bila kita seorang yang sangat disiplin, kita mengaggumi seseorang yang bisa hidup santai dan penuh canda. Tetapi sejalan dengan tahun-tahun pernikahan, apa yang kita lihat sebagai kekuatan, kini nampak sebagai kelemahan pasangan yang membuat kita terganggu. Contohnya, dahulu kita mengagguminya karena pandai bicara, sekarang kita merasa ia terlalu banyak bicara.  Dahulu kita kagumi orang yang disiplin mengejar target, kini kita merasa ia terlalu kaku dan tidak bisa diajak bersantai.

Kekuatan adalah Kelemahan
Tidak sulit mengetahui kekuatan kita, yaitu hal-hal yang menjadi kelemahan kita juga. Dalam setiap karakteristik selalu terkandung hal positif (kekuatan) dan negatif (kelemahan). Orang yang tenang, pendiam, pemikir (kekuatan) juga seseorang yang tanpa ekspresi, tidak komunikatif, dan dingin (kelemahan). Orang yang kreatif, spontan, fleksibel (kekuatan), ia juga tidak konsisten, kurang disiplin, memikirkan diri sendiri (kelemahan).  Menerima seseorang harus realistis, menerima kekuatan beserta kelemahannya.
Saling Melengkapi
Kita hidup di dunia yang tidak sempurna, kita sendiri tidak sempurna, dan menikah dengan orang yang tidak sempurna. Pernikahan adalah tempat pelatihan terbaik untuk membentuk karakter kita. Dan pasangan Anda adalah orang yang paling tepat untuk mengasah Anda.  Bila Anda mau bekerja sama, pernikahan akan memunculkan yang terbaik dari Anda. (Esther Idayanti)

Saling Melengkapi, Bukan Saling Bersaing. Saling Mendukung dan Bertumbuh Bersama

Penulis : Esther Idayanti
Image : hdwallpapersrocks.com