.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Alasan Mengapa Pasangan Anda Menjauh Secara Emonsional

Anda mungkin merasakan kalau hubungan Anda dan pasangan Anda terasa ada jarak, atau pembicaraan yang Anda lakukan bersama nya terasa dingin, dan pasangan Anda seperti tidak tertarik menghabiskan waktu dengan Anda. Apakah Dia sedang menghindari Anda?

Mungkin Anda tidak pernah menyadari kalau hubungan Anda semakin renggang. Bisa jadi pasangan Anda sedang menjaga jarak nya secara emosional, dan hal ini berkembang perlahan secara tidak terlihat, yang kemudian menjadi jurang pemisah yang tidak lagi bisa Anda hiraukan.

Ada banyak sekali alasan kenapa hal ini bisa terjadi, beberapa bisa jadi berasal dari pasangan Anda, namun juga bisa berasal dari Anda.

Berikut adalah beberapa penyebab yang biasa nya mengakibatkan jarak pemisah antara Anda dan pasangan Anda, serta bagaimana cara mengatasi nya.
1. Pasangan Anda Menginginkan Waktu untuk Sendiri
Banyak sekali pasangan, terutama mereka yang memiliki anak yang masih kecil, memiliki waktu sedikit bagi diri nya sendiri. Beberapa orang mencoba untuk mendapatkan waktu sendiri dengan mendengarkan musik atau menonton acara televisi, browsing internet atau hape mereka.

Jika Anda merasa ini adalah penyebab nya, tanyakan pada pasangan Anda apakah mereka memerlukan waktu untuk sendiri dan diskusikan kapan mereka bisa melakukan nya. Akan lebih baik kalau di lakukan dan mendapatkan waktu sendiri untuk Anda.

2. Pasangan Anda Mengalami Stress atau Tertekan
Pada umum nya orang ketika menghadapi tekanan atau stress pada level tertentu akan lebih memilih mundur. Jika ada hal yang menyebabkan mereka mengalami stress baik di tempat kerja atau kehidupan pribadi nya, tanyakan bagaimana perasaan mereka dan diskusikan kemungkinan untuk mengurangi atau mengatur stress tersebut.

Jika merasakan pasangan Anda sedang depresi, anjurkan untuk berkonsultasi pada psikiater.

3. Pasangan Anda Sudah Tidak Lagi Merasakan Cinta Pada Anda
Jika Anda merasakan pasangan Anda sudah tidak lagi meluangkan waktu nya untuk pernikahan, untuk rumah dan keluarga seperti dulu lagi, atau mereka menghindari bersikap mesra, dan jarang sekali berkomunikasi dengan Anda pada waktu yang cukup lama. Kemungkinan besar mereka sudah tidak lagi merasakan rasa cinta pada Anda seperti dulu.

Jika hal ini terjadi pada pasangan Anda, tanyakan bagaimana perasaan nya saat ini terhadap hubungan Anda berdua dan cari tahu apakah ada sesuatu yang bisa di rubah untuk melihat apakah perasaan tersebut bisa datang kembali.

Pastikan apabila Anda mengerti sebelum mengambil tindakan lebih lanjut. Jika pasangan Anda tidak bisa atau tidak bersedia untuk mendiskusikan nya pada Anda, maka di anjurkan untuk melakukan terapi khusus pada pasangan.

4. Tidak Bisa Lepas Darinya
Pasangan Anda merasa kalau Anda terlalu memaksakan diri untuk masuk ke dalam hidup nya, maka itu Dia kemudian mengambil jarak dari Anda. Kemudian Anda yang merasa khawatir, penolakan, atau pencampakan menjadi lebih memaksakan diri untuk mendekati nya, yang pada akhir nya membuat pasangan Anda mengambil jarak semakin jauh, dan ini terus berlangsung.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus berhenti dan memberikan ruang bagi nya selama kurang lebih seminggu. Dan jika mereka merespon dengan baik, maka Anda sudah tahu apa yang perlu untuk di lakukan.
5. Mengkritik Pasangan Anda
Merasa jauh atau di hindari bisa terasa menyakitkan. Dan Anda merespon nya dengan cara mengkritik nya melalui omongan dan perbuatan, bahwa pasangan Anda gagal atau tidak mampu.

Pasangan Anda kemudian menjauh, tidak berani berinteraksi atau terbuka, karena takut Anda akan mengkritik atau merasa tidak puas. Penghindaran ini yang kemudian membuat Anda merasa lebih stress, yang kemudian membuat Anda mengeluarkan lebih banyak kritikan dan pasangan Anda semakin menjauh, terus berputar.

Untuk bisa lepas dari ini, pastikan kalau komunikasi antara Anda dan pasangan Anda mengikuti aturan 80 - 20, di mana 80% komunikasi harus netral atau positif dan hanya 20% yang negatif.

Jarak yang di ciptakan bisa memberikan luka secara mental seperti penolakan, kesepian dan rasa rendah diri. Untuk itu akan lebih baik apabila di hadapi bersama, dan kalau memang tidak ada jalan lagi, akan lebih baik meminta bantuan pihak ketiga seperti psikiater.

Penulis : Susana Young