.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Inilah 25 Fakta Menarik Tentang Bayi


Para bayi adalah mahluk yang sangat lucu, namun bagi yang tidak tahu, mereka terlihat seperti mahluk asing. Dan bagi orang tua yang paling berpengalaman atau pengasuh anak masih bisa kebingungan ketika mendengar tangisan nya.

Bagi Anda yang mengangkat anak atau sudah memiliki nya sendiri, inilah 25 hal menarik mengenai para bayi yang bisa jadi tidak Anda ketahui:

1. Anda tidak sembarangan memberi nama
Banyak negara melarang pengunaan kata - kata kotor, angka, atau simbol pada nama anak, namun beberapa melakukan hal yang lebih ekstrim. Norway melarang pengunaan nama belakang tradisional sebagai nama depan.

Sebuah pengadilan di perancis menolak ketika sepasang suami istri menamakan anak mereka dengan nama es krim terkenal chocolate-hazelnut. Portugal melarang orang tua menamakan anak mereka Nirvana. Sedangkan Amerika Serikat lebih leluasa, dan memperbolehkan untuk menamakan anak Anda Espn jika Anda mau.

2. Di beberapa tempat, memiliki bayi amat lah jarang
Pada beberapa tahun ini, seorang bayi bernama Pablo menjadi bayi pertama yang lahir di Ostano, Italia setelah tidak ada kelahiran selama 30 tahun. Bayi tersebut kini menjadi penduduk ke 85.

3. Para bayi akan berkembang menjadi mengemaskan
Para bayi sangat bergantung pada orang dewasa untuk bisa bertahan hidup selama beberapa tahun pertama, jadi mereka mengembangkan diri secara maksimal untuk mendapatkan perharian dari orang tua dan orang dewasa lain nya.

Peneliti mengatakan bahwa ada beberapa kateristik yang akan membuat Anda merasa kan kegemasan, seperti kepala besar, wajah bundar, mata lebar, dan pipi tembem.

4. Anda secara natural ingin mencubit mereka
Menurut sebuah penelitian dari Universitas Yale menemukan bahwa orang cenderung lebih agrefis ketika di tunjukan photo bayi dan binatang yang lucu. Studi pada tahun 2015 menemukan bahwa reaksi positif berlebihan ketika di tunjukkan foto bayi menimbulkan keinginan agresif seperti mencubit pipi.

Para peneliti tidak mengetahui penyebab pasti kenapa hal ini bisa terjadi, mereka hanya bisa memperkirakan kalau hal tersebut di lakukan sebagai cara untuk meluapkan emosi positif yang berlebihan.
5. Bayi pun tau kalau mereka lucu
Pada studi yang di lakukan pada tahun 2014 pada anak anak berumur 3 tahun, mengunakan skema bayi dan pemantau mata untuk mengetahui apa yang bayi anggap paling lucu. Anak - anak tersebut bisa mengenali kateristik dari wajah bayi pada manusia, anak anjing, dan anak kucing. Yang menarik adalah, mereka menganggap anak anjing lebih lucu daripada bayi manusia dan anak kucing.

6. Mereka tertarik pada kejutan
Studi pada tahun 2015 menemukan bahwa bayi cenderung lebih fokus pada benda yang mengejutkan mereka. Peneliti menemukan bahwa bayi lebih memperhatikan benda yang memberikan mereka kejutan, seperti bola yang terlihat seperti mampu menembus dinding.

7. Mereka memiliki reflek unik yang hilang seiring bertambah nya umur
Reflek Moro, di mana bayi akan secara tiba - tiba mengerakan tangan dan kaki nya serta mulai menangis, adalah perasaan di mana mereka merasa tidak memiliki pendukung, dan hal ini juga bisa terjadi pada bayi saat tertidur, untuk itu mengendong mereka sangat berguna bagi para bayi, yang mencegah mereka terbangun akibat Moro reflek.

Reflek unik ini hanya adapada bayi dan setelah 5 bulan biasa nya akan hilang dengan sendiri nya.

8. Mereka sudah bisa menahan napas di bawah air
Para bayi akan menahan napas dan membuka mata mereka ketika berada dalam air, hal ini merupakan insting mereka yang di sebut reflek menyelam. Reflek terhadap air ini berkurang seiring dengan waktu.

9. Mereka sangat menyukai lagu pengantar tidur
Bayi akan terlihat lebih tenang ketika mendengarkan lagu, bahkan ketika mengunakan bahasa yang tidak mereka mengerti.

10. Mereka suka meniru
Penelitian mengenai aktifitas otak menemukan bahwa ketika bayi melihat orang lain melakukan sesuatu, motor yang bertugas untuk menggerakan bagian otak mereka untuk aktif. Ini membantu mereka mengerti apa yang di lakukan oleh orang lain dan berfikir untuk melakukan nya juga.

11. Mereka bisa belajar meski dalam kandungan
Para peneliti menemukan bahwa bayi bisa mengenali suara yang mereka dengar dari dalam kandungan ibu mereka, seperti lagu pembuka dari film sinetron favorit ibu mereka. Pada tahun 2013, sebuah kelompok peneliti menemukan bahwa bayi yang mendengar berbagai kata sejak dalam kandungan bisa mengenali kata - kata dan variasi pengucapan nya di kemudian hari.

12. Mereka tidak bisa melihat dengan baik
Sampai mereka berumur 3 bulan, bayi hanya bisa melihat dengan jarak sekitar 8 hingga 10 inci, meskipun mereka bisa melihat cahaya dan pergerakan. Mereka tidak bisa melihat dengan baik hingga berumur 5 tahun.

13. Rasa kesukaan mereka bisa berkembang sebelum mereka lahir
Selama dalam kandungan, para bayi menelan cairan pada ketuban yang mengelilingi mereka, merasakan beberapa rasa yang ada pada makanan dan minuman yang di nikmati oleh ibu mereka. Pada sebuah studi, bayi yang lahir pada wanita yang di suruh untuk meminum jus wortel selama kehamilan dan menyusui lebih menyukai sereal dengan rasa wortel di bandingkan dengan yang tidak.

14. Mereka makan lebih sedikit daripada yang Anda kira
Pada 3 bulan pertama, USDA memperkirakan para bayi akan membutuhkan antara 438 hingga 572 kalori setiap hari, tergantung pada ukuran tubuh mereka. Dan itu hanya sedikit lebih banyak dari sebuah burger Big Mac.

15. Mereka memiliki rambut unik
Beberapa bayi terlahir ke dunia tidak memiliki rambut, namun beberapa memiliki rambut. Rambut ini di sebut dengan nama lanugo. Berkembang selama lima bulan kehamilan, dan hilang ketika bayi lahir, biasa nya akan hilang setelah beberapa minggu.

16. Mereka masih membutuhkan paspor
Untuk bisa berpergian ke luar negeri, bayi masi membutuhkan paspor. Di rekomendasikan untuk mengambil foto bayi dengan latar belakang berwarna putih untuk memastikan foto pada paspor terlihat jelas.

17. Para bayi mendapatkan kredit pada film buatan orang tua mereka
Pixar memperkenalkan production babies pada setiap kredit akhir film nya. Di mulai dari Toy Story, studio tersebut mengeluarkan para nama bayi dari para pekerja nya setahun sebelum film tersebut di rilis. Sekarang beberapa video game juga melakukan hal yang sama di akhir ending kredit mereka.

18. Dulu adalah hal yang wajar dan menyehatkan untuk menaruh bayi dekat jendela
Pada abad ke 19, orang yang tinggal di daerah perkotaan yang kotor ingin memberikan bayi mereka akses ke udara segar. Tanpa taman dan tempat bermain, akhir nya timbul ide, yaitu dengan mengunakan kerangkeng bayi.

Pada tahun 1920, penemu mengeluarkan kotak yang bisa di taruh pada jendela dari bangunan tinggi, yang bisa di gunakan untuk menaruh bayi dekat jendela. Entah mengapa ide ini kemudian tidak pernah di gunakan lagi.

19. Mereka bisa matematika
Para bayi lahir dengan bakat terpendam matematika, yaitu bisa memisahkan urutan hingga batas tertentu. Mereka bisa membedakan antara 10 pola dot dengan 20 pola dot. Bayi juga bisa mendeteksi masalah pada matematika saat berumur 6 bulan ketika di hadapkan dengan pengurangan dan penambahan yang di wakilkan dengan boneka daripada angka.

20. Mereka bisa mengunakan iPad
Sebuah studi pada tahun 2015 yang di lakukan pada 270 keluarga di Philadelphia menemukan bahwa 36 persen dari anak - anak tersebut pernah mengunakan layar sentuh sebelum berumur 1 tahun. Meski banyak yang mendebatkan mengenai masalah ini, satu hal yang pasti adalah para bayi senang dengan layar sentuh.

Hal ini disebabkan oleh aksi yang di lakukan ketika suatu event di gerakan. Jadi ketika bayi menyentuh iPad dan membuat sebuah video berjalan, bayi akan terus mencari tahu apa yang terjadi, dan bagaimana tindakan nya bisa merubah dunia di sekeliling nya.

21. Mereka tau beda Skype dan TV
Karena sering nya interaksi dengan respon sosial melalui layar sentuh, para bayi bisa membedakan antara chat melalui video terhadap kakek dan nenek mereka, dengan tayangan televisi Dora the Explorer. Pengertian teknologi ini bisa muncul antara umur 2 hingga 6 bulan. Hanya saja mereka mungkin tidak mengerti kalau kakek dan nenek mereka tidak tinggal di dalam komputer.

22. Kepala mereka wangi saat di cium
Aroma yang di keluarkan bayi yang baru saja lahir di buktikan secara ilmiah sebagai hal yang luar biasa. Penelitian terhadap 30 wanita yang mencium baju tidur bayi mereka mampu meningkatkan aktifitas pada otak.

23. Otak mereka memiliki neuron sebanyak orang dewasa
Otak bayi berubah secara drastis setelah tahun - tahun pertama kelahiran. Namun jumlah neuron tetap sama semenjak lahir, sekitar 86 - 100 milyar. Namun otak akan mengembangkan beberapa sinapsis (hubungan antara neuron) pada dua tahun pertama setelah lahir.
24. Mereka bisa melihat yang orang dewasa tidak bisa
Karena mata bayi tidak sepenuh nya berkembang, bayi umur 3 - 4 bulan tidak memiliki persepsi tetap, atau kemampuan untuk mengenali benda yang sama dengan cahaya yang berbeda, ukuran dan warna. Pada penelitian di tahun 2016 menemukan bahwa bayi pada umur segitu bisa melihat perbedaan pada gambar yang di sebabkan oleh pencahayaan, yang tidak bisa di lihat orang dewasa

25. Mereka tumbuh dengan cepat
Walau kedengaran nya klise, namun ini ternyata memiliki kebenaran. Pada 6 bulan pertama, rata - rata bayi akan tumbuh sekitar 1 inci per bulan, dan berat mereka menjad berlipat ganda. Saat ulang tahun pertama nya, Dia akan memiliki berat tiga kali di bandingkan saat baru lahir.


image : www.hdwallpapers.in
Penulis : Susana