.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Ajarkan Lima Kebiasaan Baik Tentang Uang Kepada Anak


Bagi para orang dewasa, pertemuan mereka dengan uang berasal dari uang jajan. Anda mungkin masih ingat mendapatkan uang jajan dari keluarga setelah melakukan suatu pekerjaan atau melakukan hal baik, dan menaruh nya pada celengan ayam.

Tahukah Anda bahwa anak - anak berumur tiga tahun sudah bisa mengerti mengenai menabung dan membelanjakan? Tidak hanya itu, kebiasaan mereka mengenai uang biasa nya sudah terbentuk saat umur tujuh tahun.

Orang tua memiliki pengaruh besar terhadap kebiasaan bagaimana anak - anak mengurus keuangan mereka. Sudah seharus nya mengajarkan keuangan oleh orang tua tidak seharus nya berhenti pada celengan, karena Anda adalah pengaruh utama dan pertama kali nya untuk kebiasaan keuangan anak Anda.

Mengajarkan beberapa kebiasan baik mengenai uang kepada anak bisa membantu mereka untuk menghadapi masalah besar di kemudian hari. Krisis ekonomi menunjukkan bahwa setiap orang tua sudah seharus nya mulai mengembangkan kebiasaan baik mengenai uang pada anak mereka (dimulai dari umur tiga tahun) untuk mendirikan basis keuangan yang baik.

Berikut adalah beberapa pelajaran penting mengenai uang yang sudah seharusnya di berikan kepada anak Anda untuk membantu mereka mengatur keuangan mereka di masa depan.
1. Jadilah Contoh dalam Mengatur Keuangan yang baik
Yang paling pertama dan penting adalah untuk selalu mengingat kalau anak - anak cenderung mengikuti apa yang orang tua atau orang dewasa lakukan.

Anak - anak penuh dengan pengamatan, dan terkadang mengikuti dan melakukan berbagai hal sederhana hanya dari mengamati yang di lakukan orang tua mereka Untuk itu orang tua harus lah menjadi model yang baik dalam kebiasaan keuangan dengan memperlihatkan kebiasaan positif keuangan dan filosofi nya setiap hari.

Ini termasuk berbagai hal seperti belanja dengan anggaran belanja yang sudah di atur, mengunakan kupon dan diskon untuk menghemat, dan membuat pilihan mengenai barang baru atau bekas, yang bisa memberikan dampak besar pada tabungan.

Cari tahu cara untuk membuktikan mengenai biaya yang terlibat, dan bicarakan mengenai pengaturan keuangan.

2. Menabung untuk Masa Depan
Konsep menabung untuk masa depan sudah lama sekali di lakukan, namun bisa menjadi sulit bagi anak - anak dengan begitu banyak nya barang baru yang keluar di pasaran.

Buka tabungan bagi anak Anda agar mereka bisa menabung setiap minggu. Tiap akhir bulan, tunjukkan berapa yang ada pada tabungan mereka. Ini bisa memberikan semangat bagi mereka untuk menabung lebih banyak dari uang jajan mingguan mereka.

Ini adalah langkah pertama bagi anak Anda untuk mempelajari kebiasaan keuangan yang baik.

3. Libatkan Mereka dalam Belanja dan Anggarannya
Anda bisa membantu anak belajar membangun kebiasaan mengenai uang dengan melibatkan mereka dalam belanja mingguan rumah tangga dan anggaran belanja bulanan.

Selama mengunjungi tempat perbelanjaan dan toko lain nya, biarkan anak mengambil alih tugas berbelanja. Dorong mereka untuk memilih produk terbaik berdasarkan harga dan manfaat, serta memanfaatkan situasi tersebut untuk membicarakan mengenai pengeluaran, simpanan, dan banyak lagi.

Mengatur anggaran belanja sudah seharus nya menjadi bagian dari hidup Anda, dan anak Anda. Kesuksesan dalam keuangan pribadi bergantung pada kemampuang mengatur anggaran belanja. Latih anak Anda untuk menganggarkan setiap hal kecil yang ada.

4. Tidak Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan
Ini adalah pelajaran tersulit untuk di pelajari, terutama bagi remaja. Orang tua sudah seharus nya membantu mereka memilih barang yang memang di butuhkan. Pengeluaran tambahan akan membuat nilai uang di mata mereka menjadi berkurang.

"Uang tidak tumbuh pada pohon", ini adalah perkataan yang harus di berikan kepada anak mereka untuk meningkatkan tanggung jawab mereka terhadap uang. Saat masih awal, anak - anak perlu belajar bahwa ketika mereka ingin sekali membeli sesuatu, mereka harus menunggu dan menabung untuk membeli nya.

Pelajaran mengenai uang pada umur ini amat penting untuk masa depan mereka. Buat mereka mengerti bahwa pergi ke toko bukan berarti harus membeli sesuatu.
5. Biarkan Mereka Belajar dari Kesalahan
Meskipun Anda sudah yakin kalau anak Anda akan menghabiskan uang mereka pada mainan atau game yang dengan cepat nya membuat mereka bosan, biarkan mereka membeli nya, karena itu bisa membantu mereka dalam belajar.

Mereka akan merasa sudah menghabiskan uang dengan sia - sia pada mainan yang hanya di nikmati sekali dua kali, dan menjadi pelajaran untuk tidak di lakukan di kemudian hari. Jadi biarkan anaka - anak melakukan semua nya sendiri, biarkan mereka melakukan kesalahan, dan bersenang - senang.

Penulis : Susana 
Image : www.momdoesreviews.com