.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pentingnya Menghargai Orangtua Anda Sendiri



Marshanda patut diacungi jempol. Walau ia selebriti terkenal, ia mau mengakui bahwa pria pengemis yang dibawa ke panti sosial itu adalah ayahnya.  Ia menjenguk dan membawa pulang ayahnya. Menghormati orangtua merupakan kewajiban anak.

Tetapi bagaimana menghormati orang tua yang sulit dihormati?  Tidak semua anak memiliki orangtua yang mencintainya. Ada orangtua yang menterlantarkan bahkan menolak anaknya. Ada orangtua yang ucapannya yang tajam melukai hati anaknya. Ada juga yang membuat anaknya malu dengan tingkah laku yang tidak terhormat di masyarakat. Lalu bagaimana?
Menghormati Adalah Keharusan
Perintah Tuhan untuk menghormati orangtua  tidak disertai klausa “Bila mereka mencintaimu.”  Menghormati adalah sebuah keputusan, bukan perasaan. Keputusan untuk tidak menjelek-jelekkan mereka di depan orang lain, bersikap sopan pada mereka, memerhatikan orangtua yang lansia, dll. Tidak perlu “mengaggumi” seseorang untuk bisa menghormatinya. Buktinya Anda bisa bersikap hormat pada orang yang baru Anda temui, walaupun Anda tidak tahu bagaimana tingkah lakunya. Tidak selalu harus berdekatan untuk memerhatikan, tetapi jeli melihat kebutuhan mereka dan mengusahakannya.

Hormati Posisinya
Orangtua patut dihormati karena posisi mereka sebagai otoritas dan mitra Tuhan dalam keberadaan Anda. Tanpa mereka, Anda tidak ada. Motivasi Anda dalam menghormati orangtua adalah untuk taat dan menyenangkan hati Tuhan. Di akhir kehidupan ini setiap orang akan dimintai pertanggung jawabannya di hadapan Tuhan, termasuk orangtua Anda dan Anda juga.
Sebuah Janji
Tuhan memberikan janji kebahagiaan dan umur panjang bagi mereka yang menghormati orangtuanya. Dengan menghormati orangtua, sebenarnya Anda juga mempersiapkan kehidupan masa tua yang tenang, karena Anda telah memberi contoh pada anak-anak Anda bagaimana untuk menghormati orangtuanya, yaitu Anda. (Esther Idayanti)

Hargai Orangtua Anda, Anda Tidak Pernah Tahu Pengorbanan Apa yang Mereka Lalui Demi Anda

Penulis : Esther Idayanti

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html