.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Hal Aneh Namun Ternyata Normal Terjadi pada Bayi Baru Lahir


Bagi para ibu yang baru saja memiliki momongan, semua persiapan dan kursus yang di lakukan sebelum nya seperti mempelajari proses melahirkan, berbagai pengetahuan mengenai kurang nya waktu tidur saat memiliki bayi, serta minggu - minggu pertama memberi makan.

Namun bagaimana dengan kotoran keras atau mata nya yang sering ke kanan dan kiri? Sebelum Anda panik dan menelepon dokter anak, berikut adalah rangkuman mengenai semua hal yang aneh namun ternyata adalah hal yang normal, semua hal mengenai bayi yang akan Anda alami.

1. Cradle Cap
Cradle Cap adalah sejenis kondisi di mana kulit terlihat seperti sisik kekuningan atau kecoklatan di bagian atas kepala, umum nya di sebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan. Meskipun terlihat agak menjijikan, namun ternyata kondisi ini banyak di alami oleh setiap orang.

Biasa nya akan hilang setelah beberapa bulan pertama, namun akan ada kemungkinan bisa lebih lama. Sementara itu, gunakan baby oil dan usapkan pada bagian tersebut dua atau tiga kali dalam seminggu. Di sarankan juga di lakukan secara rutin sebelum bayi mandi.

Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini, karena ini hanyalah penyakit kulit biasa. Namun jika penyakit ini semakin menyebar pada bayi Anda, segera tanyakan pada dokter untuk memberi resep yang tepat agar tidak semakin bertambah parah.

2. Kotoran yang meledak
Pengunaan kata meledak mungkin agak berelebihan. Kenyataan nya adalah, suatu hari Anda pasti akan mengalami masalah popok dengan kotoran yang berhamburan. Dengan kata lain, Anda bukan lah ibu pertama yang harus membersihkan dinding dari kotoran bayi Anda.

Kotoran pada bayi yang baru saja lahir biasa nya terlihat encer dengan beberapa bagian terlihat seperti biji-biji an, karena itu tidak lah mustahil kalau kotoran tersebut bisa menyembur jauh.

Tidak ada yang perlu di khawatirkan selama warna nya masih dalam skala coklat, hijau, dan kuning serta terdapat bentuk biji-biji an, namun jika Anda mendapati warna seperti darah, ada baik nya Anda untuk segera menelepon dokter anak.
3. Payudara pada bayi
Masih ingat dengan hormon yang menghantui selama masa kehamilan Anda? ternyata hal tersebut juga berpengaruh pada bayi. Dan salah satu efek samping berada di janin ibu adalah ... Payudara besar. Sering nya terekspose pada hormon ibu kadang menyebabkan payudara berkembang pada bayi, namun Anda tidak perlu khawatir karena hal ini adalah hal yang biasa, dan akan hilang seiring berjalan nya waktu.

Apabila Anda melihat warna merah di sekitar dada bayi, terutama apabila di temani dengan panas pada bayi, segera bawa ke dokter untuk di periksa apakah ada hal yang bisa membuat lebih serius sedang terjadi.

4. Suara - suara aneh yang di keluarkan bayi
Jika Anda membayangkan suara tangisan dan gumaman pada bayi, maka hal yang Anda bayangkan bisa salah. Bayi bisa mengeluarkan suara yang aneh seperti mendengus, mengerang, dan banyak lagi suara aneh yang akan Anda dengar.

Suara-suara aneh ini di sebabkan karena bagian pernafasan nya lebih sempit saat baru pertama lahir, membuat semua lendir yang terdapat di dalam nya memberikan efek suara. Jadi jika Anda mendengar suara aneh pada bayi Anda, Anda bisa mengunakan aspirator untuk menmbersihkan hidung bayi.

Perhatikan apakah suara tersebut selalu terdengar saat bayi bernafas. Jika iya, bisa saja bayi sedang mengalami susah bernafas, telepon dokter anak Anda segera.

5. Selalu bersin
Bayi yang baru lahir ke dunia ini tentu tidak memiliki sistem immunitas yang Anda miliki, hal ini bisa menyebabkan bayi menjadi sangat sensitif dengan berbagai hal. Jika kemudian bayi Anda tidak sakit namun sering bersin - bersin, itu tanda nya dia sedang mengeluarkan benda asing pada sistem pernafasan nya.

Selain itu terkena sinar matahari juga bisa menyebabkan bayi menjadi bersin, jadi ibu tidak perlu panik, selain itu bersin juga merupakan cara bagi bayi untuk mengeluarkan semua lendir pada saluran pernafasan nya.

Jika bersin juga di sertai dengan bunyi menciut, segera bawa bayi ke dokter untuk melihat apakah Dia terkena alergi atau hal lain yang membutuhkan perawatan.

6. Gerakan pada bayi
Gerakan - gerakan yang di lakukan oleh bayi saat baru pertama lahir mungkin membuat Anda khawatir, namun kekhawatiran itu ternyata tidak beralasan. Pada beberapa bulan pertama, bayi akan mengalami berbagai perkembangan terutama reflek nya.

Anda bisa melihat gerakan reflek saat Dia mendegar suara keras, namun gerakan - gerakan tersebut akan hilang selama 3 atau 4 bulan. Selama waktu itu mungkin Anda perlu untuk membatasi gerakan nya, selain itu membatasi gerakan nya bisa membuat nya lebih terlelap.

Anda perlu khawatir ketika bayi tidak memberikan gerakan - gerakan tersebut. Tidak aktif nya gerakan bisa menandakan suatu masalah, jadi ketika bayi tidak banyak bergerak, konsultasikan pada dokter Anda.
7. Bentuk kepala yang aneh
Melahirkan adalah hal yang sulit, namun hal tersebut bukan hanya Anda yang melakukan nya, bayi juga berusaha keras untuk bisa keluar dari sana. Setelah semua perjalanan itu, tidak lah mengherankan apabila bayi terlihat pucat dan bengkak.

Bentuk kepala yang terlihat seperti gepeng pada bagian tertentu bisa saja terjadi ketika proses melahirkan, atau ketika Dia lama berbaring. Jika Anda melihat hal ini, segera gendong bayi Anda, atau balikan badan nya agar dia bertopang pada perut nya. Taruh mainan pada sisi yang mudah di capai, agar bayi tidak perlu membalikan badan nya.

Jika Anda sudah mencoba berbagai hal, namun bentuk gepeng tersebut masih terlihat, segera konsultasikan pada dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan menyarankan agar bayi untuk sementara memakai helm khusus untuk memperbaiki bentuk kepala nya. Pemakaian helm lebih efektif saat bayi masih berumur di bawah 6 bulan, jadi jangan terlalu lama menunggu, segera konsultasikan pada dokter bila ada yang terlihat aneh.

8. Bengkak Pada Alat Kelamin
Ketika bayi baru saja terlahir, Anda mungkin akan menyadari kalau alat kelamin nya terlihat lebih besar daripada yang Anda bayangkan, pada bayi laki-laki, umum nya pada testis, sedangkan pada bayi perempuan, umum nya pada labia.

Anda tidak perlu khawatir karena ukuran nya akan menjadi normal kembali setelah bayi mengeluarkan air kencing nya beberapa hari ke depan. Fakta lucu : Bayi akan mengeluarkan banyak cairan pada beberapa hari pertama nya, dan akan mengalami penurunan berat badan sekitar 10 persen dari berat awal nya.

Ketika bengkak tersebut tidak mengecil setelah beberapa hari, mungkin ada baik nya untuk segera di periksa dokter. Namun pada bayi lelaki, ada kondisi yang bernama hydrocele, yang membutuhkan waktu kurang lebih setahun untuk bisa sembuh.

9. Darah pada popok
Menemukan setitik darah pada popok bayi biasa nya cukup untuk membuat orang tua menjadi panik, namun hal tersebut tidak selalu pertanda ada masalah. Ada banyak alasan mengapa hal itu bisa terjadi, dan semua itu hanya terjadi sementara saja.

Bagi Anda yang memiliki bayi perempuan, Dia sedang mengalami "mini-period" karena terekspos pada hormon Anda, yang pada umum nya terjadi pada bayi perempuan beberapa hari setelah masa melahiran. Hormon tersebut akan hilang seiring dengan waktu.

Selain itu pergerakan saat buang air besar bisa saja mengores pada bagian tertentu, namun biasa nya akan segera sembuh. Atau apakah bayi Anda baru saja di sunat? Darah yang keluar bisa jadi dari luka yang sedang dalam masa penyembuhan.

Coba untuk periksa ke dokter, selain untuk mengecek kemungkinan yang ada, juga bisa sedikit membantu pikiran Anda untuk menjadi lebih tenang. Karena banyak sekali orang tua yang menjadi sulit tidur karena melihat darah pada popok bayi mereka.
10. Mata Juling
Anda mungkin melihat bayi memiliki mata juling, namun Anda tidak perlu panik, karena bayi Anda sedang mencoba kemampuan baru nya, termasuk kemampuan pengelihatan nya, dan akan membutuhkan sedikit waktu untuk mengontrol otot dan membiasakan kemampuan nya.

Namun terkadang mata bayi bisa terlihat juling, namun coba lihat dengan seksama apakah mata nya memang juling atau itu hanya ada di pikiran Anda saja.

Ketika bayi tetap menunjukkan mata juling setelah 6 bulan, Anda perlu segera bertemu dengan dokter untuk melihat apakah ada sesuatu yang bermasalah. Ketika mata nya sering bergerak ke arah yang berbeda bayi bisa saja menigdap strabismus, dan ketika hanya satu mata saja yang bergerak - gerak, mungkin terkena amblyopia atau lazy eye.

Penulis : Susana Young
Image : www.austin-born.com