.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Penyebab Kanker Paru-paru Selain dari Merokok


Makin banyak orang mendapati terkena kanker paru - paru di bandingkan kanker lain nya di seluruh dunia. Kanker ini merupakan penyebab umum kematian di bandingkan yang lain nya, menurut World Health Organization (WHO).

Tidak heran, perkiraan sekitar 85 - 90 persen mereka yang mati karena kanker paru - paru di Amerika Serikat adalah para perokok. Menurut Harvard Family Health Guid, 15.000 orang yang bukan perokok mati setiap tahun nya akibat kanker paru - paru, yang menandakan bahwa faktor berbahaya lain nya perlu untuk di tanggulangi untuk melawan penyebaran kanker ini.

Merokok biasa nya penyebab utama terjadi nya kanker paru - paru. Namun banyak juga yang tidak merokok namu terkena kanker tersebut. Penelitian mengenali banyak faktor lingkungan dan kimia setiap hari yang meningkatkan resiko terkena kanker paru - paru bagi mereka yang bukan perokok.

1. Gas Radon
Gas radon di anggap sebagai penyebab utama kanker paru - para pada bukan perokok. Menurut WHO, di perkirakan sekitar 3 dan 14 persen dari seluruh penderita kanker paru - paru, tergantung pada tingkat rata - rata radon pada negara tersebut.

Apa itu Gas radon? gas radon adalah gas radioaktif yang terbentuk secara alami ketika uranium dan elemen radioaktif lain nya rusak. Tidak terlihat, tidak terasa, tidak berbau, membuat nya mudah untuk tidak terdeteksi. Di temukan pada batu, tanah, dan terkadang air. Beberapa rumah di buat dengan tanah yang terdapat uranium alami dan menjadi terjangkit radon.
2. Asap Rokok
Rokok tembakau memiliki lebih dari 7.000 bahan kimia yang beberapa ratus nya mengandung racun dan sekitar 70 merupakan penyebab kanker. Asap rokok telah membunuh lebih dari 600.000 orang di seluruh dunia setiap tahun nya. Meskipun zona bebas rokok menjadi semakin banyak, hanya 18 persen orang di dunia di lindungi oleh undang - undang zona anti rokok

Ketika seorang wanita bukan perokok tinggal dengan seorang perokok, Dia akan memiliki 24 persen kenaikan resiko terjadi nya kanker paru - paru dan bagi pria akan meningkat menjadi sekitar 37 persen.

Semua orang berhak untuk mendapatkan akses pada udara yang bebas dari asap rokok. Memiliki undang - undang yang melarang merokok pada tempat umum telah membantu mengurangi kangker paru - paru pada bukan perokok dan anak - anak, namun tindakan lebih lanjut amat di perlukan.

3. Asbestos
Sebuah penelitian di Universitas Turin, Itali menemukan bahwa asbestos menjadi penyebab 107.000 kematian akibat kanker paru - paru di tahun 2004, dan 1.523.000 orang menjadi cacat. Sedih nya 125 juta orang di dunia ini pernah terkena asbestos di tempat kerja mereka.

Kanker paru - paru yang di sebabkan oleh asbestos biasa nya membutuhkan 15 dan 35 tahun untuk berkembang. Ketika Anda menambahkan asap rokok, resiko kemungkinan terjadi nya kanker paru - paru oleh asbestos menjadi 50 hingga 84 kali lipat.

Asbestos adalah bahan tambang alami yang banyak di gunakan di Amerika Utara sejak tahun 1800 an sebagai bahan perantara dan penghambat. Ketikaserat pada asbestos tergangu, mereka melepaskan fibor mikro ke udara dan ketika di hirup, akan mengendap di paru - paru.

Fakta unik : Pekerjaan yang kemungkinan terkena kanker paru - paru akibat asbestos adalah pekerjaan yang di dominasi oleh pria seperti mekanik mobil, pekerja bangunan, pemasang penghambat pada atap, pemasang ubin, tukang pipa, pekerja pabrik kertas, pekerja tekstil, pembuat lembaran logam.

4. Polusi Udara
Polusi udara menjadi penyebab kematian 233.000 orang akibat kanker paru - paru pada tahun 2010 di seluruh dunia. Sudah mulai ada kewaspadaan mengenai polusi udara yang di sebabkan oleh kendaraan, pabrik dan pembangkit listrik, terutama di daerah yang padat penduduk.
Memanaskan ruangan pada rumah dengan membakar bensin, kayu dan batu bara bisa menulari udara pada seluruh rumah. Asap dan abu membuat sulit bernafas dan bisa menempel pada dinding, makanan dan baju.

5. Faktor Genetik dan Keturunan Kanker Paru - paru
Kanker paru - paru biasa nya mudah terjadi pada perokok dan bukan perokok yang pernah memiliki hubungan keluarga dengan mereka yang penyakit kanker paru -paru. Penelitian telah mengenali sebuah gen bermain penting pada pertumbuhan dan penyebaran tumor kanker paru - paru.

Seperti biasa, makan makanan sehat dengan banyak buah - buahan, sayuran dan gandum penuh merupakan hal yang baik dan mampu mengurangi resiko terjadi nya segala jenis kanker.

Penulis : Fung