.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sebelas Kesulitan Menjadi Seorang Ibu Tiri


Menikah dengan seorang pria yang sudah memiliki anak berarti menjadikan Anda dalam posisi sebagai ibu tiri. Meskipun begitu tidak bisa di sangkal kalau ada kelebihan dan ada kekurangan dalam setiap situasi, namun tahu kah Anda apa saja kesulitan yang bisa terjadi saat Anda menjadi seorang ibu tiri?

Berikut adalah nasihat dari para ibu tiri yang mungkin berguna bagi Anda untuk menghadapi keluarga baru dan anak tiri Anda:

1. Mengutamakan Pernikahan Anda Terlebih Dahulu
Dalam sebuah pernikahan, terutama apabila pasangan Anda sudah memiliki anak, maka hubungan dengan suami adalah hal yang paling utama. Karena alasan Anda menjadi seorang ibu tiri adalah karena menikahi suami Anda dan ketika hubungan Anda sudah solid, maka Anda bisa mengatasi semua masalah keluarga tiri dengan lebih baik.

2. Bersaing dengan Mantan Istri dari Suami Anda
Menikah dengan orang yang sudah pernah menikah bisa menjadi suatu bencana, terutama ketika Anda mulai untuk membandingan rumah tangga mantan istri nya dengan rumah tangga Anda saat ini, terlebih apabila Anda sudah mulai untuk menghina rumah tangga mantan istri pasangan Anda.
3. Ada Kemungkinan Tidak Mencintai Anak Tiri Anda
Anda mungkin penuh dengan tekanan untuk mencintai dan menerima anak tiri Anda. Namun tidak apa apabila Anda ingin memulai dengan sedikit jarak. Berikan diri Anda waktu untuk menerima mereka, bersama mereka, dan mencintai mereka. Dan jangan coba untuk merubah atau menyelamatkan mereka. Jika Anda menyukai ayah mereka, maka besar kemungkinan Anda juga akan menyukai mereka, tapi ingat untuk membiarkan cinta berkembang seiring dengan waktu.

4. Jangan Menghabiskan Waktu dan Tenaga Untuk Membenci Mantan Istrinya
Hubungan mereka sudah berlalu, hanya itu saja yang Anda perlu tahu dan ingat. Jangan kemudian memenuhi pikiran Anda mengenai mantan istri nya dengan menghabiskan waktu dan tenaga membenci mereka.

5. Jangan Terlalu Keras pada Diri Anda
Akan ada waktu - waktu sulit. Akan ada kemunduran, Ibu bisa terkadang keras pada diri nya sendiri terutama seorang ibu tiri. Minta maaf kalau memang perlu, buat peraturan jika bisa membantu, namun jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika Anda mengalami kesulitan sebagai orang tua tiri.

6. Anak Tiri akan Memiliki Perasaan yang Rumit Mengenai Anda dan Ayah mereka
Ketika Anda merasa gembira mengenai pernikahan Anda, semua hal baru mengenai Anda bisa terasa membingungkan bagi anak - anak nya. Jadi jangan merasa sedih apabila mereka tidak segembira Anda dan jangan marah, bukan karena mereka tidak menyukai Anda, hanya saja mereka sedang mencoba untuk mengatasi rasa sakit dan perubahan dalam keluarga.
7. Biaya Tunjangan Anak Dalam Anggaran Bulanan Anda
Tergantung pada keputusan pengadilan dalam perceraian, ibu tiri perlu untuk mengerti kesehatan keuangan dari suami baru mereka. Tunjangan anak adalah tanggung jawab nya, dan itu tidak murah.

8. Tidak Mendengarkan Gosip
Jadi seorang ibu tiri bisa membuat Anda menjadi target untuk gosip. Jika Anda merasa khawatir atau tidak semangat mengenai percakapan orang lain mengenai Anda, ingat kan diri Anda bahwa hal yang terpenting dalam hidup Anda adalah hubungan dengan keluarga Anda.

9. Tidak Ikut Campur pada Masalah Suami dan Mantan Istrinya dalam Mengurus Anak Mereka
Pada umum nya wanita suka untuk membantu, jadi adalah suatu hal yang lumrah apabila seorang ibu tiri ingin membantu permasalahan yang ada pada suami dan mantan istri mereka. Namun hal yang perlu di ingat adalah kemungkinan besar bantuan Anda tidak akan menyelesaika masalah mereka, mencoba untuk memperbaiki suatu hal yang tidak rusak karena Anda bisa mengarah pada melukai perasaan, kekecewaan, dendam dan rasa letih.

10. Bergabung dengan Ikatan Ibu Tiri Indonesia
Cuma becanda, namun berkumpul bersama ibu tiri lain nya bisa membantu untuk saling berbagi pengalaman. Hanya saja jangan jadikan perkumpulan tersebut sebagai ajang untuk mengerutu atau menghina para ibu, tidak ada hal berguna yang bisa di ambil dari kondisi tersebut.
11. Mengurus Keluarga tiri Itu Susah. Ingat akan Hal Itu Setiap Hari
Menjadi ibu tiri adalah hal yang sulit bagi setiap wanita. Prioritas pertama adalah menjaga diri sendiri dan pernikahan Anda. Ketika Anda dan suami baru Anda bisa memprioritaskan diri sendiri, maka semua orang akan mendapat keuntungan dan pernikahan Anda bisa terus terjaga.

Penulis : Susana Young
Image : www.sheknows.com