.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Gejala Kerusakan Ginjal yang Sering Diabaikan


Ginjal adalah organ tubuh yang membantu menyaring bahan asing dari darah. Selain itu juga terlibat dalam mengatur tekanan darah, keseimbangan elektrolit, dan produk sel darah merah pada tubuh.

Manusia umum nya memiliki fungsi ginjal lebih banyak dari yang di perlukan untuk bertahan. Oleh sebab itu Ginjal masih bisa bekerja dengan baik meskipun hanya satu ginjal saja yang bekerja, karena nya banyak orang bisa memberikan ginjal mereka kepada yang membutuhkan untuk transplantasi ginjal.

Memiliki pengetahuan mengenai gejala penyakit akan sangat berguna untuk memberikan perawatan yang tepat, terutama kalau penyakit tersebut berhubungan dengan ginjal. Akan lebih baik apabila mendeteksi gejala pada keluarga, teman, atau diri sendiri, langsung segera ke dokter untuk di lakukan pengecekan darah dan air seni.
Gejala 1: Perubahan pada kondisi air seni
Ginjal membuat air seni, jadi ketika ginjal Anda mengalami kegagalan, maka air seni bisa berubah.

- Anda sering bangun di malam hari untuk kencing
- Air kencing berbusa atau terdapat gelembung
- Anda sering kencing, atau dengan jumlah lebih banyak dari biasa nya, dengan warna air seni pucat
- Anda jarang kencing, atau dengan jumlah lebih sedikit dari biasanya, dengan warna air seni lebih hitam
- Air kencing Anda terdapat darah
- Anda merasa sulit untuk kencing

Gejala 2: Bengkak
Ginjal yang mengalami kegagalan tidak bisa menghilangkan cairan berlebih, yang kemudian terkumpul pada tubuh dan menyebabkan bengkak pada kaki, pergelangan kaki, wajah, atau tangan.

Gejala 3: Kelelahan
Ginjal yang sehat menghasilkan hormon yang di sebut erythroppietin atau EPO, yang menyuruh tubuh untuk membuat oksigen yang di bawa sel darah merah.

Ketika Ginjal mengalami kegagalan. Mereka menghasilkan lebih sedikit EPO, dan ketika lebih sedikit sel darah merah yang membawa oksigen, maka Otot dan Otak Anda menjadi lebih cepat lelah. Hal ini sering di sebut Anemia, dan bisa di lakukan pengobatan.

Gejala 4: Gatal / Ruam pada kulit
Ginjal menghilangkan bahan asing dari aliran darah. Ketika mereka mengalami kegagalan, semua bahan asing pada darah tersebut bisa menyebabkan rasa gatal dan bintil pada kulit.
Gejala 5: Mual dan Muntah
Bahan asing pada tubuh yang terus menumpuk juga bisa mengakibatkan rasa mual dan muntah. Hilang nya nafsu makan bisa mengakibatkan turun nya berat badan.

Itulah 5 Gejala yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit ginjal, semoga saja dengan ini Anda bisa hidup lebih waspada dan menjaga setiap makanan yang masuk dan kegiatan sehari - hari Anda.

Penulis : Susana Young