.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Cara Melupakan Trauma Masa Kecil dan Bagaimana Menjalaninnya


Banyak sekali orang yang masih menderita akibat kejadian yang terjadi saat mereka kecil, yang terus menghantui mereka, sampai saat ini. Trauma datang dalam berbagai bentuk dan wujud. Bisa berupa siksaan secara fisik atau mental, sering di kerjain di sekolah, rumah tangga berantakan, dan perceraian orang tua.

Trauma seperti ini memberikan pengaruh negatif dan mempengaruhi kehidupan Anda, gaya hidup, dan hubungan. Namun ini bukan lah akhir dari segala nya. Jangan sampai masa lalu mempengaruhi kehidupan Anda saat ini maupun di masa yang akan datang.

Cara terbaik untuk mengatasi trauma adalah dengan meninggalkan semua kenangan buruk dan memulai kehidupan yang baru. Tentu saja hal ini tidak mudah di lakukan, akan tetapi artikel ini di harapkan bisa membantu Anda untuk bisa melupakan kenangan buruk di masa kecil dan menjalani hidup normal.

Dampak dari Kenangan Buruk
Banyak kenangan yang tidak bisa di ceritakan pada orang lain, termasuk orang terdekat dan yang di sayangi. Kenangan ini sangat menempel di hati sehingga tidak mungkin untuk tidak memikirkan nya setiap waktu. Beberapa dari kenangan ini menyebabkan Anda merasa tidak aman mengenai diri sendiri, kurang nya rasa percaya diri, tidak percaya pada orang lain, beberapa bahkan membuat kebingungan mengenai Anda dan kondisi sekitar Anda.
Inilah dampak yang tidak bisa Anda atasi dan untuk itu Anda membutuhkan bantuan. Anda harus mulai mempercayai diri Anda sendiri, mendapatkan kepercayaandiri, dan coba mengingat bahwa di luar sana masih banyak orang yang bisa Anda percaya dan mereka bisa membantu Anda menjadi kembali seperti dulu lagi.

Efek 'Zeigarnik' pada Anda
Bluma Zeigarnik, seorang psikolog dari Lithuanian, mengeluarkan teori mengenai 'putaran terbuka' dan 'urusan yang belum selesai' pada tahun 1927, menjelaskan mengapa dua hal ini bisa membantu Anda. Sebagai contoh, Anda mempunyai paman yang melecehkan saat Anda masih kecil. Anda tidak pernah membicarakan nya, bahkan pada orang tua Anda.

Anda sering bangun setiap hari dan memikirkan bagaimana menghentikan paman Anda, atau bagaimana cara nya mengungkap kelakuan paman Anda. Ini di sebut dengan 'Urusan yang belum selesai'. Ada 'putaran terbuka' bagi Anda untuk kembali pada titik tersebut, dan jika Anda mempunyai waktu, dan jika paman Anda masih hidup, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengungkap kelakuan paman Anda.

Manusia sudah di atur dengan sifat di mana susah untuk melupakan kenangan masa kecil yang buruk. Terus memikirkan mengenai masa lalu bisa mempengaruhi kestabilan mental, dan kesehatan tubuh, yang menyebabkan Anda untuk sering sekali kebingungan.

Bagaimana Caranya Melupakan Kenangan Buruk di Masa Kecil?
Mulai dengan membicarakan nya. Akan lebih efektif ketika Anda menceritakan pengalaman buruk Anda dengan seseorang, atau sekumpulan orang. Seseorang ini tidak harus selalu teman baik atau saudara Anda. Anda bisa mencari bantuan profesional. Psikiater atau konsultan yang bisa memandu Anda ke jalan yang benar. Atau sebuah perkumpulan di mana tiap anggota nya bisa membicarakan mengenai trauma pribadi mereka.
Anda akan mengetahui bahwa Anda tidak sendiri di dunia ini, dan masih banyak kasus yang serupa dengan Anda.

Jalani hidup dengan sikap positif. Masa kecil Anda merupakan masa lalu. Setiap orang dan kejadian yang terjadi sudah tidak ada lagi. Bahkan jika memang masih ada, Anda tidak lagi merupakan individu yang bergantung pada mereka. Anda sudah bebas. Anda memiliki kehidupan dan memegang kendali kehidupan.

Anda sudah berada dalam suatu hubungan. Memikirkan kenangan buruk bisa mempengaruhi pasangan dan anak Anda. Bangun masa depan yang lebih baik dan aman bagi anak Anda.

Berbicara mengenai keamanan, jika Anda merasa terancam dengan rasa tidak aman, sekali lagi, bicarakan hal tersebut. Tidak semua orang memiliki pikiran yang sama. Bersikap tertutup atau curiga terhadap orang atau hal lain tidak akan membantu Anda mengatasi kenangan tersebut.

Memang akan terasa sudah untuk melupakan semua yang menganggu Anda, namun jangan buat hal tersebut membentuk kehidupan Anda. Setelah semua yang Anda alami, pada kehidupan Anda saat ini, Anda berhak untuk mendapat kebahagiaan.
Depresi, kegelisahan, marah adalah bagian dari menjadi dewasa. Anda terus berkembang setiap hari, tidak peduli berapa umur Anda. Dan setiap hari, Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman, baik atau buruk. Anda akan melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut.

Kesalahan tersebut tidak akan menjadi penghalang Anda untuk maju ke depan. Bagaimana melupakan kenangan buruk masa kecil Anda? Biarkan semua kenangan tersebut menjadi kekuatan bagi Anda untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan Anda.

Penulis : Susana Young
image : www.feelguide.com