.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Cara Menidurkan Anak Saat di Pesawat


Bepergian dengan anak terutama mereka yang masih balita bisa membuat panik para orang tua, tingkah laku nya yang aktif dan suasana hati nya yang selalu berubah bisa bikin dag dig dug di lihat oleh penumpang lain. Lalu harus bagaimana?

Hindari pemakaian obat atau minuman yang bisa membuat mereka tertidur, sebab bagi bayi atau anak di bawah empat tahun memiliki resiko untuk overdosis atau keracunan obat. Selain itu efek nya bisa berlawanan, bukan nya anak menjadi mengantuk, bisa jadi mereka malah tambah aktif.

Meski tanpa obat - obatan, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menidurkan anak di pesawat.

1. Pilih Penerbangan Sore Hari
Pilihlah penerbangan sekitar sore hari untuk memastikan kalau jadwal tersebut bersamaan dengan waktu tidur anak. Selain itu juga membantu mereka untuk mengadaptasi perbedaan waktu dan efek dari jet lag setelah turun dari pesawat.

Bantu anak untuk bisa beralih ke waktu tidur nya, dengan berganti pakaian menjadi piyama dan mengosok gigi mereka.

2. Kenyamanan Mereka adalah Kenyamanan Anda
Kebanyakan orang dewasa akan memilih duduk di manapun kecuali bangku tengah, namun ketika bepergian dengan anak - anak, bangku tersebut merupakan tempat terbaik.

Kenyamanan anak biasa nya mengurangi kenyamanan orang tua, hanya saja ketika bepergian, orang tua adalah bantal bagi anak mereka, jika mereka merasa nyaman dan bisa tertidur, bukan kah itu juga berarti kenyamanan bagi Anda sebagai orang tua?

3. Alihkan Perhatiannya
Penerbangan bisa menjadi hal yang sulit bagi anak - anak, karena mereka tidak terbiasa berada dalam satu ruangan dalam waktu yang lama, jadi pengalihan adalah kunci nya.

Suruh anak Anda untuk berbicara dengan pramugari mengenai tujuan perjalanan (siapa tau mereka memiliki stiker atau mainan untuk anak Anda) dan lihat majalah yang memiliki peta di belakang nya. Dengan melihat berbagai dunia pada peta dan berbicara mengenai budaya nya merupakan pengalihan yang bagus.

4. Makan Makanan yang Tepat
Untuk bayi, memberikan mereka makan saat lepas landas dan mendarat bisa membantu untuk mengurangi tekanan pada telinga, karena mereka tidak akan tahu apa yang harus di lakukan kalau telinga mereka mendengung akibat tekanan pesawat.

Bagi anak yang lebih dewasa, memberikan makan membantu mereka untuk tertidur. Berikan makanan yang memiliki karbohidrat seperti oatmeal, yang di sukai dan mudah di cerna. Variasi pada makanan juga penting, snack juga bisa untuk anak - anak, terutama mereka yang suka pilih - pilih makanan, dan makanan di pesawat terkadang tidak enak bagi lidah mereka.

5. Ciptakan Suasana yang Nyaman di Pesawat
Di pesawat, banyak sekali pemandangan, suara, dan bau yang tidak di kenal bahkan bagi orang dewasa. Untuk menenangkan anak Anda supaya bisa tertidur bisa mengunakan cara lama yaitu menciptakan suasana yang nyaman bagi mereka.
Bawa buku mengambar, stiker, permainan kartu, puzzle, asah otak atau mencari kata. Agar anak Anda bisa melancarkan pernafasan dan menenangkan tubuh mereka. Ketika otak mereka merasa bahagia, mereka akan teralihkan dengan suasana di sekitar nya, dan ketika tidur berikan suasana senyaman mungkin bagi mereka.

Penulis : Susana Young
via www.cntraveler.com