.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pentingnya Etika Dalam Memimpin


Kualitas apa yang harus ada dalam seorang pemimpin? Sunnie Giles mengadakan penelitian pada 195 pemimpin dari 15 negara, dan menulis hasil risetnya di Harvard Business Review. Kualitas yang menduduki posisi teratas adalah “memiliki standar etika dan moral yang tinggi” (67%). Kualitas ini dianggap yang terpenting karena mewakili lingkungan kerja yang aman dan dapat dipercaya. Pemimpin yang memiliki kualitas ini menyatakan komitmennya untuk “fairness” dan memastikan bahwa ia dan anak buahnya akan menghormati peraturan yang berlaku.

Tetapi kenyataannya, dalam dunia bisnis tidak semua pemimpin mau memegang standar etika yang tinggi. Mereka melakukan apa yang paling mudah untuk menang. Mereka anggap etika membatasi kesempatan mereka untuk sukses dalam bisnis. Kemudian mereka merasionalisasinya dengan pemikiran, “Semua orang juga melakukannya” (relativisme) atau “Tidak ada hukum yang melarang hal ini.”

Bila Anda bingung tentang etika, tanyakan pertanyaan ini “Bagaimana saya ingin diperlakukan dalam situasi seperti ini?” Ini adalah inti dari GOLDEN RULE, yang ternyata ada dalam hampir setiap agama dan filosofi. Kristen: apa yang kamu ingin orang lakukan terhadapmu, lakukan seperti itu pada mereka. Budha: jangan menyakiti orang lain dengan hal-hal yang menyakiti dirimu sendiri.
Hindu: jangan lakukan pada orang lain apa yang kamu tidak mau orang lain lakukan padamu. Pada dasarnya semua manusia ingin diperlakukan dengan GOLDEN RULE ini, dan bila para pemimpin serta perusahaan mempraktekkannya, niscaya Anda akan mempertahankan orang-orang yang terbaik untuk bekerja di situ, mengurangi konflik yang tidak perlu, dan memberi pertumbuhan yang tinggi. “Following GOLDEN RULE is a win-win,” kata Jim Blanchard, CEO Synovus yang sejak berdiri menempati daftar teratas Fortune 100 perusahaan terbaik untuk bekerja di USA
Golden Rule: Perlakukan Orang Lain Seperti Anda Ingin Diperlakukan

Penulis : Esther Idayanti
Image : www.intelligenthq.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html