.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Menu Makan untuk Pengobatan Kanker Payudara


Kanker payudara merupakan kanker ganas yang berasal dari sel payudara. Bengkak kecil pada payudara yang muncul saat pengecekan penyaringan mammogram merupakan salah satu tanda pertama terdapat kanker payudara. Kanker yang berasal dari lapisan dalam saluran susu atau lobules yang menyediakan susu bagi saluran susu, menjangkiti setidak nya satu dari delapan wanita di seluruh dunia.

Kanker payudara umum nya terjadi pada wanita, dan beberapa kasus langka juga terjadi pada pria, adalah penyakit yang bisa di sembuhkan jika terdeteksi pada tahap awal. Pengobatan pada kanker payudara biasa nya melibatkan berbagai kombinasi seperti kemoterapi, radio terapi, dan operasi.

Pasien kanker juga harus menjaga menu makan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan dari kanker jenis ini, dan mengurangi kemungkinan terjadi nya. Beberapa makanan bergizi bagi pasien penderita kanker payudara adalah sebagai berikut.
Kedelai
Bagi para wanita yang terkena kanker payudara harus banyak makan makanan berbasis kedelai. Penelitian medis menunjukkan ketika memakan makanan berbasis kedelai tidak hanya bisa mengurangi resiko kematian akibat kanker payudara pada pasien, namun juga mengurangi penyakit tersebut untuk kambuh kembali.

Produk makanan berbasis kedelai seperti tahu, tepung kedelai dan susu kedelai mengandung isoflavone penting bernama genistein.

Mengkonsumsi makanan penuh genistein seperti kedelai, dan menjalani pengobatan kanker payudara seperti kemoterapi, bisa membunuh sel tumor lebih cepat dan efisien.

Ubi jalar
Ubi jalar atau ubi manis mengandung banyak pigmen karotenoid berwarna oranye yang sehat. Anti-karsinogenik yang terdapat pada karotenoids bisa membantu mengurangi resiko kanker payudara, termasuk kemungkinan kambuh nya.

Memakan makanan yang penuh gizi karotenoid seperti ubi manis bisa membantu menambah kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Kuatnya antioksidan yang terdapat pada karotenoid di kenal mampu menghancurkan sel sebelum kanker sebelum nya. Wortel, labu, labu kuning dan kubis adalah contoh makanan yang kaya dengan karotenoids.

Kacang hitam
Kacang adalah makanan yang kaya akan protein. Kacang hitam memiliki banyak sekali antioksidan yang membantu menjaga kesehatan. Jumlah vitamin B dan protein pada kacang hitam membuat nya menjadi makanan utama yang di gunakan untuk memperkuat kekebalan tubuh dan mendorong perbaikan atau penyembuhan sel dari pasien kanker.

B-kompleks yang banyak terdapat pada kacang hitam juga membantu meningkatkan tingkat tenaga pada pasien kanker. Memakan kacang hitam juga bisa membantu meningkatkan produksi RBC atau sel darah merah (Red Blood Corpuscles).

Acai Beries
Makanan kecil berwarna unggu yang di kenal dengan nama acai berry ini sering di sebut sebagai berry ajaib. Antioksidan yang kuat terdapat pada acai beri di kenal mampu membunuh sel kanker.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada acai beri ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh di antara pasien kanker. Pasien kanker payudara bisa memakan acai beri yang masih segar atau meminum jus acai beri untuk mengurangi resiko kambuh nya kanker.
Salmon
Untuk meningkatkan kesembuhan bagi penderita kanker payudara di sarankan untuk memakan ikan dengan kandung lemak seperti salmon serutin mungkin. Memakan lemak ikan seperti salmon yang kaya dengan lemak asam Omega-3, DHA dan EPA di ketahui bisa menghentikan penyebaran sel kanker payudara yang tidak terkendali.

Selain itu, mengkonsumsi ikan seperti salmon yang kaya dengan lemak asam omega-3 bisa mengurangi resiko kambuh nya kanker payudara sebanyak dua puluh lima persen. Ikan seperti haddock, tuna dan salmon juga membantu meningkatkan fungsi pada kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat bisa melawan kanker payudara dengan lebih baik.

Penulis : Susana Young
Image : www.breastcancercare.org.uk