.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Atasi Kekecewaan Dengan Empat Hal ini


Studi psikologi menyatakan bahwa tiga perasaan paling sering dialami oleh manusia adalah cinta, penyesalan dan kekecewaan.  Kita kecewa ketika berpikir akan mendapatkan promosi, ternyata diberikan pada yang lain. Kecewa pada pasangan yang seharusnya paling mencintai kita, ternyata memerlakukan kita secara tidak adil. Kecewa kalah bertanding. Kecewa pada pemerintah. Kita kecewa pada banyak hal. Kalau tidak diatasi, kecewa bisa menjadi stres, kepahitan, apatis, bahkan depresi.

Boleh Kecewa, Tapi Jangan Patah Semangat
Kita tidak bisa menghindari perasaan kecewa, tetapi patah semangat adalah sebuah keputusan. Nasihat dari Jokowi, “Untuk jadi maju memang banyak tantangan dan hambatan. Kecewa semenit, dua menit boleh, tetapi setelah itu harus bangkit lagi.” Siap Pak!

Ekspektasi Yang Realistis
Ada yang mengatakan, “Tak ada ekspektasi, tak ada kekecewaan.” Apakah berarti kita tidak boleh mempunyai ekspektasi sama sekali?  Tidak juga. Tetapi kita perlu memiliki ekspektasi yang realistis. Contoh ekspektasi yang tidak realistis: berharap semua orang menyukai Anda, minta pasangan turun 10 kg dalam seminggu, dll. Jangan menyalahkan orang lain karena mereka mengecewakan Anda, tetapi salahkan diri sendiri mengapa Anda berharap terlalu banyak pada mereka.

Ekspektasi Yang Diperluas
Contohnya, saya ingin berlibur ke Puncak dan memetik teh di bawah sinar matahari yang cerah. Bila Anda tiba di sana ternyata hujan atau kebun teh tutup, maka Anda akan kecewa. Jadi perluas ekspektasi, saya ingin berlibur di Puncak dan menikmatinya dalam segala keadaan.

Hidup Untuk Belajar Dan Bertumbuh
Dengan demikian Anda bisa menghargai setiap pengalaman yang ada, termasuk hal-hal yang tidak sesuai harapan Anda.  Belajarlah untuk menikmati perjalanan hidup ini dengan sikap yang terbuka, sehingga kekecewaan tidak mudah mengganggu Anda
Yang Penting Bukanlah Berapa Jauh Anda Jatuh, Tetapi Berapa Tinggi Anda Melambung Kembali (Zig Ziglar) 

Penulis : Esther Idayanti
image : www.tinybuddha.com