.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Tips bagi Ayah yang Baru Memiliki Bayi


Banyak sekali buku mengenai mengasuh anak yang memberikan berbagai metode teruji seperti memberi makan, menganti popok, dan merawat bayi baru Anda. Namun semua nya tidak akan ada pada buku yang baru saja Anda beli, padahal beberapa tips dan trik sederhana yang tidak ada pada buku itu yang bisa membuat Anda tetap waras.

Berikut adalah beberapa tips yang di dapat dari para ayah saat mengurus bayi pertama mereka.

1. Balik Kaos Kaki Anak Anda
Terkadang bayi akan terus menangis tanpa sebab, dan Anda akan merasa bingung. Dia sudah minum susu, popok nya sudah di ganti, Dia tidak ingin tidur siang, lalu mengapa dia masih menangis?

Cek kaos kaki nya, terkadang Anda akan menemukan kalau terdapat benang pada kaos kaki yang melingkari jari kaki nya, dan ini membuat nya merasa tidak nyaman hingga sakit.

Untuk itu selalu balik kaos kaki bayi Anda, supaya tidak ada benang yang tersangkut pada kaki - kaki mungil nya.

2. Beli Matras yang Murah
Anda bisa menghabiskan 300rb lebih untuk matras bayi, atau beli matras yoga yang di potong kotak dengan harga 100rb an.

Banyak sekali barang bermerek untuk bayi yang terlalu mahal. Jika Anda berfokus pada fungsi, maka akan lebih mudah untuk berkreasi dan menghemat pengeluaran.

3. Gunakan Gigi Anda
Bayi yang baru lahir bisa memiliki kuku, yang cenderung tumbuh dengan cepat. Dan ini bisa menjadi masalah karena bayi bisa saja mengores atau mengaruk wajah nya jika kuku tersebut tidak di potong.

Jangan gunakan gunting kuku, coba gunakan gigi Anda.

Kuku pada bayi sangat empuk dan mudah untuk di gigit, jadi ketika bayi Anda tidak bisa diam, Anda tidak akan mendapati resiko melukai jari kecil nya dengan pengunting kuku.

4. Ganti Kancing dengan Resleting
Kancing pada baju terlihat tidak cocok bagi bayi yang aktif, namun 90 persen baju untuk bayi lebih banyak memakai kancing.

Tentu saja kancing di gunakan untuk menghindari kemungkinan kulit bayi tersangkut pada resleting, hanya saja kalau Anda berhati - hati, kecelakaan tersebut bisa di hindari.

Setelah 12 jam menjadi orang tua, Anda pasti akan lebih memilih baju dengan resleting di bandingkan dengan kancing. Jadi jangan lupa untuk memberitahu teman dan keluarga kalau Anda menginginkan baju yang memiliki resleting untuk bayi Anda.
5. Persiapkan Popok Penganti
Banyak sekali ayah yang menganti popok bayi mereka sebelum mempersiapakan penganti nya.

Persiapkan terlebih dahulu penganti popok nya, karena udara dingin bisa memacu keinginan bayi untuk kencing, jadi persiapkan di bawah pantat bayi sehingga Anda bisa langsung menganti nya saat mencopot popok yang lama.

Penulis : Susana
image : www.first1000days.ie