.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Stop! Jangan Katakan Enam Hal ini Kepada Teman Anda yang Bercerai


Perceraian adalah hal yang sangat berat, dan ketika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda tahu betapa susah nya untuk berkumpul kembali. Inilah sebab nya mengapa dukungan dari teman dan orang yang di cintai akan sangat membantu saat masa proses perceraian.

Banyak orang yang meskipun tidak di minta akan memberikan saran dan nasihat, karena pada dasar nya mereka ingin membantu karena tidak ingin melihat orang lain sedih atau bercerai. Namun mendengar hal yang sama dari beberapa orang bisa saja membuat Anda merasa lelah.

Mungkin Anda ingin memberikan nasihat pada teman Anda yang sedang mengurus perceraian atau sudah bercerai, namun mengulangi hal yang sama dengan yang di ucapkan orang lain pada teman Anda bisa saja membuat nya menjadi jengkel. Nah biar tidak membuat nya menjadi semakin jengkel, ini 6 hal yang Dia tidak mau dengar lagi dari Anda:
1. "Wah, pasti mengerikan sekali yah"
Ya, terkadang bercerai itu mengerikan, dan ketika Anda menanyakan itu pada momen yang tepat Dia pasti akan setuju dengan Anda. Namun apabila hal itu di katakan setelah waktu lama berlalu, Dia mungkin tidak akan setuju dengan Anda, karena perceraian tidak selama nya mengerikan dan bisa menjadi tantangan dalam hidup yang harus di taklukan.

2. "Anda sudah bercerai"
Perceraian tidak membentuk siapa Anda. Banyak orang yang lelah membicarakan masalah ini, dan mereka akan memikirkan hal perceraian ketika hal tersebut bermanfaat bagi mereka. Manfaat yang bisa di dapat dari perceraian adalah situasi dalam hidup yang bisa membuat Anda semakin dewasa akibat perceraian.

Selain itu, perceraian tidak membentuk siapa jati diri Anda. Anda tidak perlu tulisan "Sudah Bercerai" di baju atau jidat Anda. Anda saat ini sedang sendiri, Anda bahagia dan bekerja keras untuk masa depan yang lebih baik.
3. "Dia pasti brengsek"
Tidak semua pasangan yang bercerai itu brengsek, beberapa mungkin saja, namun sebagian besar mungkin merasa ketidakcocokan dengan pasangan nya, ya mungkin Dia agak brengsek kadang - kadang. Namun tiap situasi itu berbeda, dan jujur saja Anda pasti tidak ingin membicarakan lagi mengenai Dia.

4. "Yang tabah ya"
Banyak orang yang mengatakan hal ini, dan memang niat nya mungkin baik. Namun belum tentu juga ketika seseorang bercerai itu ternyata bermanfaat atau tidak. Hanya saja Anda mungkin tidak terlalu membutuhkan rasa simpatik tersebut karena Anda merasa baik-baik saja, atau merasa beban jauh lebih ringan daripada sebelum bercerai.

5. "Berapa banyak biaya tanggungan yang Kamu dapat?"
Biaya tanggungan baik untuk istri atau anak tidak seperti dulu, dan tiap kota memiliki hukum nya sendiri. Terkecuali Anda menikahi orang yang sangat kaya, maka kemungkinan Anda mendapat biaya tanggungan itu sangat kecil atau mungkin tidak sama sekali.
6. "Apakah Dia seorang pemalas?"
Orang akan menanyakan apakah pasangan Anda sebelum nya adalah seorang pemalas. Mereka biasanya beranggapan kalau pasangan Anda pasti orang yang sangat buruk, dan pemalas. Namun tidak semua orang bisa langsung menempelkan stiker pecundang pada pasangan Anda, karena bisa saja Dia memang bukan seperti yang orang kira.

Bercerai bukan berarti Anda atau pasangan Anda harus jalan dengan tanda "Sudah Bercerai" sepanjang hidup. Pada suatu titik, Anda atau Dia harus meninggalkan masa lalu dan mulai menapak di jalan baru. Melupakan getir pahit nya perceraian, dan mulai menerima bahwa Anda sangat berharga untuk di lewatkan.

Penulis : Susana Young