.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Belajar Dari Kesalahan Orang Lain


Pertanyaan favorit ketika mewawancari seseorang adalah "Kesalahan apa yang pernah Anda lakukan, yang menjadi pembelajaran terpenting?"  Biasanya orang menjawab dengan sedikit basa basi, tapi pernah ada orang yang menjawab sambil mengeluarkan air mata, dan ia adalah seorang pria! Saya terdiam dan merasa bersalah menanyakannya. Tapi jujur saja, saya suka bertanya hal itu karena saya banyak belajar dari kesalahan orang lain, terutama dari mereka yang telah sukses. Bila Anda tidak sempat bertanya pada orang lain, amati hidupnya dan renungkan:

Keputusan Atau Tindakan Apa yang Ia Perbuat?
Menurut studi dari University of Bristol in England, bukan kesuksesan rekan kita yang melekat dalam ingatan tetapi justru kegagalannya. Menurut Paul Howard-Jones sang peneliti, belajar dari kompetitor bukanlah belajar untuk bertindak seperti dia, melainkan belajar untuk TIDAK bertindak seperti dia ketika ia gagal.

Apa Penyebabnya?
Kira-kira apa motivasinya melakukan hal itu? Apakah ada keserakahan, iri hati, balas dendam, atau yang lain? Apakah kegagalannya disebabkan oleh kecerobohan, salah fokus, terlalu menggampangkan dll?

Apakah Ada Kemungkinan Saya Tersandung Hal Yang Sama? Mengapa?
Bodoh sekali kalau telah melihat orang lain gagal atau hancur tapi kita mengulanginya. Tapi kenyataannya ada orang-orang yang demikian. Sudah tahu narkoba mematikan, tetap saja ada yang mengkonsumsinya. Sudah lihat rumah tangga yang bangkrut karena hutang, masih saja berhutang. Orang mengulangi kesalahan orang lain karena mereka belum merasakan "pedihnya" hal itu. Tetapi mudah-mudahan kita cukup bijak BERPIKIR tanpa harus MERASAKAN.
Apakah Dalam Diri Saya Ada Sikap Atau Karakter yang Perlu Dibereskan?
Ini yang terpenting, karena belajar tidak ada artinya tanpa diwujudkan (Esther Idayanti)

Orang Bijak Belajar dari Kesalahan Orang Lain, Orang Pintar Belajar Dari Kesalahannya Sendiri, Orang Bodoh Tidak Pernah Belajar

image : www.entrepreneur.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html