.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Hal Terberat Bagi Seorang Ibu Baru


Bagi pasangan yang sudah menikah, menunggu anak pertama adalah kebahagiaan yang mungkin sulit untuk di ungkapkan. Perasaan mengandung selama 9 bulan, belanja perlengkapan untuk nya, mencari nama untuk buah hati, semua kegiatan tersebut bisa melelahkan namun menyenangkan.

Namun tahukah Anda kalau ternyata ada hal yang akan dihadapi saat menjadi seorang ibu bagi anak, terutama ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Berikut adalah 10 hal yang akan Anda hadapi ketika anak pertama Anda lahir ke dunia ini:

1. Waktu Anda Akan Menjadi Berantakan Setiap Hari
Setiap orang memperingatkan Anda bahwa Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur, dan tentu saja mereka tidak sedang membohongi Anda. Selama beberapa minggu pertama, bayi Anda akan menghabiskan waktu nya dengan makan setiap minimal dua jam sekali.

Ketika Anda merasa akan terlelap, tangisan si bayi akan membangunkan Anda. Bayangkan hal ini seperti alarm yang berbunyi setiap dua jam sekali selama lima minggu!

2. Kurang Tidur
Seperti yang tertulis pada nomor 1, ketika waktu Anda menjadi kacau, Anda menjadi mengalami kurang tidur dan hal ini akan membuat Anda menjadi lelah. Rasa lelah ini bisa membuat Anda mengalami pusing kepala, depresi, cepat marah, gangguan pada ingatan serta kebingungan.

Lalu bagaimana mengatasi tidur yang terus terganggu? menurut nasihat jaman dulu adalah dengan cara tidur kapanpun Anda bisa, mungkin agak sulit untuk mendapatkan delapan jam penuh, namun tidur jangka pendek bila di kumpulkan bisa mengimbangi waktu tidur Anda secara penuh.
3. Anda menjadi Lebih Letih
Ketika ibu kehilangan ari-ari, biasanya kondisi hormon mereka sedang dalam kondisi rendah. Hal ini menyebabkan perasaan mereka cenderung lebih negatif, terutama ketika kekurangan hormon tersebut di gabung kan dengan kurang tidur maka Anda akan cenderung merasa cepat letih.

4. Merasa Lebih Kesepian
Bagi para ibu yang baru saja memiliki bayi, dukungan dari teman atau keluarga untuk menjenguk nya akan sangat membantu sekali, karena ibu tidak bisa keluar rumah dengan bayi yang baru lahir. Komunitas baik online atau offline bisa sedikit membantu Anda untuk mengatasi rasa kesepian yang Ada.

5. Kurang Pengalaman
Bagi para ibu, memberikan makan dan merawat bayi yang baru lahir biasa nya akan memberikan banyak tekanan. Haruskah Anda memberi Asi atau susu botol? Apakah popok nya masih bersih? Apa bayi tidak kesulitan bernafas? dan masih banyak pertanyaan lain nya, dan semua ini sangat menguras pikiran karena Anda khawatir dengan bayi Anda.

Coba untuk tidak terlalu memikirkan lebih dalam hal yang bisa memberi Anda tekanan. Perhatikan pada hal yang lebih penting : memberi nya makan bayi, memberi makan diri Anda sendiri, dan salah satu dari kalian untuk mandi.
6. Susah Dalam Menyusui
Menyusui nya tidak akan semudah dengan yang Anda pikirkan. Ketika Anda memutuskan untuk menyusui nya, akan ada kemungkinan masalah datang seperti bayi tidak mau menyusui, sakit saat menyusui, atau ternyata asi yang keluar sedikit.

Orang membuat anggapan kalau menyusui adalah naluri pada ibu, namun kenyataan nya menyusui adalah hal yang sulit. Akan sangat membantu apabila Anda mendapat bantuan mengenai menyusui untuk mengatasi semua masalah yang bisa terjadi. Cari tahu mengenai menyusui dari dokter kandungan Anda.

7. Penampilan Anda Tidak Berubah
Banyak wanita terkejut ketika mengetahui bahwa bentuk tubuh mereka tidak memiliki banyak perubahan saat sudah melahirkan. Jangan merasa rendah diri dan menyalahkan bentuk tubuh Anda, apresiasi tubuh Anda sebagai tempat berlindung bayi Anda selama berbulan - bulan.

Coba untuk bersikap positif dan melakukan terapi guna membentuk kembali tubuh Anda menjadi lebih ideal, selain itu berolahraga bisa membantu Anda mendapatkan suasana dan teman baru selama menguruskan kembali badan Anda.

8. Badan Anda Terasa Berat
Banyak hal yang akan di rasakan pada tubuh Anda pada beberapa minggu pertama, seperti bengkak, wasir, atau jahitan pada kemaluan. Anda akan memiliki perasaan kalau tubuh Anda tidak akan menjadi normal kembali, tidak perlu khawatir karena semua hal ini hanya kekhawatiran Anda, tubuh Anda akan kembali normal seiring dengan waktu.

Kompresan batu es dan beberapa hal lain nya bisa membantu meringankan rasa sakit, jangan lupa untuk mendapat nutrisi dan tidur yang cukup agar tubuh bisa beristirahat dan mulai memperbaiki diri nya sendiri. Minta bantuan pada pasangan Anda, keluarga atau teman untuk membantu menjaga bayi dan hal lain nya ketika badan Anda terasa sakit, jangan memaksakan diri Anda.

9. Bayi Anda Masih Terasa Asing Bagi Anda
Meskipun bayi Anda merupakan darah daging Anda, namun ikatan antara Anda dan bayi Anda masih belum kuat karena baru saling bertemu selama beberapa minggu. Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini dan terus mencoba untuk saling mengenal satu sama lain.
10. Bayi Belum Bisa Berterima Kasih pada Anda
Bayi belum bisa tersenyum hingga satu bulan setelah mereka lahir, dan ibu tidak akan bisa mengetahui kapan ikatan di antara mereka bisa terjalin. Makanan, kehangatan, dan tidur adalah hal yang sangat di butuhkan bagi bayi dan ikatan akan terjalin seiring waktu berjalan.

Beberapa minggu pertama akan terasa sulit, namun percayalah waktu akan berjalan dengan cepat. Semua akan berlalu sebelum Anda mengetahui nya dan akan ada kebanggaan saat Anda berhasil melalui nya!

Penulis  : Susana Young
image : www.hss.edu