.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Jangan Gampang Mengucapkan Janji dan Sumpah


Baru-baru ini ada orang yang berkata akan terjun dari Monas bila lawan politiknya memenuhi syarat maju dalam pilkada. Ada juga yang berkata bersedia digantung di Monas kalau terbukti korupsi. Nyatanya dia masuk penjara tapi tidak digantung di Monas. Ada lagi yang mau memotong bagian tubuhnya bila Jokowi terpilih jadi presiden. Orang bersumpah/berjanji sesuatu yang tidak bisa ia tepati. Entah karena “overconfidence” atau karena ingin membuktikan kebenaran dirinya.

Masa Depan Bukan Milik Kita
Jangan bersumpah karena kita tidak tahu apapun juga tentang masa depan. Bagaimana kita bisa yakin bahwa yang terpilih menjadi presiden si A bukan si B? Bersumpah seolah menempatkan diri kita sebagai penguasa masa depan, padahal masa depan adalah milik Tuhan.  Jadi, buat Anda yang masih berpacaran, jangan buat janji sehidup semati, sebelum Anda masuk dalam pernikahan.

Bukan Sumpahnya, Tapi Orangnya.
Kata Aeschylus, bukan sumpah yang membuat kita percaya pada orangnya, melainkan orang itulah yang membuat kita percaya pada perkataannya. Kalau integritas seseorang diragukan, bahkan sumpah yang paling luar biasa pun akan diragukan. Pierre Corneille berkata, “Seorang pembohong penuh dengan sumpah.”

Sumpah Lebay adalah sumpah yang tidak mungkin dilakukan, contohnya sumpah seorang kekasih, “Aku bersumpah tidak akan menyakitimu.” Selama masih manusia, kita bisa saja menyakiti orang lain, sengaja maupun tidak.
Sedikit Janji, Banyak Bukti
Sumpah dan janji bukan sesuatu yang ringan. Di dalamnya ada tanggung jawab yang besar, pertaruhan integritas, dan tanggung jawab di hadapan Tuhan. Lebih baik kalau YA katakan YA, dan kalau TIDAK katakan TIDAK. Dan ketika kita berjanji sesuatu, kita lakukan lebih dari yang diharapkan. Itu baru keren! (Esther Idayanti)

Hanya Berjanji Apa yang Bisa Anda Lakukan. Lalu Lakukan Lebih Dari Apa yang Anda Janjikan

Penulis : Esther Idayanti
Image : alashaery.wordpress.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html