.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Tips Mengatasi Depresi pada Pasangan Anda


Banyak sekali orang yang mengalami depresi, mereka merasa kesepian, tidak kompeten dan sering sekali salah paham. Ketika seseorang mengalami depresi menjauhi orang yang mereka cintai tanpa memberitahu alasan nya, biasa nya akan menciptakan berbagai pertanyaan.

Orang yang di cintai tentu akan merasa bingung kenapa terdapat jarak, atau juga marah. Mereka akan bertanya kesalahan apa yang sudah mereka lakukan, atau mereka merasa frustasi ketika pasangan nya menjauhi mereka.

Selain dari rasa malu, sedih, dan tidak berharga, depresi juga bisa terbawa ke dalam kondisi fisik, mulai dari nafsu seksual, tidur, nafsu makan, tidak ada tenaga, dan sakit seperti pusing kepala, sakit perut, dan punggung atau leher.

Mungkin Anda bersimpati kepada mereka yang mengalami nya, tapi bagaimana kalau hal tersebut terjadi pada pasangan Anda?

Dengan berkomitmen dalam melakukan hal yang berguna bagi Anda berdua, mengerti dan mendukung nya bisa membantu pasangan Anda mengatasi depresi, berikut adalah 5 tips yang di harapkan bisa membantu Anda mendukung nya.
1. Buat Komunikasi Sebagai Prioritas Utama Anda
Bicarakan dengan pasangan Anda mengenai apa yang terjadi hari ini, tidak masalah berupa keluhan seperti macet, atau tagihan listrik. Dengan pasangan Anda memberitahukan apa saja yang membuat nya tidak nyaman, Anda bisa mengerti apa yang sedang terjadi dengan nya.

2. Gunakan Isyarat kode
Jika pasangan Anda merasa sulit untuk mengatakan bahwa Dia sedang masalah atau depresi, coba gunakan kode isyarat yang bisa di mengerti Anda berdua.

Jika nanti pasangan Anda merasa sedih, tanyakan dengan kode isyarat yang mudah bagi nya untuk menunjukkan kalau Dia sedang depresi dan bingung.

3. Tidak Perlu Mencoba untuk Menyelesaikan Masalahnya
Anda mungkin ingin membantu pasangan Anda menyelesaikan masalah nya, atau memberikan nasihat. Namun mereka yang mengalami depresi biasa nya sudah tahu apa yang harus mereka lakukan untuk merasa lebih baik, mereka hanya tidak punya tenaga untuk melakukan nya sekarang.

Jauh lebih baik jika Anda bersama nya, memegang tangan nya, menatap mata nya, dan mendengarkan keluhan nya di bandingkan memberikan saran mengenai apa yang harus mereka lakukan.

4. Buat Dirinya Merasa Nyaman
Menyiapkan air hangat unutk mandi, membuat makanan atau secangkir teh, atau mengusap punggung nya bisa amat membantu mereka yang mengalami depresi.

Karena depresi cenderung membuat orang merasa tidak berharga atau menarik, kata - kata yang mendukung mereka juga penting. Temukan cara lain untuk bisa lebih intim ketika pasangan Anda merasa tidak nyaman, bersikap sensitif dan hilangkan tekanan yang ada pada pasangan Anda.
5. Ingatkan dan Beri Semangat
Mereka yang mengalami depresi percaya kalau yang mereka rasakan adalah hal yang merupakan diri mereka sendiri, yang kemudian bisa menjadi perasaan yang membenci diri sendiri.

Mereka bisa merasa malu atau bersalah karena tidak bisa mengendalikan emosi mereka.

Ingatkan kalau Dia bahwa depresi yang di hadapi bukan lah diri nya, bahwa diri nya dan yang Dia rasakan berbeda. Beritahu kalau depresi adalah penyakit, dan seperti penyakit lain nya, mereka yang sakit tidak bisa di salahkan.
Beri semangat pada nya dengan memberitahukan apa kelebihan dan kesuksesan mereka sebelum nya, sampai Dia merasa jauh lebih baik dan mau untuk berjuang kembali menjadi seperti yang dulu.

Inti nya, meskipun Anda tidak bisa menghilangkan rasa depresi dari orang yang Anda cintai, Anda bisa membantu dengan memberikan dukungan yang kuat terhadap kesehatan mental dan rasa percaya diri nya.

Dengan bersabar, mau mengerti, dan terbuka terhadap pembicaraan, berikan pasangan Anda ruangan bagi mereka untuk bisa sembuh dan merasa aman untuk mengeluarkan apa yang mereka rasakan.

Penulis : Susana Young
Image : www.respshop.com