.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Hal Sederhana untuk Mengurangi Resiko Terkena Kanker


Siapa sih yang tidak ingin sehat? Apalagi kalau bisa menghindari penyakit berbahaya seperti kanker. Meskipun begitu biasanya manusia tidak bisa menghindar dari penyakit, tapi mereka bisa meminimalisir kemungkinan terkena penyakit.

Kanker adalah penyebab kedua kematian dengan lebih dari 1.6 juta kanker baru dan 600 ribu kematian akibat kanker di tahun 2016.

Kabar baik nya adalah di temukan pola hidup sehat yang bisa mengurangi kemungkinan terjadi nya kanker. Jika Anda tahu kalau Anda bisa memotong kemungkinan resiko terkena kanker menjadi setengah nya hanya dengan mempraktekan empat hal, maukah Anda melakukan nya?

inilah empat kebiasaan hidup yang jika di lakukan bisa di percaya membantu mengurangi kemungkinan resiko terkena kanker dan kematian:

1. Tidak Merokok
Penelitian membuktikan bahwa merokok memberikan kontribusi sebesar 48.5% kematian dari 12 kanker yang berhubungan dengan merokok di amerika serikat termasuk paru - paru, pankreas, kandung kemih, perut, usus besar dan kerongkongan.

Intinya sederhana, jangan pernah merokok dan jika Anda sudah merokok maka berhentilah merokok. Berhenti merokok merupakan salah satu langkah penting dalam hidup lama dan sehat. Berhenti merokok memang susah tapi kesehatan Anda bergantung pada hal tersebut.

Merokok tidak nya meningkatkan kemungkinan terkena kanker, tapi juga penyakit jantung, bronchitis, stroke, tekanan darah tinggi dan resiko pada bayi bagi wanita hamil yang merokok.

2. Sedikit Minum Alkohol atau Tidak Sama Sekali
Peminum alkohol berat merupakan gaya hidup yang bisa meningkatkan resiko kanker pada beberapa bagian tubuh. Mulai dari kolorektal, payudara, rongga mulut, faring, laring, kerongkongan dan hati, serta meningkatkan kemungkinan resiko pada paru - paru, pankreas, perut, dan kandung empedu.

Sedikit minum alkohol bisa di ukur dengan tidak lebih dari 2 gelas sehari bagi pria dan 1 gelas sehari bagi wanita.

Jika Anda tidak meminum alkohol, jangan berpikir untuk memulai nya. Konsumsi alkohol harus di lakukan secara terkendali dan jangan mengemudi setelah minum.

3. Menjaga Berat Tubuh
Kelebihan berat badan memberikan kontribusi pada masalah kesehatan di mana salah satu nya adalah meningkatnya resiko terkena kanker.

Kanker yang terkait dengan obesitas adalah kerongkongan, kolorektal, pankreas, payudara (setelah menopause), endometrium, ginjal, dan hati serta meningkatnya kemungkinan terkena kanker pada ovarium, prostata, dan kandung empedu.

Obesitas biasa di ukur memiliki berat badan lebih banyak 30 dari standar BMI (Body Mass Index).

Kunci nya adalah dengan tidak menaikkan berat badan sejak awal. Menjaga tubuh yang sehat adalah hal yang baik, tentu saja lebih mudah di ucapkan daripada di lakukan. Namun jika memungkinkan, jagalah tubuh Anda agar terbebas dari penyakit dan rumah sakit.

4. Berolahraga Rutin
Tidak ada hal yang lebih baik selain rutin berolahraga untuk hidup sehat. Dan hal terbaik adalah, kegiatan fisik ini membantu mengurangi resiko kanker pada kolorektum, payudara, dan endometrium.
Penelitian membuktikan bahwa berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit, atau dengan intensitas kuat selama setidaknya 75 menit setiap minggu bisa membantu mengurangi terkena kanker pada setiap orang.

Ini hanya membuktikan bahwa berolahraga merupakan kebiasaan yang sehat, di mana Anda harus terus berpatisipasi setiap hari. Temukan kegiatan fisik yang Anda sukai, supaya bisa terus di lakukan. Luangkan waktu, buat jadi menyenangkan, dan Anda bisa sukses membuat kebiasaan olahraga rutin dalam gaya hidup Anda.

Penulis : Susana Young