.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Mana yang Anda Pilih, Hidup Bahagia atau Berarti?


Walaupun mirip dan ada kaitannya, tetapi bahagia berbeda dengan berarti.  Dapatkah kita mendapatkan keduanya?  Seharusnya bisa, namun ada saat-saat tertentu keduanya saling bertentangan.

Bahagia adalah sebuah keadaan di mana Anda mengalami perasaan yang menyenangkan. Anda bahagia ketika bisa berlibur, menemukan barang yang hilang, atau klub sepak bola favorit Anda menang.  Anda bahagia ketika mendapatkan apa yang Anda butuhkan atau inginkan, merasa bahwa hidup ini mudah.

Berarti adalah keadaan di mana Anda merasa bahwa hidup Anda memiliki tujuan dan nilai. Anda merasa berarti ketika Anda melakukan sesuatu yang mengekspresikan diri Anda, terutama hal-hal positif yang dilakukan untuk orang lain.

Kadang, ketika Anda ingin mewujudkan kehidupan yang berarti, seperti membangun organisasi/ pemerintahan yang bebas korupsi, Anda mengalami banyak pertentangan, stres, tertekan, khawatir, sehingga mengurangi kadar kebahagiaan Anda. Tetapi Anda rela menjalani hal-hal ini untuk mendapatkan kehidupan yang berarti.

Bila Bahagia fokusnya adalah mendapatkan sesuatu untuk diri sendiri, maka kehidupan yang Berarti didapatkan bila kita menjadi “pemberi” lebih dari “penerima.”  Hal-hal sepele yang sepertinya membosankan seperti mencuci piring dan membersihkan rumah, bisa menjadi hal yang membahagiakan, kalau kita memberi “arti” di dalamnya, yaitu merawat orang-orang yang kita cintai. Penderitaan pun bisa dilalui bila seseorang dapat menemukan arti di dalamnya. Jadi sebaiknya kita mengukur hidup dari segi “arti” bukan “bahagia. Dan mendoakan anak-anak kita untuk memiliki kehidupan yang berarti, bukan sekedar bahagia. Menurut Daisy Grewal, orang-orang terobsesi mengejar kebahagiaan itu karena hidupnya tidak memiliki arti (Esther Idayanti)
Hidup Tidak Pernah Menjadi Tak Tertahankan Karena Keadaan, Tetapi Karena Tidak Adanya Arti dan Tujuan Hidup (Victor Frankl)

Penulis : Esther Idayanti
image : drprem.com

Bookmark Artikel Inspirasi Lainnya dapat dilihat di
-http://www.disiniajatempatnya.com/p/inspirasi-hidup.html