.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Google Menjelaskan Prilaku Online Orang indonesia Saat Ramadhan


Bulan puasa atau Ramadhan sebentar lagi bagi mereka yang berada di negara muslim. Di indonesia, di mulai pada tanggal 7 juni, berpuncak pada hari libur muslim terbesar yakni Idul Fitri.

Bagi mereka yang merayakan, bulan tersebut di tandai dengan jadwal berpuasa, tidak makan atau minum dari subuh hingga matahari terbenam. Bisa juga menghabiskan waktu bersama keluarga lebih sering dan terkadang melibatkan perjalanan untuk melihat sanak saudara lain nya.

Kehidupan sehari - hari pun terjadi perubahan menjelang Ramadhan. Perubahan ini tersirat pada kebiasaan online setiap orang, dan siapa yang memiliki data lebih akurat di bandingkan Google?

Hari ini, Kantor Google Indonesia akan memberikan wawasan mengenai waktu Ramadhan tahun lalu.

Saat Ramadhan, banyak yang tertarik lebih awal

Biasanya, Ramadhan mulai pada tanggal tertentu, namun ketertarikan akan topik mengenai bulan Ramadhan muncul lebih awal. Ini adalah curva yang berhasil di amati oleh Google Indonesia pada tahun lalu :




Umumnya, periode kenaikan menjadi semakin panjang dan lonjakan nya menjadi lebih kuat setiap tahun, ucap Henky Prihatna yang merupakan kepala industri dari Google.

Trend ini berhubungan dengan pertumbuhan angka dari orang indonesia yang tersambung ke internet. Panjang nya periode gelombang ini meningkat karena orang mengunakan internet untuk tujuan lebih, contoh nya memesan tiket untuk tanggal tertentu.

Permintaan untuk toko online meningkat

Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi e-commerce. Orang sedang dalam suasana di mana mereka suka membelanjakan uang dan mencari benda yang di perlukan seperti karcis kereta dan hadiah untuk di bawa ke rumah.

Google mengamati setidak nya semua toko online berbagai kategori mengalami gelombang musiman, tapi yang paling berkembang adalah pakaian (hingga 29 persen) dan perjalanan (hingga 30 persen).



Henky menambahkan bahwa Dia mengamati peningkatan ketertarikan pada kategori seperti kecantikan dan kesehatan, yang Dia harapkan untuk menjadi lebih jelas pada musim berikut nya.

Kebutuhan akan hiburan

Ramadhan juga merupakan waktu di mana orang menginginkan hiburan secara online.

Video streaming meningkat tajam seminggu sebelum bulan puasa berakhir dan perayaan Idul Fitri di mulai. Di indonesia liburan ini di kenal dengan nama Lebaran.



Seluruhnya, mereka yang menonton video melalui smartphone meningkat sebanyak 13 persen menjelang Ramadhan, menurut Google.

Semua orang berpikir mengenai makanan

Anehnya, bulan puasa adalah waktu di mana orang banyak memikirkan mengenai makanan.

Google menemukan peningkatan setidaknya empat kali pencarian biasa nya untuk kata seperti "menu berbuka puasa" dan resep yang biasa di sajikan menjelang perayaan Idul Fitri. Namun pencarian mengenai menu favorit tahunan juga mendapat kenaikan.

Makanan musiman

Apakah pola pencarian makanan di indonesia saat bulan Ramadhan berbeda dari katakanlah US?

Mari kita bandingkan antara makanan sehari - hari di Indonesia, terutama saat Idul Fitri, dengan makanan pokok di Amerika dan makanan musiman seperti pie labu. Ini adalah data yang berhasil di ambil dari Google Trends.


Kita bisa melihat dengan jelas kenaikan untuk makanan musiman baik di US ataupun Indonesia. Popularitas pie labu ini meningkat saat bulan November (Thanksgiving), sementara ketupat meningkat saat bulan Ramadhan.

Meskipun hamburger menjadi kurang populer saat Thanksgiving, makanan yang ada sepanjang tahun seperti rendang Indonesia tetap mengikuti trend di bulan Ramadhan. Orang indonesia, tampak nya suka dengan segala jenis makanan di bulan puasa.

via www.techinasia.com