.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Merdeka dari Masa Lalu


Billy adalah korban “brokenhome”.  Ayahnya tergoda wanita lain dan meninggalkan ibunya. Selama berminggu-minggu ibunya menangis, bahkan bertahun-tahun kemudian depresi sang ibu tidak sembuh juga. Billy terpaksa menjadi  tulang punggung keluarga. Kebencian Billy terhadap ayahnya diwujudkan dengan janjinya bahwa ia tidak akan menjadi seperti ayahnya. Tiba waktunya Billy berkeluarga dan menikah. Pada awalnya rumah tangga mereka berjalan baik, hingga suatu hari Billy ketahuan berselingkuh! Lho, bukanya ia berjanji mati-matian untuk tidak mengulangi kesalahan ayahnya?  Ternyata secara tidak sadar, ia terluka melihat ibunya yang hancur, lalu timbul ketakutan dalam hatinya bila ia mencintai isterinya terlalu besar, jangan-jangan ia akan menjadi seperti ibunya. Jadi, sebelum ia disakiti, ia melepaskan diri dari isterinya dengan berselingkuh.  Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi. Billy (dan kita semua) bisa bebas dari masa lalu, caranya:

Mengakui
Anda punya masalah. Hal yang sederhana, tetapi banyak orang tidak sadar atau berpura-pura semuanya beres. Kalau tidak diakui, bagaimana bisa dibereskan?

Mengampuni
Kepahitan dan kebencian memiliki cara yang unik untuk muncul dalam kehidupan kita dengan berbagai masalah. Ampuni dan balas dengan mengasihi.

Belajar
Belajar dari orang lain, cari mentor yang bisa membantu Anda hidup dalam perspektif yang baru. Belajar bagaimana ia membangun hubungan dan kehidupannya. Baca buku-buku yang bisa membantu Anda. Bila perlu cari bantuan pakar/terapi.

Ambil Tanggung Jawab
Jangan mempersalahkan orang lain atau masa lalu. Kita bertanggung jawab atas semua keputusan dan tindakan kita.
Yang terpenting juga, serahkan kepedihan Anda dalam doa pada Tuhan, dan serahkan masa lalu Anda untuk diolah bagi kebaikan Anda dan kemuliaan-Nya 

Memang Masa Lalu Bisa Menyakitkan Tetapi Kamu Bisa Lari Darinya atau Belajar Darinya
(The Lion King) 

Penulis : Esther Idayanti
Image : www.fotoblur.com



Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html